Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Kekambuhan Pasien Gangguan Jiwa

Syisnawati Syisnawati(1*), Musdalifah Musdalifah(2), Maulinda Maulinda(3)


(1) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
(2) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
(3) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract


Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 mencatat prevelensi gangguan jiwa sebanyak 450 juta orang. Data yang diperoleh di Puskesmas Samata Kabupaten Gowa mencatat pada tahun 2021 pasien skizofrenia sekitar 71 orang. Peneliti menjadikan kekambuhan sebagai target populasi pada penelitian ini dikarenakan angka terjadinya gangguan jiwa masih berada di angka yang relatif tinggi. Gangguan jiwa hingga saat ini menjadi penyakit yang sulit untuk sembuh sehingga peluang untuk kambuh juga makin besar karena kurangnya dukungan keluarga, masyarakat dan pihak puskesmas. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang berkontribusi terhadap kekambuhan pasien gangguan jiwa di wilayah kerja Puskesmas Samata kabupaten Gowa. Penelitian ini memakai desain penelitian Deskriptif Analitik dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Pengambilan sampel penelitian secara Non Probability sampling memakai teknik Purposive Sampling sebanyak 41 orang. Data dikumpulkan dengan memakai teknik penyebaran kuesioner dengan uji regresi logistic. Hasil penelitian menunjukkan variabel dukungan keluarga memiliki nilai Odd Ratio (OR) tertinggi, sebesar 0,294. Hal ini menunjukkan bahwa dukungan kelurga faktor yang paling berpengaruh terhadap kekambuhan pasien gangguan jiwa. Faktor yang paling berpengaruh dengan kekambuhan pasien gangguan jiwa di wilayah kerja Puskesmas Samata Kabupaten Gowa adalah dukungan keluarga. Rekomendasi: Perlunya peningkatan edukasi tentang pentingnya dukungan keluarga terhadap pasien gangguan jiwa.


Keywords


dukungan keluarga; kekambuhan; kepatuhan

Full Text:

PDF

References


Keliat. (2019). Peran Serta Keluarga Dalam Perawatan Pasien Gangguan Jiwa. Jakarta: EGC.

Febrianti, D. K. (2021). Penyuluhan Kesehatan tentang Faktor Penyebab Kekambuhan Pasien Skizofrenia. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 3(3), 235. https://doi.org/10.36565/jak.v3i3.160

Putra, F. A., Widiyono, & Sukmonowati, W. (2019). Hubungan Kepatuhan Minum Obat dengan Tingkat Kekambuhan pada Pasien Skizofrenia. Jurnal Keperawatan Universitas Sahid Surakarta, 3(2), 58–66. Retrieved from http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987

Rachmawati, S. (2020). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kemampuan Keluarga Dalam Pencegahan Kekambuhan Pasien Sekizofrenia. Jurnal Ilmiah Keperawatan, Vol 6 No.

Saputra. (2019). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kekambuhan Pasien Skizofrenia di Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Sumatera Utara. Medan USU.

Siringoringo, E. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Kekambuhan Pasien Skizofrenia Di Poliklinik Jiwa RSUD H. Andi Sultan Dg Radja. Jurnal Stikes Panrita Husada, Vol. 3 No., 24–40.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syndi Cintya Arnun1, Tri Admadi, E. E. (2020). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kekambuhan Pasien Gangguan Jiwa di Wilayah Kerja Puskesmas Geneng Syndi. Cakra Medika, 8(1), 32–38.

Videback, S. L. (2016). Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Jakarta: EGC.

Wahyuningrum. (2020). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kekambuhan Pada Pasien Skizofrenia. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Wardani. (2009). Pengalaman Keluarga Menghadapi Ketidakpatuhan Anggota Keluarga Dengan Skizofrenia Dalam Mengikuti Regimen Terapeutik : Pengobatan. FIK UI.

Wardiyah Daulay, Sri Eka Wahyuni, M. L. N. (2020). Pemberdayaan Keluarga Dalam Upaya Deteksi Dini Gangguan Jiwa Di Masyarakat. 1(6), 812–816.

Wiwik Widiyawati, A. Y. (2021). Model Rehabilitasi Sosial Vokasional: Dalam Meningkatkan Kemandirian ADL Instrumental Orang Dengsn Gangguan Jiwa (ODGJ). Malang: Literasi Nusantara.

Yunatan Iko Wicaksono. (2016). Gejala Gangguan Jiwa dan Pemeriksaan Psikiatri Dalam Praktek Klinis (edition 1). Malang: Medi Nusa Cretive (MNC).

Zaini, M. (2019). Asuhan Keperawatan Jiwa Masalah Psikososial di Pelayanan Klinis dan Komunitas. Yogyakarta: CV. Budi Utama.


Article Metrics

Abstract view : 129 times
PDF - 48 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.11.1.2023.19-26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: jurkep.jiwa@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.