Faktor yang Mempengaruhi Academic Burnout pada Mahasiswa Keperawatan

Triyana Harlia Putri(1*), Zehro Masitoh(2), Faisal Khalid(3)


(1) Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura
(2) Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura
(3) Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura
(*) Corresponding Author

Abstract


Mahasiswa cenderung merasakan berbagai dampak dari fenomena COVID-19 dalam perubahan metode pembelajaran, sehingga meningkatnya beban belajar pada mahasiswa dan  mengarah kepada stress hingga burnout, berbagai faktor yang diduga memengaruhi fenomena ini. Studi ini memiliki tujuan mengidentifikasi faktor yang memengaruhi academic burnout pada mahasiswa keperawatan. Studi merupakan studi kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Kami menetapkan kriteria inklusi dan meneruskan tahap pemilihan sampel dengan teknik purposive sampling sehingga didapatkan sebanyak 185 mahasiswa yang bersedia menjadi responden yang mana data ini merupakan data sekunder dari penelitian sebelumnya. Instrumen yang digunakan dalam studi ini yaitu Mashlach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS) yang diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia yang memanfaatkan platform Google. Metode analisis yang digunakan dengan Spearman Rank. Hasil dalam penelitian ini yaitu mahasiswa mengalami burnout dalam level sedang (78,4%) dimana usia 19 tahun (24,9%) dan Angkatan 2021 (30.8%) lebih banyak mengalami burnout dibandingkan lainnya, sementara itu mahasiswa lebih banyak mengalami penurunan prestasi secara akademik (76.8%). Temuan dalam studi ini tidak ada satupun faktor sosiodemografi (jenis kelamin, usia dan angkatan) yang mempengaruhi tingkat academic burnout.


Keywords


academic burnout; mahasiswa; stres

Full Text:

PDF

References


Almahasees, Z., Mohsen, K., & Amin, M. O. (2021). Faculty’s and Students’ Perceptions of Online Learning During COVID-19. Frontiers in Education, 6. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.638470

Charkhabi, M., Abarghuei, A., & Hayati, D. (2013). The association of academic burnout with self-efficacy and quality of learning experience among Iranian students. http://www.springerplus.com/content/2/1/677

Fiorilli, C., Barni, D., Russo, C., Marchetti, V., Angelini, G., & Romano, L. (2022). Students’ Burnout at University: The Role of Gender and Worker Status. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(18). https://doi.org/10.3390/ijerph191811341

Gabola, P., Meylan, N., Hascoët, M., de Stasio, S., & Fiorilli, C. (2021). Adolescents’ school burnout: A comparative study between Italy and Switzerland. European Journal of Investigation in Health, Psychology and Education, 11(3), 849–859. https://doi.org/10.3390/ejihpe11030062

García-Carmona, M., Marín, M. D., & Aguayo, R. (2019). Burnout syndrome in secondary school teachers: a systematic review and meta-analysis. Social Psychology of Education, 22(1), 189–208. https://doi.org/10.1007/s11218-018-9471-9

Hamzah, R., Kunci, K., & Kuliah, B. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA STIKES GRAHA MEDIKA. Indonesian Journal for Health Sciences, 4(2), 59–67.

Hwang, E., & Kim, J. (2022). Factors affecting academic burnout of nursing students according to clinical practice experience. BMC Medical Education, 22(1). https://doi.org/10.1186/s12909-022-03422-7

Islam, U., Muhammad, K., Al-Banjari Banjarmasin, A., Putri, A., & Khotimah, S. (2022). KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING. In Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman (Vol. 8, Issue 1). http://ojs.uniska.ac.id/index.php/BKA

Jackson, K. M., & Konczosné Szombathelyi, M. (2022). Student Burnout in Higher Education: From Lockdowns to Classrooms. Education Sciences, 12(12). https://doi.org/10.3390/educsci12120842

Oktasari, M., Andriani, R., & Stevani, H. (2022). Academic Burnout Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Electronic) Jenis Kelamin. Teraputik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 333(3), 333–337. https://doi.org/10.26539/teraputik.53903

Maqableh, W., Alzyoud, F. Y., & Zraqou, J. (2023). The use of facial expressions in measuring students’ interaction with distance learning environments during the COVID-19 crisis. Visual Informatics, 7(1), 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.visinf.2022.10.001

Masitoh, Z., Putri, T. H., & Fahdi, F. K. (2022). Hubungan Self-Efficacy dengan Academic Burnout saat Pandemi COVID-19 pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Tanjungpura Pontianak. Malahayati Nursing Journal, 4(12), 3243–3257. https://doi.org/10.33024/mnj.v4i12.7469

Nurkholis, I. (2022). Analisis Kelebihan dan Kekurangan dalam Pembelajaran Daring di SDN Pesanggrahan 01 Kota Batu Malang. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 143–148. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.45

Praditama, A. G., Suhardi, S., & Hartono, H. (2022). Kelebihan dan Hambatan Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Pertama pada Masa Pandemi COVID-19. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 137–151. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3923

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Budi Santoso, P., Mayesti Wijayanti, L., Chi Hyun, C., & Setyowati Putri, R. (2020). UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ENREKANG Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar.

Putri Daniswari, H., & Lathifah Nuryanto, I. (2022). The Effectiveness of Stress Coping Techniques to Reduce Academic Burnout in Guidance and Counseling Students in Yogyakarta During the COVID-19 Pandemic. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v7i14.12040

Rohmani, N., & Andriani, R. (2021). Correlation between academic self-efficacy and burnout originating from distance learning among nursing students in Indonesia during the COVID-19 pandemic. Journal of Educational Evaluation for Health Professions, 18. https://doi.org/10.3352/JEEHP.2021.18.9

Sholichin, M., Zulyusri, Z., Lufri, L., & Razak, A. (2020). Analisis Kendala Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 1 Bayung Lencir. BIODIK, 7(2), 163–168. https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12926

Sunawan, S., Amin, Z. N., Sumintono, B., Hafina, A., Rifatin, M. ’, & Kholili, I. (n.d.). The Differences of Students’ Burnout from Level of Education and Duration Daily Online Learning During COVID-19 Pandemics.

Ulfa, S., & Aprianti, M. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Burnout Dan Perbedaannya Berdasarkan Gender. Psychosophia: Journal of Psychology, Religion, and Humanity, 3(1), 24–35. https://doi.org/10.32923/psc.v3i1.1651

Vale, T. C. B., Paiva, J. H. H. G. L., Medeiros, V. N., Gomes, P. Í. O., Bezerra, H. C. B., Bachur, T. P. R., & Castro, D. B. de. (2021). Factors behind burnout increase in medical students. Are the criteria so important? Revista Brasileira de Educação Médica, 45(2). https://doi.org/10.1590/1981-5271v45.2-20200193.ing

Wang, M., Guan, H., Li, Y., Xing, C., & Rui, B. (2019). Academic burnout and professional self-concept of nursing students: A cross-sectional study. Nurse Education Today, 77, 27–31. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.nedt.2019.03.004.


Article Metrics

Abstract view : 1640 times
PDF - 1259 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.11.2.2023.379-386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.