Dukungan Suami Berhubungan dengan Pemilihan KB IUD pada Wanita Usia Subur

Mia Hidayati Umi Rohmah(1*), Sri Hadi Sulistyaningsih(2), Anik Siti Juhariyah(3)


(1) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bakti Utama Pati
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bakti Utama Pati
(3) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bakti Utama Pati
(*) Corresponding Author

Abstract


Upaya mengendalikan jumlah kelahiran dan mewujudkan keluarga kecil yang sehat dan sejahtera melalui program Keluarga Berencana. Kontrasepsi intrauterin adalah alat kontrasepsi yang efektif, aman, reversibel yang terbuat dari plastik kecil atau logam yang dimasukkan ke dalam rahim melalui serviks. Faktor penentu dalam memilih alat kontrasepsi adalah faktor pendukung laki-laki yang sangat mempengaruhi ibu dalam memilih alat kontrasepsi yang tepat. Penelitian ini dilakukan dengan desain penelitian analitik korelasi dengan pendekatan Cross Sectional, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh akseptor KB sebanyak 45 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian dengan uji statistik Chi Square didapatkan nilai p value 0,000. Hasil ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara dukungan suami dengan penggunaan KB IUD pada Wanita Usia Subur di Wilayah Kerja Puskesmas Jatiwarna Kota Bekasi Jawa Barat pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dukungan suami adalah suatu bentuk kepedulian suami terhadap istrinya salah satu bentuk kepedulian suami kepada istri yaitu dalam pemilihan alat kontrasepsi.


Keywords


dukungan suami; KB IUD; wanita usia subur

Full Text:

PDF

References


Anggraini, D. S. (2021, Oktober 31). Sesering Apa Kontrol IUD Harus Dilakukan? Retrieved From SKATA: Https://Skata.Info/Article/Detail/1103/Sesering-Apa-Kontrol-Iud-Harus-Dilakukan

Astriana, A. &. (2018). “Hubungan Dukungan Suami Dengan Penggunaan Kontrasepsi Iud Pada Wanita Usia Subur Di Puskesmas Kalirejo Kabupaten Pesawaran Tahun 2016.” . Journal Of Citation Styles .

Barat, B. P. (2019, May 31). Jumlah Pasangan Usia Subur Dan Peserta KB Aktif Menurut Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Barat. Retrieved From Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat: Https://Jabar.Bps.Go.Id/Statictable/2019/05/31/602/Jumlah-Pasangan-Usia-Subur-Dan-Peserta-Kb-Aktif-Menurut-Kabupaten-Kota-Di-Provinsi-Jawa-Barat-2017.Html

Dewiyanti, N. (2020). Hubungan Umur Dan Jumlah Anak Terhadap Penggunaan Metode Kontrasepsi Di Puskesmas Bulak Banteng SurabayA. Medical Technology And Public Health Journal (MTPH Journal).

Gilly, A. (2009). Buku Ajar Kesehatan Reproduksi Wanita Edisi 2. Jakarta: EGC Penerbit Buku Kedokteran.

Kuswanti, I. &. (2018). Hubungan Dukungan Suami Dengan Keikutsertaan Ibu Dalam Mengikuti Program KB IUD. Jurnal Kesehatan Masyarakat Stikes Wirahusada.

Notoatmodjo, S. (2012). Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurul Mafitroh, H. (2019). Hubungan Dukungan Suami Dengan Pemilihan Alat Kontrasepsi Iud (Intra Uterin Device) Pada Pus(Pasangan Usia Subur) Didesa Karangjati Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Universitas Ngadi Waluyo.

Pinamangun, W., Kundre, R., & Bataha, Y. (2018). Hubungan Dukungan Suami Dengan Pemilihan Jenis Kontrasepsi Intra Uterine Device Pada Wanita Usia Subur Di Wilayah Puskesmas Makalehi Kecamatan Siau Barat. Jurnal Keperawatan Universitas Sam Ratulangi.

RI, K. (2020). Kementrian Kesehatan RI 2020. In K. K. Indonesia, Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019 (P. 114). Jakarta: Sekretariat Jenderal Kemenkes RI. Retrieved From Https://Www.Kemkes.Go.Id/Downloads/Resources/Download/Pusdatin/Profil-Kesehatan-Indonesia/Profil-Kesehatan-Indonesia-2019.Pdf

Saifuddin, A. B. (2006). Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi . Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawihardjo.

Sugiyono, P. D. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Sulistyawati, A. (2014). Buku Pelayanan Keluarga Berencana . Jakarta: Penerbit Salemba Medika


Article Metrics

Abstract view : 563 times
PDF - 150 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.10.4.2022.785-794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.