Pengalaman Belajar Praktik Laboratorium Ilmu Keperawatan pada Mahasiswa Keperawatan Untan di Masa Pandemi Covid-19

Diah Permatasari(1*), Berthy Sri Utami Adiningsih(2), Fitri Fujiana(3)


(1) Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura Pontianak
(2) Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura Pontianak
(3) Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura Pontianak
(*) Corresponding Author

Abstract


Praktek laboratorium keperawatan merupakan perwujudan dari penjabaran kurikulum pendidikan keperawatan untuk membekali peserta didik dalam mengaplikasikan ilmu dimasyarakat berdasarkan kompetensi yang dimiliki. Mahasiswa keperawatan UNTAN diwajibkan untuk tetap melaksanakan praktek laboratorium di masa pandemi ini dengan cara daring. Untuk mengetahui pengalaman belajar praktik laboratorium ilmu keperawatan pada mahasiswa keperawatan selama masa pandemi COVID-19. Menggunakan desain kualitatif dengan pendekatan fenomenologi menggunakan teknik purposive sampling pada 6 partisipan dari 3 angkatan, pengambilan data pada penelitian ini menggunakan pedoman wawancara semi terstruktur dengan menggunakan analisis tematik. Terdapat empat tema teridentifikasi dari tematik analisis, yaitu respon psikologis selama praktikum daring berupa ansietas dan minat selama praktik laboratorium, dampak pembelajaran yang dirasa berupa ketidakpercayaan diri dan ketidakefektifan dalam belajar, hambatan selama pembelajaran yaitu metode pembelajaran dan motivasi belajar mahasiswa, dan harapan untuk praktek laboratorium daring selanjutnya bagi bagi dosen pendamping laboratorium dan mahasiswa dalam mempersiapkan laboratorium secara daring. Pengalaman belajar praktik laboratorium mahasiswa keperawatan selama pandemi yaitu berupa respon psikologis selama praktikum daring, dampak pembelajaran serta hambatan pembelajaran daring dan harapan untuk praktikum laboratorium daring selanjutnya.


Keywords


Keperawatan, Laboratorium, Mahasiswa, Pandemi COVID-19

Full Text:

PDF

References


Asmadi. (2008). Teknik Prosedural Keperawatan: Konsep dan Kebutuhan Dasar Klien. Jakarta: Salemba Medika.

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19:(Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri– Cikarang Barat–Bekasi). Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208-218.

Bayoumi, M.M., Elbasuny, M. M., mofereh, A. M., Assiri, M. a., & fesal, A. H. (2021). Avaluating Nursing Student Anxienty And Depression During initial Clinical Experiences. International Journal of Psychology and Behavioral Sains.277-281.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P.D. (2020). Motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123-140.

Damodaran, D. K., & N, K. (2013). Clinical Environment: Experiences of Undergraduate Student Nurses. International Journal of Advanced in Nursing Management, 25-30.

Hariyanti, D., Mun'im, A. H., & Hidayat, N. (2020). Identifikasi hambatan mahasiswa dalam pelaksanaan pembelajaran biologi secara daring selama pandemi covid-19 di kabupaten jember. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 11-21.

Herawati, H. (2020). Memahami proses belajar anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 27-48.

Jannah, R., & Santoso, H. (2021). Tingkat stres mahasiswa mengikuti pembelajaran daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 130-146.

Kartini, M., & Putriyanti, C. E. (2017). Harapan Mahasiswa Keperawatan Terhadap Penampilan Dosen-Dosen di Program Keperawatan. Jurnal Akper Ngesti Waluyo, 1-9.

Labeeb, S. A., Rajith, C. V., Ibrahim, M. A., & Kamal, N. A. (2017). A

Qualitative Study on Factors Affecting the Clinical Learning of Nursing students in College of Nursing, Kuwait. Journal of Education and Practice, 141-155.

Levett, & Bourgeois. (2015). The Clinical PlacementE-Book: An Essential Guide for Nursing Students. Australia: Elsevier.

Marpaung, J. (2018). Pengaruh penggunaan gadget dalam kehidupan. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 5(2).

Muhith, A., & Siyoto, S. (2018). Aplikasi Komunikasi Terapeutik Nursing & Health. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Muntamah, U. (2017, June). Analisis Pengaruh Metode Pembelajaran Praktik Laboratorium berdasarkan Target Kompetensi terhadap Peningkatan Skill pada Mata Ajar Keperawatan Gawat Darurat dan Manajemen Bencana. In Proceedings Education and Language International Conference (Vol. 1, No. 1).

Naserly, M. K. (2020). Latihan Menyimak Dan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Channel Youtobe Deddy Corbuzier Untuk Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut (Studi Kasus Pada Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Jurnal Akrab Juara, 5(4), 91-102.

Onyema, E. M., Eucheria, N. C., Obafemi, F. A., Sen, S., Atonye, F. G., Sharma, A., & Alsayed, A. O. (2020). Impact of Coronavirus pandemic on education. Journal of Education and Practice, 11(13), 108-121.

Pratiwi, U. N., Sulianto, J., & Artharina, F.P. (2022). Dampak Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Kesehatan Mental Siswa Kelas V SD Negeri Wonomerto 01 Batang. Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 2(1), 100-111.

Robbins, S., & Judge, T. (2008). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba empat.

Sari, S. I. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring dan Luring di SMP Negeri 3 Pleret. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 10(2), 145-152.

Slavin. R. E. (1994) Cooperative Learning : Theory, ResearchANd Practice. Englewood Cliff, NJ: Prentice Hall

Surani, D., Kusuma, J. W., & Kusumawati, N. (2020). Platform Online Dalam Perkuliahan Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(9), 1338-1349.

Tamara, J., Sugiatni, S., Yanuarti, E., Warsah, I., & Wanto, D. (2020). Strategi Pembelajaran Dosen Melalui Pemanfaatan Media Whatsapp Di Masa Pandemi COVID-19. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 19(2), 351-373.

Tiwaken, S. U., Caranto, L. C., & David, J.J. (2015). The World: Lived Experiences of Student Nurses During Clininal Practice. International Journal of Nursing Sains, 66-75.

Venkatasalu, M. R. (2015). Life after the Liverpool Care Pathway (LP): A Qualitative Study of Critical Care Practitioners Delivering End-of-life Care.JAN,2108-2118.


Article Metrics

Abstract view : 98 times
PDF - 28 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.11.3.2023.677-688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.