Pengaruh Paket Edukasi terhadap Pengetahuan Remaja tentang Pencegahan Kekerasan Seksual

Yasherly Bachri(1*), Marizki Putri(2)


(1) Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
(2) Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan kekerasan pada remaja 3 tahun terakir ini semakin meningkat tajam, dan mengemuka di Indonesia bahkan kota – kota lainnya termasuk Sumatera Barat. Indonesia sendiri di tahun 2021 terjadi peningkatan kasus kekerasan seksual 23% yaitu 8.800 kasus. sedangkan di Sumatera Barat pada bulan November 2021 terdapat 85 kasus yang di laporkan, Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh paket adukasi  dan Personal Safety Skill terhadap pencegahan kekerasan seksual pada remaja. dimana Kelompok kontrol diberikan penyuluhan kesehatan sedangkan kelompok intervensi diberikan paket edukasi dan personal soft skill. Dengan metode penelitian quasi eksperimen one group pre test post test desain. Hasil penelitian menyebutkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara paket edukasi terhadap pencegahan kekerasan seksual pada remaja, denagn nilai p value 0.000. setelah diberikan paket edukasi pada remaja diharapkan remaja mampu melakukan pencegahan kekerasan seksual pada diri sendiri dan bagaimana cara mempertahankan diri dari serangan kekerasan seksual.


Keywords


edukasi; kekerasan seksual; remaja

Full Text:

PDF

References


Anggreni, D., Notobroto, H. B., & Hargono, R. (2017). Hubungan Pola Pengasuhan Orang Tua Dengan Tindakan Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak (Studi Kasus Dalam Rangka Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak di Kota Mojokerto). (Jurnal Ilmiah Kesehatan Politeknik Kesehatan Majapahit Mojokerto), 9(1)

Aqidah, M., Saparwati, M., & Purwaningsih, P. (2020). Gambaran Pengetahuan Tentang Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Sekolah Di Mi Asas Islam Kalibening Salatiga (Doctoral dissertation, Universitas Ngudi Waluyo).

Fisnawati, S., Indriati, G., & Elita, V. (2015). Hubungan Pengetahuan Orang Tua Tentang Kesehatan Seksual Pada Anak Usia 7-12 Tahun dengan Sikap Orang Tua Dalam Pencegahan Kekerasan Seksual (Doctoral dissertation, Riau University).

Handayani, M. (2017). Pencegahan kasus kekerasan seksual pada anak melalui komunikasi antarpribadi orang tua dan anak. Jurnal Ilmiah Visi, 12(1), 67-80.

Nugraha, L. E., Paulus Ola, L., & SKp, R. N. (2020). Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Remaja di Komplek Dit Bek Ang Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Tahun 2018.

Nugrahmi, M. A., & Febria, C. (2020). Faktor yang Berhubungan dengan Kekerasan Seksual pada Remaja Putri di Kota Bukittinggi. MIKIA: Mimbar Ilmiah Kesehatan Ibu dan Anak (Maternal and Neonatal Health Journal), 1-8.

Mashudi, E. A. (2015). Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Melalui Pengajaran Personal Safety Skills. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9

YASHERLY, B. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Resiko Kekerasan Seksual Pada Remaja Smp Di Kota Bukittinggi (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).

Permatasari, E., & Adi, G. S. (2017). Gambaran pemahaman anak usia sekolah dasar tentang pendidikan seksual dalam upaya pencegahan kekerasan seksual pada anak. The Indonesian Journal of Health Science, 9(1).

Pratiwi, E., Andeka, W., Sumaryono, D., Ismiati, I., & Patroni, R. (2020). Efektivitas Promosi Kesehatan dengan Media Video Animasi terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak di SD Negeri 5 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Bengkulu).

Rodliyah, F. (2021). Pengembangan modul konseling preventif Islam untuk mencegah kekerasan Seksual pada remaja putri (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Rosuliana, N. E., Adawiyah, R., & Fithriana, D. (2020). Paket Edukasi Pada Remaja Terhadap Kecenderungan Menikah Dini. uwais inspirasi indonesia.

Solehati, T., Kosasih, C. E., & Juliansyah, E. (2019). Hubungan sumber informasi dengan pengetahuan dan sikap siswa sd dalam pencegahan kekerasan seksual. Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan: Wawasan Kesehatan, 5(2), 180-187.

Sarwan, S., Nur, B. M., & Azzam, R. (2019). Paket Edukasi Kelompok dan Peran Model Menurunkan Tingkat Isolasi Sosial Pasien HIV/AIDS. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(1), 372-381.

Solehati, T., Septiani, R. F., Muliani, R., Nurhasanah, S. A., Afriani, S. N., Nuraini, S., ...& Mediani, H. S. (2022). Intervensi Bagi Orang Tua dalam Mencegah Kekerasan Seksual Anak di Indonesia: Scoping Review. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2201-2214.

Wajdi, F., & Arif, A. (2021). Pentingnya Pendidikan Seks Bagi Anak Sebagai Upaya Pemahaman dan Menghindari Pencegahan Kekerasan Maupun Kejahatan Seksual. Jurnal Abdimas Indonesia, 1(3), 129-137.


Article Metrics

Abstract view : 254 times
PDF - 81 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.11.2.2023.487-490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.