Masalah Psikososial pada Mahasiswa/I di Era Pandemi Covid-19

Henry Wiyono(1*), Restu Dwi Ariyanto(2), Nikodemus Sili Beda(3), Muhammad Saleh Nuwa(4), I Gede Juanamasta(5)


(1) STIKes Eka Harap Palangka Raya
(2) Universitas Nusantara PGRI Kediri
(3) STIK Stella Maris Makassar
(4) STIKes Maranatha Kupang
(5) STIKes Wira Medika Bali
(*) Corresponding Author

Abstract


Banyak negara memutuskan untuk mengalihkan Kegiatan Belajar Mengajar dengan metode pembelajaran daring untuk mencegah peningkatan penyebaran COVID-19. Akibat dari kurangnya kesiapan mahasiswa dalam melaksanakan proses pembelajaran daring dengan berbagai alasan, secara tidak langsung berdampak pada kondisi kesehatan, baik fisik maupun psikis. Masalah kesehatan mental yang sering terjadi seperti kecemasan, ketakutan, depresi dan bahkan insomnia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran masalah psikososial seperti depresi, kecemasan dan stres pada mahasiswa/i di beberapa kota yang ada di wilayah Negara Indonesia yang melaksanakan  pembelajaran daring/online pada saat pandemi COVID19. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan penelitian secara survey online. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified Random Sampling dengan jumlah sampel 400 responden berdasarkan kriteria insklusi yang ditetapkan. Data dikumpulkan menggunakan intrumen Depression Anxiety Stress Scale (DASS-21) yang sudah melalui uji validitas dan reliabilitas dengan koefisien Cronbach alpha dengan skor 0,85, 0,84, dan 0,84. Analisa data univariat menggunakan distribusi frekuensi dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan 157 mahasiswa (66%) dari 238 mengalami kecemasan kategori sedang, 81 mahasiswa (75%) dari 108 mengalami depresi kategori ringan dan 44 mahasiswa (81%) dari 54 mengalami stres kategori ringan. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan meningkatnya masalah psikososial khususnya kecemasan  pada mahasiswa selama pembelajaran daring.


Keywords


covid-19; mahasiswa; masalah psikososial

Full Text:

PDF

References


Aji, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 395-402.

Basheti, I., Mhaidat, Q., & Mhaidat, H. (2021). Prevalence of anxiety and depression during COVID-19 pandemic among healthcare students in Jordan and its effect on their learning process: A national survey. PLOS ONE JOURNAL , 1371.

Browning, M. H., Larson, L., Sharaievska, I., Rigolon, A., McAnirlin, O., Mullenbach, L., et al. (2020). Psychological impacts from COVID-19 among university students: Risk factors across seven. PLoS ONE Journal , 27.

Febriyanti, E., & Mellu, A. (2020). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Keperawatan Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Di Kota Kupang . NURSING UPDATE JURNAL ILMIAH ILMU KEPERAWATAN , 11.

Fitria, P. A., & Saputra, D. Y. (2020). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa Semester Awal . Jurnal Riset Kesehatan Nasional , 60-66.

Indonesia, K. S. (2018). Psychoneuroimmunology In Dermatology . National Symposium & Workshop Psychoneuroimmunology In Dermatology . Bali: Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Denpasar.

Kinanthi, Melok, Listiyandini, Arrum , R., Amaliah, Uswatunnisa, et al. (2020, Februari 15). Adaptasi Alat Ukur DASS-21 Versi Bahasa Indonesia Pada Populasi Mahasiswa. Retrieved Februari 2020, from ResearchGate: https://www.researchgate.net/publication/339616412_Adaptasi_Alat_Ukur_DASS-21_Versi_Indonesia_pada_Populasi_Mahasiswa

Lil, W., Yang , Y., Liu , Z.-H., Zhao, Y.-J., Zhang , Q., Zhang , L., et al. (2020). Progression Of Mental Health Services during the Covid-19 Outbreak in Cina. International Journal Of Biological Sciences 2020, 1732-1738.

Lovibond, S. H., & Lovibond, P. (1995). Manual for the depression anxiety stress scales. Sydney: Psychology Foundation of Australia.

Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Pendekatan Praktis Ed 4 . Jakarta Selatan : Salemba Medika.

PPNI, D. P. (2020). Panduan Asuhan Keprawatan di Masa Pandemi COVID-19. Jakarta Selatan : Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia .

PPNI, T. P. (2017). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia . Jakarta Selatan : Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia .

Rinawati, F., & Alimansur, M. (2016). Analisa Faktor-Faktor Penyebab Gangguan Jiwa Menggunakan Pendekatan Model Adaptasi Stres Stuart . Jurnal Ilmu Kesehatan , 5.

Rusman, A. D., Umar, F., & Majid, M. (2021). Covid-19 dan Psikososial Masyarakat di Masa Pandemik. Jakarta: NEM .

Son, C., Hegde, S., Smith, A., Wang , X., & Sasangohar, F. (2020). Effects of COVID-19 on College Students’Mental Health in theUnited States:Interview Survey Study. JOURNAL OF MEDICAL INTERNET RESEARCH, 22(9).

Suherman, D. (2016). Hubungan Umur, Jenis Kelamin Mahasiswa Dan Pendapatan Orang Tua Dengan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Pendidikan Sarjana Program Studi Pendidikan Kedokteran FKIK Universitas Tadulako. urnal Ilmiah Kedokteran, 3(1), 52–62.

Vellyana, D., & Rahmawati, A. (2017). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Preoperasi di Rumah Sakit Mitra Husada Pringsewu . Jurnal Kesehatan , 108.

Winurini, S. (2020, Agustus 15). Permasalahan Kesehatan Mental Akibat Pandemi COVID-19. p. 16 .

Yudiantoro, H. (2020). Gambaran Masalah Psikososial Pada Taruna Muda Politeknik Ilmu Permasyarakatan Selama Study From Home . Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa , 431-438.

Yusuf, A., PK, R. F., & Nihayati, H. E. (2015). Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Jiwa . Jakarta Selatan : Salemba Medika.


Article Metrics

Abstract view : 518 times
PDF - 113 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.11.1.2023.155-162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.