Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kecanduan Game pada Siswa-siswa Sekolah Menengah Pertama

Henry Wiyono(1*), Yuni Elia Kartika(2), Ayu Puspita(3)


(1) STIKes Eka Harap Palangka Raya
(2) STIKes Eka Harap Palangka Raya
(3) STIKes Eka Harap Palangka Raya
(*) Corresponding Author

Abstract


Jenis game online yang banyak dan menarik saat ini membuat para pemainnya kecanduan.  Kecanduan game online di kalangan pelajar di Indonesia merupakan fenomena baru, namun belum dianggap sebagai masalah yang serius, jumlahnya semakin meningkat. Hal ini dapat berdampak pada kesehatan fisik dan psikologi. Beberapa faktor yang memotivasi seseorang untuk bermain game online antara lain Relationship , Manipulation , Immersion, Escapism, dan Achievement. Menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kecanduan game online pada pelajar di SMP Negeri 8 Palangka Raya. Desain penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kecanduan game online di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Palangka Raya  dengan jumlah sampel sebanyak 71 responden dengan teknik purposive sampling dan diuji dengan teknik statistik  spearman rho. Tahap pengumpulan data diawali dengan tahap penyebaran kuesioner kepada siswa SMP tentang faktor-faktor yang berhubungan dengan kecanduan game yang terdiri dari lima aspek kemudian data yang telah diperoleh ditabulasikan untuk dianalisis dengan menggunakan uji statistik. menunjukkan penelitian  dari 71 responden dengan menggunakan uji spearman rho didapatkan faktor Relationship dengan hasil p value< 0,001,  faktor Manipulation dengan hasil p value< 0,016, faktor  Immersion dengan hasil  p value< 0,001, Faktor Escapism dengan hasil p value< 0,001, dan faktor Achievement dengan hasil p value< 0,004. adanya hubungan signifikan antara faktor-faktor kecanduan game online pada peajar  di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Palangka Raya.


Keywords


game online; kecanduan; pelajar

Full Text:

PDF

References


Chamarro, A., Oberst , U., Cladella, R., & Fuste, H. (2020). Effect of the frustration of psychological needs on addictive behaviors in mobile video gamers the mediating role of use expectancies and time spent gaming. Int J Environ Res Public Health., https://doi.org/10.3390/ijerph17176429 PMid:32899364.

Kuss, & Griffiths. (2009). Diagnosis and managemen of video games addiction. United Kingdom : Notthingham Trent University.

American, P. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: DSM-5 (5. ed). New York : American Psychiatric Publ.

Angela. (2013). Pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa sdn 015 kelurahan sidomulyo kecamatan samarinda ilir. eJournal Ilmu Komunikas, 532-544.

Choirul, H. (2019). Hubungan Kecanduan Game Online Mobile Jegend Terhadap Interaksi Sosial Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Maulana Maliki Ibrahim Malang. Repository Psikologi UIN Maulana Maliki Ibramim, 95-98.

D, C., R, H., & C, O. (2020). Addiction psychiatry and COVID-19: impact on patients. Irish Journal of Psychological Medicine, 164-168.

Edrizal. (2018). Pengaruh Kecanduan Siswa Terhadap Game Online (Studi Tentang Kebiasaan Siswa Bermain Online Di Smp N 3 Teluk Kuantan. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1001-1008.

Han , H., Jeong, H., Jo, S., Son, H., & Yim, H. (2020). Relationship between the experience of online game genre and high risk of Internet gaming disorder in Korean adolescents. Epidemiol Health, doi: 10.4178/epih.e2020016.

Hidayat , A. A. (2017). tode penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.

