DUKUNGAN SOSIAL MENINGKATKAN “SELFCARE BEHAVIOR” ANAK
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari peneitian adalah mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan Selfcare Behavior anak usia sekolah dengan talasemia mayor”. Penelitian merupakan penelitian cross sectional. Hipotesa
yang dibuktikan adalah “Adanya hubungan antara dukungan sosial dengan Selfcare behavior pada Anak Usia Sekolah dengan Talasemia Mayor”. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien usia sekolah dengan
talasemia mayor di RSUPN. Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta, sejumlah 131 pasien. Penelitian menggunakan instrument tentang dukungan sosial dan “selfcare behavior”. Hasil menunjukkan ada hubungan antara dukungan sosial dengan selfcare behavior dengan p = 0,0000 (α = 0,05). Penelitian ini merekomendasikan untuk meningkatkan dukungan sosial dari keluarga dan teman untuk meningkatkan kemmapuan selfcare behavior pada anak usia sekolah khusunya anak dengan talasemia.
yang dibuktikan adalah “Adanya hubungan antara dukungan sosial dengan Selfcare behavior pada Anak Usia Sekolah dengan Talasemia Mayor”. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien usia sekolah dengan
talasemia mayor di RSUPN. Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta, sejumlah 131 pasien. Penelitian menggunakan instrument tentang dukungan sosial dan “selfcare behavior”. Hasil menunjukkan ada hubungan antara dukungan sosial dengan selfcare behavior dengan p = 0,0000 (α = 0,05). Penelitian ini merekomendasikan untuk meningkatkan dukungan sosial dari keluarga dan teman untuk meningkatkan kemmapuan selfcare behavior pada anak usia sekolah khusunya anak dengan talasemia.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 1248 timesPDF - 1440 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JKA | Jurnal Keperawatan Anak | ISSN: 2338 - 2074
Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang
Gedung NRC Lantai Dasar, Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang