Tingkat Stres Berhubungan dengan Burnout Orang Tua Akibat Pembelajaran Online

Tantri Widyarti Utami(1*), Bungsu Astri(2), Ni Putu Ariani(3)


(1) Poltekkes Kemenkes Bandung
(2) Poltekkes Kemenkes Bandung
(3) Poltekkes Kemenkes Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


Pandemi COVID-19  memberikan dampak terhadap  pendidikan karena penutupan sekolah  sehingga perubahan dalam  pembelajaran  langsung ke pembelajaran online. Pembelajaran online menyebabkan stres dan burnout  pada anak maupun orang tua sebagai guru ketika anak belajar dirumah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres  dengan burnout orang tua akibat pembelajaran online di masa pandemic COVID-19. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional dengan metode simple random sampling dengan jumlah sampel 100 orangtua yang memiliki anak sekolah dasar.  Kriteria inklusi adalah orangtua (ibu)  yang memiliki anak usia SD kelas I - III, menggunakan perangkat digital selama pembelajaran online dan bersedia menjadi responden.  Instrumen yang  digunakan adalah Perceived Stres Scale (PSS) dan Copenhagen Burnout Inventory (CBI) .Hasil uji validitas  PSS dan CBI menunjukkan semua pertanyaan valid dan hasil uji reliabilitas instrument PSS menunjukan reliabilitast kuat dan instrumen CBI menunjukkan reliabilitas moderat.   Analisis data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara tingkat stres dengan burnout orang tua akibat pembelajaran online (p- value= 0,002). Kesimpulan Pembelajaran online di masa pandemi COVID-19 menyebabkan meningkatnya tingkat stres dan burnout orang tua. 


Keywords


burnout; orang tua; pembelajaran online; tingkat stres

Full Text:

PDF

References


Brown, S. M., Doom, J. R., Lechuga-Peña, S., Watamura, S. E., & Koppels, T. (2020). Stres and parenting during the global COVID-19 pandemic. Child Abuse and Neglect, 110. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2020.104699

Cohen, S., Gianaros, P. J., & Manuck, S. B. (2016). A Stage Model of Stres and Disease. Perspectives on Psychological Science, 11(4). https://doi.org/10.1177/1745691616646305

Edú‐valsania, S., Laguía, A., & Moriano, J. A. (2022). Burnout: A Review of Theory and Measurement. In International Journal of Environmental Research and Public Health (Vol. 19, Issue 3). https://doi.org/10.3390/ijerph19031780

Febrianty, N., Andriane, Y., & Fitriyana, S. (2018). Hubungan tingkat pendidikan dengan pengetahuan mengenai obat tradisional. Prosiding Pendidikan Dokter, 4(1).

Fontenelle-Tereshchuk, D. (2021). ‘Homeschooling’ and the COVID-19 Crisis: The Insights of Parents on Curriculum and Remote Learning. Interchange, 52(2). https://doi.org/10.1007/s10780-021-09420-w

Hiraoka, D., & Tomoda, A. (2020). Relationship between parenting stres and school closures due to the COVID-19 pandemic. In Psychiatry and Clinical Neurosciences (Vol. 74, Issue 9). https://doi.org/10.1111/pcn.13088

Huber, S. G., Günther, P. S., Schneider, N., Helm, C., Schwander, M., Schneider, J., & Pruitt, J. (2020). COVID-19 und aktuelle Herausforderungen in Schule und Bildung. In COVID-19 und aktuelle Herausforderungen in Schule und Bildung. https://doi.org/10.31244/9783830942160

Kerr, M. L., Fanning, K. A., Huynh, T., Botto, I., & Kim, C. N. (2021). Parents’ Self-Reported Psychological Impacts of COVID-19: Associations with Parental Burnout, Child Behavior, and Income. Journal of Pediatric Psychology, 46(10). https://doi.org/10.1093/jpepsy/jsab089

Khalili, R., Sirati nir, M., Ebadi, A., Tavallai, A., & Habibi, M. (2017). Validity and reliability of the Cohen 10-item Perceived Stres Scale in patients with chronic headache: Persian version. Asian Journal of Psychiatry, 26. https://doi.org/10.1016/j.ajp.2017.01.010.

Kompas.com. (2020). Bersiap Menghadapi Puncak Pandemi Covid- 19 di Indonesia. https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/29/113034665/

Kroenke, K., Spitzer, R. L., & Williams, J. B. W. (2001). The Patient Health Questionnaire (PHQ-9) - Overview. Journal of General Internal Medicine, 16(9).

May, I., & Hoerl, L. (2022). The Impact of Distance Learning on Parental Stres During the Second COVID-19 Lockdown in Germany. Family Journal. https://doi.org/10.1177/10664807221131011

Nyanamba, J. M., Liew, J., & Li, D. (2021). Parental Burnout and Remote Learning at Home During the COVID-19 Pandemic: Parents’ Motivations for Involvement. School Psychology, 37(2). https://doi.org/10.1037/spq0000483

Pemerintah Pusat. (2014). Undang-undang (UU) No. 35 Tahun 2014 Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak (p. 66). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38723/uu-no-35-tahun-2014#:~:text=Berlaku%2C dan Mengubah. Undang-,71B diatur dengan Peraturan Pemerintah.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., Putri, R. S., & Santoso, P. B. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar | EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1).

Ratnasari, K. A. (2017). Hubungan Parenting Stres, Pengasuhan Dan Penyesuaian Dalam Keluarga Terhadap Perilaku Kekerasan Anak Dalam Rumah Tangga. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 3(1). https://doi.org/10.29241/jmk.v3i1.91

Roskam, I., Raes, M. E., & Mikolajczak, M. (2017). Exhausted parents: Development and preliminary validation of the parental burnout inventory. Frontiers in Psychology, 8(FEB). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.00163

Rudianto, Y. (2020). Faktor-Faktor Individual Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Kerja Pada Masa Pandemi COVID-19. Journal of Chemical Information and Modeling, 21(1).

Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574

Save the children. (2020). Save the Children Annual Report 2020.

Tanoto Foundation. (2021). Survei Kesiapan Sekolah Dalam Pembelajaran Tatap Muka (PTM). www.pintar.tanotofoundation.org/wp-content/uploads/2022/03/Hasil-Survei-Kesiapan-Sekolah-Dalam-Pembelajaran-Tatap-Muka-Ptm-Terbatas.pdf

Waty, R. S., Pasaribu, J. ., & Rasmada, S. (2022). Mekanisme Koping dan Tingkat Stres Ibu Rumah Tangga Terhadap Pembelajaran online (PJJ). Jurnal Keperawatan Cikini, 3(2), 53–58. https://jurnal.akperrscikini.ac.id/index.php/JKC/article/view/75

World Health Organization. (2019). Burn-out an “occupational phenomenon”: International Classification of Diseases. International Classification of Disease, May 2019.


Article Metrics

Abstract view : 247 times
PDF - 60 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.11.1.2023.163-172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.