Hubungan Motivasi Belajar dengan Kecemasan Mahasiswa dalam Menghadapi OSCE Pada Mahasiswa Tingkat 2 Prodi Ners

Jagentar Parlindungan Pane(1*), Ice Septriani Saragih(2), Betti Delima Purba(3)


(1) STIKES Santa Elisabeth Medan
(2) STIKes Santa Elisabeth Medan
(3) STIKES Santa Elisabeth Medan
(*) Corresponding Author

Abstract


Kecemasan adalah perasaan cemas atau khawatir yang di rasakan seseorang dalam menghadapi situasi yang tidak menyenangkan. Motivasi adalah karakteristik psikologis manusia yang memberi konstribusi pada tingkat kepatuhan untuk mempertahankan tingkah laku seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan kecemasan mahasiswa dalam menghadapi OSCE pada mahasiswa tingkat 2 prodi Ners di STIKes Santa Elisabeth Medan tahun 2022. Jenis penelitian korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling dengan jumlah responden sebanyak 94 orang. Hasil penelitian yang diperoleh sebanyak 77 orang (81,9%) memiliki motivasi belajar sedang, 56 orang (59,6%) responden mahasiswa memiliki kecemasan dengan kategori tidak cemas. Hasil uji statistik Sperman Rank, p (value) = 0,014 (p>0,05) dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan kecemasan mahasiswa. Dimana tingkat korelasi termasuk kategori lemah. Kesimpulan semakin tinggi motivasi belajar maka semakin rendah kecemasan mahasiswa Tingkat 2 dalam menghadapi OSCE. Saran, membentuk kelompok diskusi belajar di asrama untuk meningkatkan motivasi belajar yang baik.


Keywords


kecemasan; motivasi belajar; OSCE

Full Text:

PDF

References


Akbar, B. M., Limantara, S., & Marisa, D. (2020). Hubungan Tingkat Kesejahteraan Spiritual dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa dalam Menghadapi Objective Structured Clinical Examination (OSCE). Homeostasis, 435–440. http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/hms/article/view/2800

Arwizet, K. (2021). the Relationship of Answering Testing and Learning Motivation With Learning Results in Statistics Coursesstudent Department of Mechanical Engineering State University of Padang. 3(1), 77–84.

Fadhilah, T. N., & Handayani, D. E. (2019). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. 2(2), 249–255.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Indriyani, S., & Handayani, N. S. (2018). Stres Akademik Dan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Yang Bekerja Sambil Kuliah. Jurnal Psikologi, 11(2), 153–160. https://doi.org/10.35760/psi.2018.v11i2.2260

Jannah, A. (2019). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Kecemasan Mahasiswa Keperawatan Saat Osca. 1–15.

Komang, N., Eka, A., Menik, K., Krisnawati, S., & Putu, N. L. (2021). HUBUNGAN SELF-EFFICACY DENGAN KECEMASAN MAHASISWA KEPERAWATAN MENGHADAPI UJIAN PRAKTIK LABORATORIUM Ni Komang Ayu Eka Jayanti 1 , Komang Menik Sri Krisnawati 2 , Ni Luh Putu Shinta Devi 3. 9, 287–296.

Lagili, I. L., Moonti, U., & Mahmud, M. (2019). Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2015 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Jambura Economic Education Journal, 1(1), 15–29. https://doi.org/10.37479/jeej.v1i1.2082

Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 29. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2332

Limen, G., Runtuwene, J., & Wagiu, C. (2018). Hubungan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi UKMPPD OSCE dengan Nilai UKMPPD Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Biomedik (Jbm), 10(3), 159. https://doi.org/10.35790/jbm.10.3.2018.21981

Mahasiswa, B., & Umj, F. I. P. (2011). Penggunaan metode structural equation modelling untuk analisis faktor yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa fip umj. 147–160.

Mustofa, F. L., Oktobiannobel, J., & Sulesa. (2020). Gambaran kecemasan dalam menghadapi ujian osce ukmppd pada mahasiswa . Jurnal Medika Malahayati, 4(2), 137–145.

Novitarum, dkk. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Kecemasan Mahasiswa Menghadapi Osce. Jurnal Mutiara Ners, Vol. 1(1), 11–18.

Praptiningsih, R. S. (2016). Kecemasan Mahasiswa Menghadapi Objective Structural Clinical Examination (Osce). ODONTO : Dental Journal, 3(2), 88. https://doi.org/10.30659/odj.3.2.88-93

Putri Amir, D., Iryani, D., & Isrona, L. (2016). Hubungan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi Objective Structured Clinical Examination (OSCE) dengan Kelulusan OSCE pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Jurnal Kesehatan Andalas, 5(1), 139–144. https://doi.org/10.25077/jka.v5i1.458

Rahmatih, A. N., Fauzi, A., & Ermiana, I. (2020). Hubungan Motivasi dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Wahana Sekolah Dasar, 28(2), 76–83. https://doi.org/10.17977/um035v28i22020p076

Sari, D. P., Nugroho, H., & Iskandar, A. (2021). Gambaran Tingkat Kecemasan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman Sebelum Menghadapi OSCE. Jurnal Sains Dan Kesehatan, 3(4), 482–488. https://doi.org/10.25026/jsk.v3i4.348

Setyawan, A., Hasnah, K., Purnamasari, V., & ... (2021). Efektivitas Murottal Ar-Rahman terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Keperawatan dalam Menghadapi OSCE. … Jiwa (JKJ): Persatuan …, 9(1), 27–34. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKJ/article/view/6655

Suyanto, S., & Isrovianingrum, R. (2018). Kecemasan Mahasiswa Perawat Sebelum Mengikuti Ujian Ketrampilan Di Laboratorium. Journal of Health Sciences, 11(2), 97–103. https://doi.org/10.33086/jhs.v11i2.101

Tina, L. A., Sari, F. S., & M, L. P. (2021). Program Studi Keperawatan Progam Sarjana Universitas Kusuma Husada Surakarta Gambaran Kecemasan Remaja Menghadapi Pandemi Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners Universitas Kusuma Husada Surakarta Dosen Program Studi Sarjana Keperawa. 64, 1–7.

Wakhyudin, H., & Putri, A. D. S. (2020). Analisis Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 14–18. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i1.4707


Article Metrics

Abstract view : 665 times
PDF - 335 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.10.4.2022.725-732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.