Analisis Pandangan Masyarakat terhadap Metode Daring dalam Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19

Ni Luh Darmayanti(1*), Ni Nyoman Diliyanti(2), Ayuni Kartika Putri(3)


(1) Politeknik Transportasi Darat Bali
(2) STIKES Advaita Medika Tabanan
(3) STIKES Advaita Medika Tabanan
(*) Corresponding Author

Abstract


Pandemi Covid-19 menyebar sejak akhir tahun 2019 hingga kini pandemi masih melanda di beberapa negara. Terhitung 193 negara telah berjuang melawan Covid-19. Pemerintah Indonesia telah banyak mengeluarkan kebijakan terkait dengan pencegahan penyebaran Covid-19 yang berdampak pada kondisi internal maupun eksternal. Salah satu keputusan pemerintah yang memberikan dampak luas yaitu dengan kebijakan pada segmen Pendidikan, baik pada komponen praktisi maupun komponen regulatif dan lingkungan. Penyelenggaraan sistem Pendidikan mengalami transformasi dalam berbagai lini kegiatan, termasuk kegiatan pembelajaran yang seluruhnya terpaksa berlangsung secara online. Penelitian ini dibuat untuk menganalisa pandangan masyarakat mengenai pembelajaran daring sebagai bagian dari segmen Pendidikan selama masa pandemi Covid-19 yang berlangsung di Indonesia, dengan mengacu pada fenomena yang dirangkum melalui pengamatan peneliti, wawancara dan studi dokumentasi terkait pelaksanaan pembelajaran berbasis daring pada jenjang pra sekolah hingga Pendidikan tinggi. Kondisi pembelajaran di masa pandemic Covid-19 dapat dimaksimalkan dengan produktivitas yang mencirikan kebermaknaan. Penelitian ini menegaskan bahwa setiap perubahan sistem pembelajaran dapat mendesain kondisi baru dan memiliki distingsi dengan kondisi sebelumnya dan yang akan datang, maka setiap unsur terkait harus dapat menyesuaikan dengan perubahan dalam mewujudkan keberhasilan pembelajaran secara kompregensif.


Keywords


corona virus; metode daring; pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Dimyati (2017). Pemanfaatan Pembelajaran Daring. UNJ

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta, 56(04).

Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 66-79.

Ibrahim, Doni Septumarsa. Suardiman, Siti Partini. 2014. Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Neger Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2(1).

Imania, K. A., dan Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1).

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.

Kebudayaan, M. P. D., & Indonesia, R. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Lutfiah, S. Z. (2020). Persepsi Orang Tua Mengenai Pembelajaran Online di Rumah Selama Pandemi Covid-19. Dealektik, 2(2).

Marlena, M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Di Smpnegeri22 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).

Mularsih, Heni. dan Karwono. 2017. Belajar dan Pembelajaran serta pemanfaatan sumber belajar. (Depok: PT. Rajagrafindo Persada).

Mustakim. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Journal of Islamic Education. 2(1).

Nakayama, M., Yamamoto, H., & Santiago, R. (2007). Dampak Karakteristik Pembelajar terhadap Prestasi Belajar pada Kursus Hibrid di kalangan Pelajar Jepang. Jurnal Elektronik E-Learning, 5 (3).

Ni’mah, F. I. (2016). Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning) pada Homeschooling “Sekolah Dolan.” Manajemen Pendidikan, 25(1).

Pardede, T. (2011). Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi Jarak Jauh. Seminar Nasional FMIPA UT 2011, 1, 55–60.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7(2).

Rizqullah, R. (2020). Artikel Riview Tentang E-Larning dan Pembelajaran Jarak Jauh Saat Masa Pandemi. Journal Education, 2(April).

Satrianingrum, Arifah Prima. dan Prasetyo, Iis. 2021. Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Din, 5(1).

WHO. (2020). Coronavirus disease (COVID-19) pandemic.

Yuliana, Y. 2020. Penyakit virus Corona (Covid-19): Sebuah literatur. Majalah Wellness and Healthy, 2 (1), 187-192.


Article Metrics

Abstract view : 183 times
PDF - 36 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.10.3.2022.587-596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.