PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG BAHAYA ROKOK PADA REMAJA DI SMP NEGERI 3 KENDAL

Elok Nuradita(1*), - Mariyam(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


WHO menyebutkan 1 dari 10 kematian pada orang dewasa disebabkan karena merokok. Indonesia sudah menempati urutan kelima di antara negara-negara dengan tingkat konsumsi tembakau tertinggi di dunia.
Kebiasaan merokok pada pelajar disebabkan karena kesalahpahaman informasi, pengaruh iklan dan pengaruh teman. Perilaku  merokok berkaitan dengan pengetahuan, sikap seseorang terhadap rokok, dan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan tentang  bahaya rokok pada remaja di SMP Negeri 3 Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design dengan menggunakan bentuk rancangan one group pretest-postest. Teknik sampling yang digunakan adalah
proportional stratified random sampling, dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 56 responden. Hasil analisis  uji statistik dengan menggunakan uji McNemmar didapatkan nilai p value= 0,000 � α 0,05. Dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukan ada pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Tentang Bahaya Rokok Pada Remaja Di SMP Negeri 3 Kendal dengan nilai p value = 0,000.  

Kata Kunci  : Pendidikan kesehatan, Pengetahuan, Rokok


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1764 times
PDF - 7509 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JKA | Jurnal Keperawatan Anak | ISSN: 2338 - 2074

Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang

Gedung NRC Lantai Dasar, Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang