Kecemasan Siswa SMA terhadap Perubahan Seleksi SBMPTN menjadi SNBT Tahun 2023
(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Seleksi masuk perguruan tinggi negeri adalah hal yang penting dilakukan untuk menyeleksi siswa SMA yang akan meneruskan ke perguruan tinggi negeri (PTN), salah satunya adalah seleksi SBMPTN. Tahun 2023, Kemendikbudristek mulai memberlakukan perubahan khususnya pada seleksi SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) menjadi SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes). Peserta SNBT tahun 2023 wajib mengikuti UTBK terlebih dahulu seperti tahun-tahun sebelumnya namun untuk materi tesnya, UTBK 2023 terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS), tes literasi, dan dihapuskannya tes untuk mata pelajaran. Fakta tersebut dapat menimbulkan kecemasan pada siswa SMA yang disebabkan oleh perubahan situasi dalam hidupnya. Siswa bukan hanya sekedar mempersiapakan diri semaksimal mungkin, namun diharapkan mampu beradaptasi dengan perubahan tersebut. Siswa harus melakukan ujian yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Penelitian bertujuan untuk melihat gambaran kecemasan siswa SMA terhadap perubahan seleksi SBMPTN menjadi SNBT tahun 2023. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner ZSAS sebanyak 20 pernyataan dengan hasil uji validitas di rentang 0,397-0,794 dan uji reliabilitas 0,906. Hasil penelitian didapatkan tingkat kecemasan ringan 92,9 % dan kecemasan sedang 7,1 %. Dapat disimpulkan bahwa perubahan tersebut dapat menimbulkan kecemasan pada siswa SMA khususnya kecemasan ringan dan sedang karena suatu perubahan menjadi pemicu timbulnya kecemasan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angkat, A. S., & Indriana, Y. (2018). Hubungan Penerimaan Diri Dengan Adversity Intelligence Dalam Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (Unbk)Pada Siswa Kelas Xi Sma Mardisiswa Semarang. Jurnal EMPATI, 7(2), 392. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21712
Azrai, E. P., Evriyani, D., & Prastya, A. R. (2016). Hubungan Tingkat Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Tes Dengan Tingkat Motivasi Belajar Biologi Pada Siswa Kelas X Mia Sma Negeri 21 Jakarta. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 50. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-1.8
Candra, I. W., Harini, I. G. A., & Sumirta, I. N. (2017). Psikologi Landasan Keilmuan Praktik Keperawatan Jiwa. In I. W. Mustika (Ed.), Cv. Andi Offset. Penerbit ANDI.
Disnawati, H., Deda, Y. N., O.Haning, F., & Pallo, M. (2022). PKM Bimbingan Menyelesaikan Soal Tes Potensi Skolastik (TPS) dalam Mempersiapkan Siswa Mengikuti UTBK- SBMPTN. Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara (JMMN), 1(3), 16.
Febriyanti, E. dan, & Mellu, A. (2020). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Keperawatan Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Di Kota Kupang. NURSING UPDATE : Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan, 11(3), 4. https://stikes-nhm.e-journal.id/NU/index
Istiqomah, M., & Saraswati, S. (2020). Peran Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Tentang Kelompok Kelas Ipa-Ips Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling, 1(02), 79–87. https://doi.org/10.36728/cijgc.v1i02.1186
Jendra, A. F., & Sugiyo, S. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kecemasan Presentasi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Wuryantoro. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 4(1), 138–159. https://doi.org/10.21043/konseling.v4i1.5992
Johansson, F., Côté, P., Hogg-Johnson, S., Rudman, A., Holm, L. w., Grotle, M., Jensen, I., Sundberg, T., Edlund, klara, & Skillgate, E. (2021). Depression, anxiety and stress among Swedish university students before and during six months of the COVID-19 pandemic: A cohort study. Scandinavian Journal of Public Health, 49(7), 741–749. https://doi.org/10.1177/14034948211015814
Karmila. (2021). Gambaran Tingkat Kecemasan Pada Siswi SMP IT Wahdah Islamiyah Kota Makassar Selama Pembelajaran Jarak Jauh Pada Saat Pandemi Covid-19 [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/64258
Kemdikbud. (2022). Sukseskan SNPMB 2023, Kemendikbudristek Gencar Sosialisasikan Mekanismenya ke Berbagai Daerah. Kemdikbud.Go.Id. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/12/sukseskan-snpmb-2023-kemendikbudristek-gencar-sosialisasikan-mekanismenya-ke-berbagai-daerah
Lauditta, A. E., & Ariana, A. D. (2021). Hubungan antara Efikasi diri dengan Kecemasan dalam menghadapi Ujian SBMPTN pada Siswa SMA. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(2), 1246–1252. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i2.29053
Lindasari, S. W., Nuryani, R., & Sopiah, P. (2020). Hubungan Kecemasan Dengan Pencapaian Target Kompetensi Praktek Klinik Keperawatan Dasar Mahasiswa Prodi Keperawatan UPI Kampus Sumedang. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(1), 137. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i1.863
LTMPT. (n.d.). Top 1000 Sekolah Tahun 2022 Berdasarkan Nilai UTBK. Ltmpt.Ac.Id. Retrieved February 7, 2023, from https://top-1000-sekolah.ltmpt.ac.id/?sort=nilai_akhir
