Hubungan Tindakan Bullying dengan Kepercayaan Diri pada Remaja di SMA “X” Banjarmasin

Nor Hadijah(1*), Paul Joae Brett Nito(2), Malisa Ariani(3)


(1) Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia
(2) Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia
(3) Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia
(*) Corresponding Author

Abstract


Semakin meningkatnya kejadian bullying pada remaja semakin meresahkan dunia pendidikan. Kasus bullying menimbulkan dampak negatif secara psikis pada pelaku dan korban. Masalah psikis yang dapat muncul pada pelaku yaitu rasa percaya diri yang tinggi dengan harga diri yang tinggi. Sedangkan pada korban dapat menyebabkan pengasingan diri dari lingkungan dan kepercayaan diri menurun. Pada penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan tindakan bullying dengan kepercayaan diri pada remaja di SMA “ X ” Banjarmasin. Penelitian kuantitatif ini menggunakan desain analitik korelasi. Menggunakan stratified random sampling dalam penentuan sampel didapatkan sebanyak 82 responden. Analisis data menggunakan uji Chi-Square. Instrument pengambilan data menggunakan kuesioner. Hasil yang didapat dalam penelitian ini yaitu mayoritas responden adalah sebagai pelaku bullying sebanyak 41 orang (56,1%) dan minoritas sebagai korban bullying sebanyak 41 orang (50,0%). Mayoritas remaja sebagai pelaku bullying memiliki kepercayaan diri tinggi sebanyak 41  orang (50,0%) dari 46 orang (56,1 %) dan mayoritas remaja sebagai korban bullying memiliki kepercayaan diri rendah sebanyak 36 orang (43,9%) dari 41 orang (50,0%). Hubungan antara tindakan bullying dengan kepercayaan diri (p=value=0.000<0.05). Simpulan dalam penelitian ini yaitu mayoritas pelaku bullying memiliki kepercayaan diri yang tinggi sedangkan korban bullying mayoritas memiliki kepercayaan diri yang rendah. Dari hasil analisa dinyatakan terdapat hubungan tindakan bullying dengan kepercayaan diri remaja.


Keywords


bullying; dampak bullying; kepercayaan diri; remaja

Full Text:

PDF

References


Arifin, W. H. N. (2019). Pengaruh Akses Media Televisi Terhadap Perilaku Bullying Siswa Sekolah Dasar Di SD Negeri Kutoharjo 1 Kecamatan Pati. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrieved from https://eprints.ums.ac.id/78705/1/NASKAH PUBLIKASI.pdf

Busyra, N. Z., & Pulungan, W. (2018). Penerapan Konseling Direktif untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Korban Bullying di SDN Kenari Jakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 100–109.

Ernawati, T., Widyawati, A., & Setyawan, D. N. (2021). Bullying dan Deteksinya Melalui Metode Games Di SMP N 5 Banguntapan, 260–266.

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/02017182

Hermawan, S. A., Kusumawardani, T., Putra, I. M., Alika, K., Rosyid, M. Z., & Elvenna, N. E. (2021). Perilaku Bullying Dan Dampak Pada Korban. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta.

Journal, J. N., Ilham, R., Hunawa, R. D., & Hunta, F. I. (2021). Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Negeri Gorontalo E-mail:, 3(1), 39–48.

Junita, Mamesah, M., & Hidayat, D. R. (2020). Kondisi Emosi Pelaku Bullying (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII di SMP DIPONEGORO 1 Jakarta). Journal UNJ, 57–63.

KPAI. (2020). Sejumlah Kasus Bullying Sudah Warnai Catatan Masalah Anak di Awal 2020, Begini Kata Komisioner KPAI. Retrieved June 16, 2023, from https://www.kpai.go.id/publikasi/sejumlah-kasus-bullying-sudah-warnai-catatan-masalah-anak-di-awal-2020-begini-kata-komisioner-kpai

Manto, O. A. D., Nito, P. J. B., & Wulandari, D. (2020). Kejadian Bullying pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Banjarmasin Timur. Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 11(2), 473–481. https://doi.org/10.33859/dksm.v11i2.629

Munawarah, & Diana, R. R. (2022). Dampak Bullying Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (Studi Kasus) Di Raudhatul Athfal Mawar Gayo. Journal Ar-Raniry.Ac.Id, 15–32.

Nurhidayah, I., Aryanti, K. N., Suhendar, I., & Lukman, M. (2021). Hubungan Tekanan Teman Sebaya dengan Perilaku Bullying Pada Anak Usia Remaja Awal. JNC, 4(3), 175–183.

Pendidikan, J. (2020). Cakrawala, 14(1).

Rahayu, B. A., & Permana, I. (2019). Bullying di Sekolah : Kurangnya Empati Pelaku Bullying dan Pencegahan. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 237. https://doi.org/10.26714/jkj.7.3.2019.237-246

Rahmawati, W., & Sodik, M. A. (2021). Pengalaman Terjadinya Bullying yang Berdampak Pada Kesehatan Mental. Strada Indonesia, 73.

Rayani, D., & Raharja, J. T. (2017). Hubungan Perilaku Bullying Di Media Sosial Dengan Sikap Percaya Diri Siswa Kelas X Di Smkn 4 Mataram. Journal Realita, 2(2), 345–349.

SARI, E. P. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Program Ipa Di Sma Negeri 1 Cerme Gresik. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 6(3), 79–87.

Setiowati, A., & Dwiningrum, S. I. A. (2020). Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Untuk Mengatasi Perilaku Bullying. Elementary School, 7(2), 188–196.

Situmorang, D. D. B., Darmayanti, K. K. H., & Ns, H. R. H. (2020). Efektivitas Videography dengan Menggunakan Powtoon untuk, 2(2), 148–162.

Suhendar, R. D. (2020). Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Bullying Siswa Di Smk Triguna Utama Ciputat Tangerang Selatan. EMPATI: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 8(2), 177–184. https://doi.org/10.15408/empati.v8i2.14684

Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 2–6. https://doi.org/10.29210/3003205000

Ulfatun, T., Santosa, W. P., Presganachya, F., & Zsa-Zsadilla, C. A. (2021). Edukasi Anti Bullying Bagi Guru Dan Siswa Smp Muhammadiyah Butuh Purworejo. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 165. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4260

Unicef. (2020). Perundungan di indonesia: Fakta-fakta Kunci, Solusi, dan Rekomendasi. Retrieved from https://www.unicef.org/indonesia/media/5691/file/Fact Sheet Perkawinan Anak di Indonesia.pdf

Yuliani, N. (n.d.). Fenomena kasus bullying di sekolah.

Zahra, S. L., & Hayati, M. (2022). Kondisi Self Awareness pada Anak Korban Bullying Salsa. Jeced, 4(1), 77–87.

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Jurnal Penelitian & PPM Unpad, 4(2), 324–330.


Article Metrics

Abstract view : 1360 times
PDF - 1689 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.11.3.2023.573-580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.