Tindakan Bullying Berhubungan dengan Self Esteem pada Remaja SMA

Leny Priyanti(1*), Paul Joae Brett Nito(2), Malisa Ariani(3)


(1) Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia
(2) Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia
(3) Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia
(*) Corresponding Author

Abstract


Bullying dipandang sebagai tindakan kriminal atau ketidakberdayaan. Dimana adanya perilaku yang negatif yang sering kali dilakukan dengan sengaja dan adanya ketidakseimbangan kekuatan diantara pelaku dan korban. Adanya bullying memberikan dampak pada kecemasan, depresi, serta rendahnya self esteem. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan tindakan bullying dengan self esteem pada remaja di SMA Negeri Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain analitik korelasi menggunakan chi-square. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling didapatkan sebanyak 82 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan mayoritas responden pernah menjadi pelaku maupun korban bullying. Mayoritas responden masuk kategori self esteem tinggi adanya hubungan yang sigtinifikan antara bullying dengan self esteem  p-value 0,000. Simpulan pada penelitian menunjukkan bahwa tindakan bullying mempengaruhi self esteem seseorang dikarenakan prilaku bullying dapat menyakiti orang lain dan diulangi terus menerus sehingga berdampak pada self esteem.


Keywords


bullying; dampak bullying; self esteem

Full Text:

PDF

References


Balitbangkes. (2021). Treatment of child wasting: results of a child health and nutrition research initiative (CHNRI) prioritisation exercise. F1000Research. https://doi.org/10.12688/f1000research.46544.1

Bulu, Y., Maemunah, N., & Sulasmini. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Bullying pada Remaja Awal. Nursing News, 4(1), 54–66.

Faizah, F., & Amna, Z. (2017). bullying dan kesehatan mental pada remaja SMA di Banda Aceh. Maret, 3(1), 77.

Hairarrotur Rochma. (2017). PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KETERAMPILAN PENCEGAHAN BULLYING UNTUK THE DEVELOPMENT OF A BULLYING PREVENTION SKILLS HANDBOOK FOR SENIOR HIGH Haidarrotur Rochma Bimbingan dan Konseling , Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Surabaya Wiryo Nuryono , S. Jurnal BK Unesa, 7, 32–39.

Jufri, F., & Karneli, Y. (2021). Konstribusi self esteem terhadap perilaku bullying siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 62. https://doi.org/10.29210/3003750000

Meldrum, R. C., Patchin, J. W., Young, J. T. N., & Hinduja, S. (2022). Bullying Victimization, Negative Emotions, and Digital Self-Harm: Testing a Theoretical Model of Indirect Effects. Deviant Behavior, 43(3), 303–321. https://doi.org/10.1080/01639625.2020.1833380

Mufidah, F. H., & Sari, W. P. (2020). Strategi Humas KPAI dalam Melaksanakan Tugas Pengawasan pada Kasus Bullying Terhadap Guru, Januari-April, 2019. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 50–69.

Nurhidayah, I., Aryanti, K. N., Suhendar, I., Lukman, M., & Keperawatan, F. (2021). Hubungan Tekanan Teman Sebaya dengan Perilaku Bullying Pada Anak Usia Remaja Awal. Jnc, 4(3), 175–183.

Rahayu, B. A., & Permana, I. (2019). Bullying di Sekolah : Kurangnya Empati Pelaku Bullying dan Pencegahan. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 237. https://doi.org/10.26714/jkj.7.3.2019.237-246

Saniya, S. (2019). Dampak Perilaku Bullying Terhadap Harga Diri (Self Esteem) Remaja Di Pekanbaru. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 3(1), 8–16. https://doi.org/10.36341/jka.v3i1.767

Sartana, & Afriyeni, N. (2017). Perilaku Perundung Maya(Cyberbulling) Pada Remaja Awal. Journal Psikologis Insight, 1(1), 25–39.


Article Metrics

Abstract view : 785 times
PDF - 390 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.11.3.2023.545-554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.