Deteksi Dini Masalah Perilaku Psikososial pada Remaja di Sekolah Menengah Atas Kota Semarang

Arinny Zahrah Lathifah(1*), Ni Made Ayu Wulansari(2), Asti Nuraeni(3)


(1) STIKES Telogorejo Semarang
(2) STIKES Telogorejo Semarang
(3) STIKES Telogorejo Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Psikososial merupakan hubungan antar kondisi sosial dengan kesehatan mental atau emosional. Perkembangan kepribadian seseorang berasal dari pengalaman sosial sepanjang hidupnya sehingga disebut sebagai perkembangan psikososial. Perkembangan ini berpengaruh sangat besar pada kualitas ego seseorang. Konflik yang sering muncul pada masalah psikososial yaitu adanya krisis indentitas, faktor yang menyebabkan krisis identitas yaitu bermasalah dalam kemampuan mengendalikan emosi, bermasalah menempatkan diri dengan teman sebaya, dan tidak mendapatkan figure yang tepat untuk mencapai identitas diri yang bagus.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa gambaran deteksi dini masalah perilaku psikososial pada remaja di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret-April 2022. merupakan penelitian kuantitatif. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 98 responden dengan  metode random sampling. Berdasarkan uji deskriptif di dapatkan hasil penelitian Post Traumatic Distress Syndrom yaitu sebanyak 84 responden (85,7%),  Cemas dan Depresi, yakni dengan 63 responden (64,3%), Gangguan Psikotik sebanyak 63 responden (64,3%). Deteksi dini mengenai masalah perilaku psikososial pihak sekolah perlu mengadakan pertemuan mengenai bimbingan konseling dengan siswa agar mengerti lebih dalam mengenai permasalahan yang dialami siswa.


Keywords


psikososial; remaja; self reporting quetioner 29

Full Text:

PDF

References


Al-Mighwar, M. (2016). Psikologi Remaja. Bandung: Pustaka Setia.

Ali, M. & asrori. (2020). Psikologi Remaja, Perkembangan Peserta Didik. Jakarta Bumi Aksara.

Amalia, R., Sumartini, S., & Sulastri, A. (2018). Gambaran Perubahan Psikososial dan Sistem Pendukung Pada Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) di Rumah Cemara Gegerkalong Bandung. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 4(1), 77. https://doi.org/10.17509/jpki.v4i1.12346

American Psychiatric Association (2013). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder Edition (DSM-V). Washington : American Psychiatric Publishing.

Andriyani, J. (2019). Strategi Coping Stres Dalam Mengatasi Problema Psikologis. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 37–55.

Artaria, M. D. (2019). Perbedaan antara Laki-laki dan Perempuan : Penelitian pada Anak-Anak Umur 6-19 Tahun. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 22(4), 343–349.

Astutik, W., & Dewi, A. N. (2020). Mental Health Problem Analysis Among Adolescent Students; An Exploratory Studies in Denpasar City. The 7th Virtual Padjajaran International Nursing Conference, 1–235.

Azizah, Ulfah, F. H. dan B. W. (2018). Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Psikososial Remaja di Wilayah Bantaran Kali Code Kota Yogyakarta. BKM Journal Of Community Medicine and Public Health Vol. 34 Nomor 7 tahun 2018: 281-290.

Cahyaningsih, D. S. (2017). Pertumbuhan Perkembangan Anak dan Remaja. CV Trans Info Media, Jakarta.

Dariyo, A. . (2020). Psikologi Perkembangan Remaja, Bogor : Ghalia Indonesia.

Dewi, Rizki Cintya. Oktiawati, Anisa. Saputri, L. D. (2015). Teori & Konsep Tumbuh Kembang. Yogyakarta: Nuha Medika.

Diananda, A. (2018). Psikologi remaja dan permasalahannya. 1(1), 116–133.

Hale. (2019). Depresi. In: Davies, T. and Craig, T.K.J., ed. ABC Kesehatan Mental. Jakarta: EGC.

Hawari, D. (2016). Manajemen stres, cemas, dan depresi (FKUI).

Ira Nurmala. (2020). Mewujudkan Remaja Sehat Fisik, Mental Dan Sosial (Model Intervensi Health Educator For Youth). Airlangga University Press.

Kaplan & Sadock. (2015). Ilmu Pengetahuan Perilaku Psikiatri Klinis Jilid 1.

Martalina, M. D. (2018). Hubungan Sikap Agresif dengan perkembangan psikososial remaja di SMP PGRI Kasihan Bantul Yogyakarta. 15(40), 6– 13.

Meorsintowati, B. Narenda, sularyo. T.S. soetjiningsih. Suyetno, H. dan ranuh. . (2018). Buku ajar I Tumbuh Kembang Anak dan Remaja. Edisi pertama. Jakarta penerbit CV Sangung seto.

Narendra. (2017). Buku Ajar Tumbuh Kembang Anak Dan Remaja. Edisi 1. Jakarta: Sagung Seto.

Purwanto, M. N. (2017). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahmawati, I. (2017). Skrining psikologi sosial dengan PSC pada siswa-siswi kelas IX di SMP Islam AL Hikmah desa pelemkerep kecamatan mayong kabupaten jepara. Journal of Chemical Information and Modeling, 1.

Rikesda. (2018). Hasil Utama Riskesdas. Kementrian Kesehatan RI : Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan.

Sarwono, S. W. (2019). Psikologi Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Soetjiningsih. (2014). Tumbuh Kembang Remaja dan Pemasalahannya. Jakarta: CV Sagung Seto.

Sukmadinata, N. S. (2021). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Bandung.

Sutedjo. (2017). Konsep dan Praktik Asuhan Keperawatan Jiwa : Gangguan Jiwa dan Psikososial. Yogyakarta. PB. Tangerang : Binarupa Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 591 times
PDF - 118 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.12.1.2024.67-74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.