Pengaruh Terapi Kelompok Terapeutik (TKT) terhadap Penurunan Depresi pada Lansia

Yeni Devita(1*), Yureya Nita(2), Desti Puswati(3), Alfianur Alfianur(4), Afrida Sriyani Harahap(5)


(1) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Payung Negeri Pekanbaru
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Payung Negeri Pekanbaru
(3) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Payung Negeri Pekanbaru
(4) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Payung Negeri Pekanbaru
(5) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Payung Negeri Pekanbaru
(*) Corresponding Author

Abstract


Proses menua yang terjadi pada lansia akan berdampak terhadap perubahan biologis pada lansia. Kondisi lain yang berubah dalam diri lansia adalah melambatnya proses informasi, menurunnya daya ingat, berkurangnya kemampuan otak untuk membedakan stimulus atau rangsangan yang datang, sehingga lansia mengalami depresi. Salah satu upaya untuk mencegah dan mengatasi depresi pada lansia yaitu memberikan Terapi Kelompok Terapeutik (TKT).  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi kelompok terapeutik terhadap penurunan depresi pada lansia. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Quasy Eksperiment dengan metode penelitian one group pretest dan posttest. Penelitian ini dilakukan di PSTW Khusnul Khotimah Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 orang. Analisa yang digunakan adalah distribusi frekuensi dan uji paired samples t Test. Hasil penelitian didapatkan bahwa ada pengaruh terapi kelompok terapeutik terhadap penurunan depresi pada lansia dengan p value  yaitu 0.000. Rekomendasi penelitian ini diharapkan kepada perawat dan pengelola panti jompo untuk dapat melakukan terapi kelompok terapeutik secara rutin dan berkelanjutan untuk kesehatan mental lansia.


Keywords


depresi; lansia; terapi kelompok terapeutik

Full Text:

PDF

References


Adicondro, N. (2015). Pengaruh Terapi Kelompok Reminiscence Untuk Menurunkan Tingkat Depresi Pada Lanjut Usia Di Panti Sosial Tresna Werdha Unit Budi Luhur Kasongan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 007.

Amalia, S. (2010). Hubungan Disabilitas Fungsional Dengan Kejadian Depresi Pada Lansia Di Panti Sosial Tresna Werdha Gau Mabaji Kabupaten Gowa.

BPS. (2016). Statistik Penduduk Usia Lanjut.

Damayanti, R. (2014). Pengaruh Terapi Kelompok Terapeutik Terhadap Kemampuan Keluarga Dalam Memberikan Stimulasi Perkembangan Rasa Percaya Usia Bayi Di Kelurahan Batu Ampar Kramatjati Jakarta Timur. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 01(2), 77–86.

Darmojo, R.B & Martono, M. (2016). Geriatri: Ilmu Kesehatan Usia Lanjut.

Dundu, A. E. (2015). Hubungan Lama Tinggal Dengan Tingkat Depresi Pada Lanjut Usia Di Panti Sosial Tresna Werdha ‘ Agape .’ Jurnal E-Clinic (Ecl), 3(April), 1–6.

Guslinda. (2011). Pengaruh Terapi Kelompok Terapeutik Lansia Terhadap Kemampuan Adaptasi Dan Perkembangan Integritas Diri Lansia Di Kelurahan Surau Gadang Kecamatan Nanggalo Padang.

Keliat, Budi Anna, Dkk. (2014). Modul Terapi Keperawatan Jiwa. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.

Kurniawan, A. (2017). Gambaran Tingkat Depresi Pada Lansia Dengan Hipertensi Di Dusun Banyuurip Seyegan Sleman Yogyakarta.

Kushariyanti. (2014). Asuhan Keperawatan Pada Klien Lanjut Usia. Salemba Medika.

Latue, Irene Rn., Widodo, Dyah., Widiani, E. (2017). Hubungan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Tingkat Depresi Pada Lanjut Usia Di Panti Werdha Malang Raya. Nursing News, 2(1), 425–431.

Monika, A. D. (2015). Perbedaan Tingkat Depresi Antara Lansia Yang Tinggal Di Panti Werdha Dharma Bhakti Dan Yang Bersama Keluarga Di Kelurahan Pajang. 1–12.

Mulyadi, R. R., Mardijana, A., & Nurdian, Y. (2016). Overview Of Depression In The Elderly Of Upt Pelayanan Sosial Lanjut Usia District Jember. 2(2), 7–11.

Padila. (2014). Keperawatan Gerontik. Nuha Medika.

Prabhaswari, L., Luh, N., & Ariastuti, P. (2015). Gambaran Kejadian Depresi Pada Lanjut Usia Di Wilayah Kerja Puskesmas Petang I Kabupaten Badung Bali 2015. Isainsmedis, 7(1), 2–7.

Putra, Ardian Adi., Nashori, F. (2012). Decreasing Loneliness And Blood Pressure Of Old People Suffering Hypertension With Group Therapy. Jurnal Intervensi Psikologi (Jip), 4(1), 1–15.

Sari, Rima., Arneliwati, Utami, S. (2015). Perbedaan Tingkat Depresi Antara Lansia Yang Tinggal Di Pstw Dengan Lansia Yang Tinggal Di Tengah Keluarga. Jom, 2(2).

Townsend, M. C. (2015). Essentials Of Sychiatric Mental Heakth Nursing. F.A. Davis Company.

Trihadi, D. (2009). Memberikan Stimulasi Perkembangan Dini Usia Kanak - Kanak Di Kelurahan Bubulak Memberikan Stimulasi Perkembangan Dini Usia Kanak - Kanak Di Kelurahan Bubulak Kota Bogor Tahun 2009.

Wulandari, A. F. . (2011). Kejadian Dan Tingkat Depresi Pada Lanjut Usia : Studi Perbandingan Di Panti Wreda Dan Komunitas Universitas Diponegoro Tahun 2011 Kejadian Dan Tingkat Depresi Pada Lanjut Usia : Studi Perbandingan Di Panti Wreda Dan Komunitas.


Article Metrics

Abstract view : 393 times
PDF - 112 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.11.2.2023.387-394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.