Strategi Coping Stres Orang Tua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus: A Scoping Review

Khoirunnisa Khoirunnisa(1), Afnani Aquino(2), Putri Hanipan Parestorian(3), Kurniawan Kurniawan(4*)


(1) Universitas Padjadjaran
(2) Universitas Padjadjaran
(3) Universitas Padjadjaran
(4) Universitas Padjadjaran
(*) Corresponding Author

Abstract


Mengasuh anak merupakan sebuah tanggungjawab yang besar dan sulit. Sebagai orang tua, memenuhi kebutuhan perkembangan anak merupakan hal yang kompleks dan dapat menimbulkan stres. Orang tua akan mengalami kesulitan yang lebih ketika mengasuh anak dengan kebutuhan. Tugas mengasuh anak yang kompleks dapat membuat orang tua merasa bahwa hidup mereka penuh dengan tekanan yang menyebabkan stres. Maka dari itu, strategi coping stress pada orang tua memainkan peran penting selama proses pengasuhan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Literature review ini bertujuan untuk mengetahui strategi coping stress orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Scoping review merupakan metode yang digunakan dalam penyusunan studi, dimana pencarian data dilakukan menggunakan beberapa database, yaitu PubMed, CINAHL, Scopus, dan Sage Journal. Artikel yang ditemukan kemudian diseleksi berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi yang berdasar pada PRISMA Flowchart. Sebanyak 1.290 artikel ditemukan dan terpilih 7 artikel yang memenuhi kriteria untuk ditelaah. Temuan pada artikel yang terseleksi menunjukkan bahwa strategi koping stress orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus terdiri dari koping emosional aktif, keyakinan atau kepercayaan pribadi, kepuasan diri orang tua, gaya humor adaptif, motivasi dan efikasi diri (self-efficacy), strategi penghindaran (Avoidance Strategies), dan keterlibatan yang berfokus pada masalah (Problem focused engagement).


Keywords


anak berkebutuhan khusus; orang tua; strategi koping; stres

Full Text:

PDF

References


Alós, F. J., García, A. G., & Maldonado, M. A. (2022). Coping strategies in parents of children with disabilities: A case-control study. Brain and Behavior, 12(8), 1–11. https://doi.org/10.1002/brb3.2701

Amelasasih, P. (2016). Resiliensi orangtua yang mempunyai anak berkebutuhan khusus. Psikosains, 11(2), 72–81.

Bandler, R., Price, J. L., & Keay, K. A. (2000). Brain mediation of active and passive emotional coping. Progress in Brain Research, 122, 333–349. https://doi.org/10.1016/s0079-6123(08)62149-4

Caliskan, Z., & Bayat, M. (2016). The effect of education and group interaction on the family burden and support in the mothers of intellectually disabled children. Anatolian Journal of Psychiatry, 17(3), 214. https://doi.org/10.5455/apd.184412

Çalışkan, Z., Evgin, D., Caner, N., Kaplan, B., & Özyurt, G. (2021). Determination of burnout, life satisfaction, and stress coping styles of parents with disabled children. Perspectives in Psychiatric Care, 57(3), 1505–1514. https://doi.org/10.1111/ppc.12746

Ezeonu, C. T., Obu, D. C., Daniyan, O. W., Asiegbu, U. V., Oyim-Elechi, O., Edafioghor, L. O., & Okoro, K. J. (2021). Coping strategies of caregivers of persons with a disability attending a special education Center in Abakaliki, Southeast Nigeria: a cross-sectional study. The Pan African Medical Journal, 39, 249. https://doi.org/10.11604/pamj.2021.39.249.26884

Fritz, H. L. (2020). Coping with caregiving: Humor styles and health outcomes among parents of children with disabilities. Research in Developmental Disabilities, 104(July 2019), 103700. https://doi.org/10.1016/j.ridd.2020.103700

Husna, S. M., & Hamdan, S. R. (2020). Peran Religiusitas dalam Penerimaan Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus. 2nd Psycology & Humanity, 6(2), 772–775. https://doi.org/10.29313/.v6i2.24423

Ishtiaq, N., Mumtaz, N., & Saqulain, G. (2020). Stress and coping strategies for parenting children with hearing impairment and autism. Pakistan Journal of Medical Sciences, 36(3). https://doi.org/10.12669/pjms.36.3.1766

Karaca, A., & Konuk Şener, D. (2021). Spirituality as a coping method for mothers of children with developmental disabilities. International Journal of Developmental Disabilities, 67(2), 112–120. https://doi.org/10.1080/20473869.2019.1603730

Kurowska, A., Kózka, M., & Majda, A. (2021). ‘How to cope with stress?’ Determinants of coping strategies used by parents raising children with intellectual disabilities, other developmental disorders and typically developing children. A cross-sectional study from Poland. Journal of Mental Health Research in Intellectual Disabilities, 14(1), 23–49. https://doi.org/10.1080/19315864.2020.1832166

Maryam, S. (2017). Strategi Coping: Teori dan Sumberdaya. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 101.

Tuasikal, A. N. A., & Retnowati, S. (2019). Kematangan Emosi, Problem-Focused Coping, Emotion-Focused Coping dan Kecenderungan Depresi pada Mahasiswa Tahun Pertama. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 4(2), 105. https://doi.org/10.22146/gamajop.46356

Widyawati, Y., Otten, R., Kleemans, T., & Scholte, R. H. J. (2020). Parental Resilience and the Quality of Life of Children with Developmental Disabilities in Indonesia. International Journal of Disability, Development, and Education, 00(00), 1–17. https://doi.org/10.1080/1034912X.2020.1834078


Article Metrics

Abstract view : 829 times
PDF - 562 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.11.1.2023.110-120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.