Tipe Kepribadian Berhubungan dengan Kejadian Bullying pada Remaja

Fazriani Safitri(1*), Paul Joae Brett Nito(2), Dini Rahmayani(3)


(1) Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia
(2) Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia
(3) Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia
(*) Corresponding Author

Abstract


Bullying merupakan tindakan negatif yang berdampak pada aspek emosional. Bullying dapat terjadi pada anak dan remaja yang berupa tindakan kekerasan di sekolah. Dampak negatif bullying dapat terjadi baik pada pelaku maupun korban yaitu akan mengalami masalah gangguan kesehatan mental hal ini menyebabkan terjadinya pengaruh pada tipe kepribadian seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tipe kepribadian terhadap kejadian bullying pada remaja di SMA “X” Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan desain analisis  chi-square. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling, jumlah keseluruhan sampel dalam penelitian ini sebanyak 82 responden. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara tipe kepribadian dan bullying p-value = 0.000. Simpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa tipe kepribadian berhubungan dengan kejadian bullying pada remaja di SMA “X” Banjarmasin.


Keywords


bullying; kejadian bullying; tipe kepribadian

Full Text:

PDF

References


Agisyaputri, E., Nadhirah, N. A., & Saripah, I. (2023). Identifikasi Fenomena Perilaku bullying Pada Remaja. JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 3(1), 19–30.

Amelia, N. P., Suryani, & Hendrawati, S. (2022). Perilaku Bullying dan Dampaknya yang Dialami Remaja. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 5(2), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.32584/jika.v5i1

Artyarini, Oktapiani, E., & Fatimah, S. (2018). Penerapan Teknik Role Playing Dalam Mengurangi Perilaku Bullying Pada Peserta Didik Mts. Fokus, 1(3).

Azizah, Y. N. (2016). Perbedaan Antara Tipe Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Bachri, Y., Putri, M., Sari, Y. P., & Ningsih, R. (2021). Pencegahan Perilaku bullying Pada Remaja. Jurnal Salingka Abdimas, 1(1), 30–36. https://doi.org/https://doi.org/10.31869/jsam.v1i1.2823

Diananda, A. (2018). Psikologi Remaja dan Permasalahannya. ISTIGHNA, 1(1), 116–133. Retrieved from http://e-journal.stit-islamic-village.ac.id/index.php/istighna

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/02017182

Jannatung, A. M. I. (2018). Faktor - Faktor Penyebab Terjadinya Perilaku Bullying Di Sman 2 Barru. Universitas Hasanuddin Makassar.

Kadek, N., Damayanti, I., & Krismayani, N. W. (2021). The Correlation Between Extrovert And Introvert Personality Toward Speaking Ability Of The Eighth Grade Students In Smpn 7 Mengwi In Academic YEAR 2020 / 2021. Academic Journal on English Studies, 1(1), 21–26.

Manto, O. A. D., Nito, P. J. B., & Wulandari, D. (2020). Kejadian Bullying pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Banjarmasin Timur. Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 11(2), 473–481. https://doi.org/10.33859/dksm.v11i2.629

Muthmainah, D. A. (2017). Semakin Banyak yang Melaporkan Kasus “Bullying.” Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170722163858-277-229641/semakin-banyak-yang-melaporkan-kasus-bullying

Ningsih, R. M., & Awalludin, S. A. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(03), 2756–2767.

Pertiwi, C. (2019). Kecenderungan Perilaku Bullying Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Big Five Pendahuluan Remaja ( adolescence ) adalah individu yang sedang berada kehidupannya . Fokus dari hubungan teman sebaya untuk disukai oleh terkhususnya di sekolah tempat mereka belajar. Anfusina: Journal Of Psychology, 2(1), 79–90. https://doi.org/DOI://dx.doi.org/10.24042/ajp.v2i1.4148

Rahayu, A. (2017). Buku Ajar Kesehatan Reproduksi Remaja dan Lansia (I). Surabaya: Airlangga University Press.

Rahayu, B. A., Maria, D. Y., & Yulina, R. (2020). Journal of Nursing Invention, 1(2), 91–98.

Rumra, N. S., & Rahayu, B. A. (2021). Perilaku cyberbullying remaja. Jurnal Ilmiah Kesehatan Jiwa, 3(1), 41–52.

Saputro, K. Z. (2018). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 25. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v17i1.1362

Suminta, R. R. (2016). Hubungan Antara Tipe Kepribadian Dengan Orientasi Religiusitas. Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan, 4(2), 214–227. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/fikrah.v4i2.1884

Sutono, Widayanti, T., & Rahayu, B. A. (2020). Perancangan Sistem Informasi dan Sarana Pelaporan Kasus Bullying Berbasis Web Menggunakan Teknologi Pemograman PHP dengan Framework Laravel. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 10(2), 44–48. https://doi.org/10.47701/infokes.v10i2.1032

Utomo, B., & Andhang. (2013). Perbedaan Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert didalam Frekuensi Terkena Bullying (Studi Kepada Siswa SMA Negeri 3 Salatiga). UKSW. Retrieved from http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3553

Yulia, P., & Dewi, A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar, 1(1), 39–48.


Article Metrics

Abstract view : 422 times
PDF - 55 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.11.3.2023.555-564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.