Gaya Kepemimpinan Transaksional dan Pengawasan terhadap Kinerja Perawat melalui Perilaku Pelayanan di Rumah Sakit

Endri Mustofa(1*), Hardani Widhiastuti(2), Rusmalia Dewi(3)


(1) Universitas Semarang
(2) Universitas Semarang
(3) Universitas Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Kinerja karyawan dapat ditentukan oleh gaya kepemimpinan. Permasalahan hubungan kinerja karyawan dan pemimpin ada beberapa factor yang menjadi alasan sebab akibat yang timbul melalui proses berkomuikasi, berinteraksi dan bekerjasama. Tujuan penelitian ini adalah meneliti pengaruh gaya kepemimpinan transaksional dan pengawasan terhadap kinerja perawat melalui perilaku pelayanan di Rumah Sakit Tentara Tk. II dr. Soepraoen Malang. Pada penelitian ini terdapat tiga Variable yang diukur, yaitu gaya kepemimpinan transaksional, pengawasan, dan perilaku pelayanan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Rumah Sakit Tentara Tk. II dr. Soepraoen Malang. Instrumen yang digunakan aladah kuesioner. Uji instrument telah valid dan reliabel. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif dan analisis jalur (path analysis) serta analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian adalah gaya kepemimpinan transaksional berpengaruh langsung terhadap tinggi rendahnya perilaku pelayanan. Tidak ada pengaruh pengawasan dengan perilaku pelayanan yang diterapkan pada Rumah Sakit Tentara Tk. II dr. Soepraoen Malang. Ada pengaruh gaya kepemimpinan transaksional secara langsung terhadap kinerja perawat. Ada pengaruh pengawasan secara langsung terhadap kinerja perawat serta ada pengaruh perilaku pelayanan secara langsung terhadap kinerja perawat. Kesimpulan gaya kepemimpinan transaksional yang diterapkan akan lebih berhasil meningkatkan kinerja perawat apabila diikuti dengan peningkatan perilaku pelayanan, baik dari dimensi-dimensi maupun factor-faktor yang dapat mempengaruhi kinerja perawat yang ada di Rumah Sakit Tentara Tk. II dr. Soepraoen Malang.


Keywords


gaya kepemimpinan transaksional; kinerja perawat; pengawasan; perilaku pelayanan; rumah sakit

Full Text:

PDF

References


Agustin, T. (2016). Pengaruh penilaian kinerja terhadap kinerja pegawai melalui pengembangan karir pegawai pada pt. Bang pembangunan daerah kalimantan barat cabang sekadau. jurnal.untan.ac.id. Universitas Tanjungpura.

Almubaroq, M. F., & Yunianto, R. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Kinerja Karyawan melalui Konflik Kerja pada Badan Pertanahan Nasional ( BPN ) Kabupaten Malang. Universitas Brawijaya.

Aulia, R., & Sasmita, J. (2014). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Kepuasan Kerja Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Perawat Rawat Inap Di RSUD Kabupaten Siak. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, VI(2), 63–72.

Azizah, N., Martini, N., & Hersona, S. (2022). Pengaruh Kompetensi , Motivasi dan Beban Kerja terhadap Kinerja Perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Karawang. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(2), 514–528. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2402

BLU. (2018). Rumah Sakit TNI AD Tingkat II dr. Soepraoen Malang. Retrieved February 18, 2023, from https://blu-djpb.kemenkeu.go.id/index.php?r=publication/blu/view&id=219

Dalimunthe, H. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Usaha Pembungkusan Garam. JKBM Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 54–62.

Damanik, M. (2021). Artikel Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Dan Remunerasi Terhadap Budaya Kerja Dan Peningkatan Kinerja Pegawai Di Lingkungandirektorat Jenderal Pajak KPP Pratama Pematang Siantar. JMPIS Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(November 2020), 194–212. https://doi.org/https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1

Dirham. (2019). Gaya kepemimpinan yang efektif. DINAMIS- Journal of Islamic Management and Bussines, 2(1), 1–8.

Ermawan, D. (2017). Pengaruh Globalisasi terhadap Eksistensi Daerah di Kebudayaan Indonesia Meningkatkan Peran Pemimpin Visioner untuk Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik ( Good Governance ) Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Berbasis Iptek dalam Mewujudkan Ketahanan. Jurnal Kajian Lemhannas RI, 32.

Fitriyanti, S. (2015). Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Phlebitis Di Rumah Sakit Bhayangkara TK II. H.S. SAMSOERI MERTOJOSO SURABAYA. Jurnal Berkala Epidemiologi, 3(2), 217–229.

Ismail, Kessi, A. M. F., Tajuddin, I., & Abbas, M. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 6(1), 233–246.

Lestari, S. R. (2016). Analisis Proses Manajemen Sumber Daya Manusia Di Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Rumah Sakit Islam Faisal Makassar Tahun 2016. repositori.uin-alauddin.ac.id. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR. Retrieved from http://repositori.uin-alauddin.ac.id/9865/1/SINCE REZEKI LESTARI.pdf

Loah, J. M., & Magari, L. (2015). Kinerja Perawat Dalam Melaksanakan Perawatan Pada Pasien Kardiovaskuler Di Cardio Vaskuler And Brain Center (CVBC) RSUP. Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. JUIPERDO, 4(1), 7–12. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/92760-ID-kinerja-perawat-dalam-melaksanakan-peraw.pdf

Najib, K., Nugroho, H. A., Sholihin, M., Fathonah, R., Administrasi, A. M., & Gunungkidul, K. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Saptosari Gunungkidul Yogyakarta. Jurnal MANISE “Manajemen, Bisnis, Dan Ekonomi,” 1(1), 35–44.

Napitu, J. (2016). Hubungan Kinerja Perawat Dengan Penerapan Proses Keperawatan Di Rumah Sakit. Retrieved February 20, 2023.

Putri, E. M. I. (2020). Sistem Penilaian Kinerja Perawat Pelaksana Berbasis Caring. (W. Kurniawan, Ed.) (Pertama). urwokerto Selatan, Kab. Banyumas Jawa Tengah: CV. Pena Persada.

SULFAH, F. (2021). Pengaruh Pengawasan terhadap Kinerja Tenaga Kesehatan di Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau. Universitas Islam Riau Pekanbaru.

Syari, D. W. S., & Laily, N. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Dan Kepemimpinan Situasional Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Garam (PERSERO) Indonesia. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 7(11), 1–21.

Wijoyo, H., Sunarsi, D., Indrawan, I., & Cahyono, Y. (2020). Manajemen Pemasaran Di Era Globalisasi.

Wisobroto, S., & Prihatsanti, U. (2017). Hubungan Antara Kepemimpinan Transformasional dengan Keterikatan Kerja pada Perawat Rawat Inap Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Jurnal Empati, 6(1), 379–384.


Article Metrics

Abstract view : 636 times
PDF - 151 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.11.1.2023.145-154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.