Jaya , E. S. (2018, Juli 14). WHO Tetapkan Kecanduan Game Sebagai Gangguan Mental, Bagaimana “Gamer” Indonesia Bisa Sembuh?”. Dipetik April 05, 2023, dari https://theconversation.com/who-tetapkan-kecanduan-game-sebagai-gangguan-mental-bagaimana-gamer-indonesia-bisa-sembuh-99029: https://theconversation.com

Kumcağız, H. (2019). Examination of Turkish university students’ internet addiction in relation to their parental attachment styles and sociodemographics. Sage Journal , https://doi.org/10.1177/2158244019845946.

Kuss, D. J. (2013). Internet gaming addiction: Current perspectives. Psychology Research and Behavior Management, 6, 125–137.

Lestari , M. A. (2018). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Perilaku Agresif Pada Remaja . Jombang: Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika .

Lin, I., Ko, C., Chang, Y., Liu, T., Wang, P., Lin , H., et al. (2014). The association between suicidality and Internet addiction and activities in Taiwanese adolescent. Comprehensive Psychiatry, https://doi.org/10.1016/j.comppsych.2013.11.012.

Loanna , M., S, E. D., Georgianna, D., Loannis, T., & Mikes , G. (2020). The Impact of Internet and Videogaming Addiction on Adolescent Vision: A Review of the Literature. Frontiers in Public Health, https://doi.org/10.3389.

Mak , K. K., C, M., Watanabe, H., Kim , D., Bahar, N., Ramos, M., et al. (2014). Epidemiology of Internet Behaviors and Addiction Among Adolescents in Six Asian Countries. Cyberpsychology, Behavior, and Social Among Adolescents in Six Asian Countries. PSYCHOLOGY, BEHAVIOR, AND SOCIAL N ETWORKING, 720-728.

Marlaokta, & Rika , M. (2019). Dampak Internet Gaming Disorder Terhadap Status Kognitif dan Perilaku Psikopatologiis. Jurnal Keperawatan Jiwa Volume 7 No 3, 333-336.

Md, A. S., Md Shabbir , R. R., Abrar , A. H., & Md , M. H. (2021). Prevalence and underlying factors of mobile game addiction among university students in Bangladesh. Global Mental Health8, 1–10.https://doi.org/10.1017/gmh.2021.34.

Mulyani , R. D. (2018). Hubungan antara depresi dan kecanduan online game pada mahasiswa di Yogyakarta. Yogyakarta: Repository Universitas Islam Indonesia .

Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Pendekatan Praktis Ed 4 . Jakarta Selatan : Salemba Medika.

Purwaningsih, E., & Nurmala, I. (2021). The Impact of Online Game Addiction on Adolescent Mental Health: A Systematic Review and Meta-analysi. Open Acces Macedonia Journal pf Medical Sciences, 260-274.

Rahmi, P. R., Indri, K. N., & Rahma, Y. (2021). Kecenderungan Kecanduan Game Online pada Remaja selama masa Pandemi COVID-19. Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia.

Ratnawati, D., & R, P. H. (2020). Hubungan Perilaku Bermain Game Online Dengan Carpal Tunnel Syndrome. Indonesian Journal of Health Development, https://doi.org/10.52021/ijhd.v2i1.34 .

Sheshadri, C., Ranjan, C., Alkis, T., & Demetris, V. (2022). Social network games (SNGs) addiction: Psychological dimensions and impacts on life quality and society. echnological Forecasting and Social Change, https://doi.org/10.1016/j.techfore.2022.121529.

Stockdale, L., & Sarah, M. C. (2018). Video game addiction in emerging adulthood: Cross-sectional evidence of pathology in video game addicts as compared to matched healthy controls. Journal of Affective Disorders, 265-272.

Vollmer, C., Randler, C., Horzum, M., & Ayas, T. (2014). Computer game addiction in adolescents and its relationship to chronotype and personality. Sage Journal , https://doi.org/10.1177/2158244013518054.

Yee, N. (2007). Motivations Of Play In Online Games. Journal Of Cyberpsychology And Behavior , 772-755.


Article Metrics

Abstract view : 119 times
PDF - 430 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.11.2.2023.491-502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.