Mattila, E., Peltokoski, J., Neva, M. H., Kaunonen, M., Helminen, M., & Parkkila, A. K. (2021). COVID-19: anxiety among hospital staff and associated factors. Annals of Medicine, 53(1), 237–246. https://doi.org/10.1080/07853890.2020.1862905
Mukminina, M., & Abidin, Z. (2020). Kecemasan siswa SMA dalam menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Tahun 2019. Jurnal Humaniora, 5(3), 112. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/SH/article/view/384
Nurrossanti, I. (2021). Hubungan Tingkat Percaya Diri Dengan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Fresh Graduate Profesi Ners Di STIKES Medistra Indonesia Dalam Menghadapi Dunia Kerja Pada Masa Pandemi Covid-19 [Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Medistra Indonesia]. http://e-repository.stikesmedistra-indonesia.ac.id/xmlui/handle/123456789/127
Pamungkas, Y. T. N. (2021). Hubungan Harga Diri Dengan Schadenfreude Pada Mahasiswa [Universitas Mercu Buana Yogyakarta]. http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/13066/
Park, G., Marsh, B. U., & Johnson, E. J. (2019). Enhanced memory for fair-related faces and the role of trait anxiety. Frontiers in Psychology, 10(MAR), 1–9. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.00760
Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2016). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas Ix Di Mts Al Hikmah Brebes. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 13, 51–52. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-04
Putri, D. M. B. S., Adiputra, L. M. I. S. H., Tirtayasa, K., & Juhanna, I. V. (2022). Gambaran tingkat kecemasan dalam menghadapi UTBK SBMPTN pada calon mahasiswa baru angkatan 2020/2021 di Denpasar. Intisari Sains Medis, 13(3), 575–583. https://doi.org/10.15562/ism.v13i3.1506
Raharjayanti, Y. (2019). Dukungan Sosial Keluarga dan Self Efficacy Siswa SMP dalam Menghadapi Ujian Nasional. Jurnal PROMKES, 7(2), 134–135. https://doi.org/10.20473/jpk.v7.i2.2019.133-143
Rahmayati, E., Silaban, R. N., & Fatonah, S. (2018). Pengaruh Dukungan Spritual terhadap Tingkat Kecemasan pada Pasien Pre-Operasi. Jurnal Kesehatan, 9(1), 139. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1273998&val=15593&title=HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN PADA SISWA KELAS IX DI MTS AL HIKMAH BREBES
Retnaningsih, D. (2021). Keperawatan Paliatif (Istiana (ed.)). PT. Nasya Expanding Management. https://www.google.co.id/books/edition/KEPERAWATAN_PALIATIF/5GxXEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1
Revilla, L. (2009). Kecemasan Menghadapi Tes Dan Dampak Terhadap Aktivitas Belajar. 9(2), 609–610. http://journal.uinsi.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/view/287/233
Sari, N. Y. (2021). Terapi Kognitif Perilaku dan Terapi Psikoedukasi Keluarga untuk Remaja. Penerbit NEM. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=5umfEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=pengaruh+musik+dalam+pengobatan+kecemasan+remaja&ots=ZwG-uvxGfE&sig=fdcckMutrZPMshnFAY3Yk-SrNTc
Seçken, N., & Seyhan, H. G. (2015). An Analysis of High School Students’ Academic Achievement and Anxiety over Graphical Chemistry Problems about the Rate of Reaction: The Case of Sivas Province. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 347–354. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.671
SNPMB. (n.d.). Website Resmi SNPMB. Snpmb.Bpp.Kemdikbud.Go.Id. Retrieved February 9, 2023, from https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/?mid=3
Stuart, G. W. (2021). Prinsip dan Praktik Keperawatan Kesehatan Jiwa Stuart (B. Keliat & J. Pasaribu (eds.); 2nd ed.). Elsevier Health Sciences. https://www.google.co.id/books/edition/Prinsip_dan_Praktik_Keperawatan_Kesehata/WamJEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=keperawatan+stuart&pg=PT1170&printsec=frontcover
Sudaryat, G. G., Nuripah, G., & Alie, I. R. (2020). Gambaran Tingkat Kecemasan Siswa SMA Negeri 12 Bandung sebelum Menghadapi Ujian SBMPTN Tahun Ajaran 2018-2019. Prosiding Pendidikan Dokter, 0(0), 123–126. https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/dokter/article/view/20420
Tripriantini, S. I., Oktavia, N., & Emaliyawati, E. (2019). Gambaran Tingkat Kecemasan Siswa Sma Korban Cyberbullying di SMA Negeri 27 Kota Bandung. Jurnal Keperawatan BSI, 7(2), 14.
Wang, L., Yeerjiang, Y., Gao, H. F., Pei, J. F., Zhang, R. X., & Xu, W. H. (2022). Self-reported anxiety level and related factors in senior high school students in China during the outbreak of coronavirus disease 2019. Journal of Affective Disorders, 301(January), 260–267. https://doi.org/10.1016/j.jad.2022.01.056
Wulandari, S. (2022). Aturan Baru Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2023. Diskominfo.Kaltimprov.Go.Id. https://diskominfo.kaltimprov.go.id/pendidikan/aturan-baru-seleksi-nasional-masuk-perguruan-tinggi-negeri-2023
Zobairy, M., Aliabadi, S., & Zobayri, L. (2013). Investigation of the Relationship between Anxiety and Type of Leisure Time Activity in Female High School Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 84(2001), 248–251. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.06.544
Article Metrics
Abstract view : 1553 timesPDF - 379 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.11.2.2023.305-314
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang
Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.