Pengaruh Media Cerita Bergambar terhadap Sikap Siswa Sekolah Dasar

Khusnil Fadhliat Salis(1), Koernia Nanda Pratama(2*), Akhyarul Anam(3)


(1) Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman
(2) Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman
(3) Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman
(*) Corresponding Author

Abstract


Risiko angka penyebaran Covid-19 di SD Negeri Pesawahan meningkat karena kurangnya pendidikan kesehatan kepada siswa tentang prosedur kesehatan dalam pencegahan penularan Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media cerita bergambar yang digunakan dalam penyuluhan kesehatan terhadap sikap siswa tentang pencegahan penularan Covid-19. Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan quasi experiment dengan metode pretest-posttest with control group design dengan jumlah sampel 72 responden yang dipilih menggunakan teknik stratified random sampling dan menggunakan intrumen penelitian berupa buku cerita bergambar dan kuesioner dengan hasil uji validitas koefisien korelasi r=0,89 dan nilai reliabilitas Chronbach’s Alpha sebesar 0.761(>0,6). Analisis data, menggunakan analisis bivariat dengan menggunakan uji wilcoxon dan uji mann whitney. Di dapatkan  p value 0,000 sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan media cerita bergambar terhadap sikap siswa Sekolah Dasar tentang pencegahan penularan Covid-19.


Keywords


anak; cerita bergambar; covid-19; pengetahuan; sikap

Full Text:

PDF

References


Dessiane, Syera Trivena, and Nyoto Hardjono. 2020. “Efektivitas Media Pembelajaran Cerita Bergambar Atau Komik Bagi Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 2(1): 42–46.

Dwi Astuti, Fardhiasih, and Dyah Suryani. 2018. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Pedagang Angkringan Di Kawasan Malioboro Yogyakarta.” Afiasi : Jurnal Kesehatan Masyarakat 3(3): 79–86.

Fadhilah, Dina, Th Ninuk Sri Hartini, and I Made Alit Gunawan. 2017. “Efektifitas Penyuluhan Tentang Sayuran Menggunakan Media ‘Kartu Sayuran’ Terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Nutrisia 19(2): 100–105.

Fitria, Nurul, Sri Indrawati, and Agus Saripudin. 2017. “Pengaruh Metode Barrett Taxonomy Terhadap Kemampuanmemahami Teks Cerita Pendek.” Logat: Jurnal Bahasa Indonesia Dan Pembelajaran 4(2): 105–16.

Harahap, Musaddad, and Ary Antony Putra. 2017. “Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Terhadap Stres Guru Di SMA Negeri 1 Kampar Kiri Hilir.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2(1): 1–20.

Ikasari, Filia Sofiani, Agus Setiawan, and Sukihananto Sukihananto. 2020. “Jenis Kelamin Perempuan Memiliki Keterampilan Cuci Tangan Yang Baik Pada Anak Usia Sekolah.” Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia 10(01): 21–25.

Kemendikbud. 2021. “Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.” : 440–707.

Kemenkes. 2020. “Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MenKes/413/2020 Tentang Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.”

Kurniawan, Ary, Ronasari Mahaji Putri, and Esti Widiani. 2019. “Pengaruh Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Kelas IV Dan V Sekolah Dasar.” Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan 4(1).

Kusumarani, Anjas, Astidio Noviardhi, and Kun Aristiati Susiloretni. 2018. “Pengaruh Media Komik Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Sayur Dan Buah Di SD Aisyiyah Dan SDN Kalicilik 2 Demak.” Jurnal Riset Gizi 6(2): 124–28.

MARAMPA’, Litwina And Christiana Odilaricha, Yolanda. 2021. “Pengaruh Edukasi Tentang Protokol Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Pencegahan Penularan Covid-19 Pada Anak Usia 10-12 Tahun Di Sd Frater Bakti Luhur.” Stik Stella Maris Makassar.

Nurochim, Nurochim. 2020. “Optimalisasi Program Usaha Kesehatan Sekolah Untuk Kesehatan Mental Siswa.” Jurnal Konseling dan Pendidikan 8(3): 184–90.

Orang, Peran et al. 2018. “Peran Orang Tua Dalam Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Sekolah Dasar Di Kota Bandung The Role of Parents in Preventing Sexual Violence on Elementary School Children in Bandung.” 9(2). http://ejournal.umm.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/5454.

Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar Dian Andesta Bujuri, Analisis, Jalan Laksda Adisucipto, Kabupaten Sleman, and Dian Andesta Bujuri. 2018. “Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar Dan Implikasinya Dalam Kegiatan Belajar Mengajar.” IX(1): 37. www.ejournal.almaata.ac.id/literasi.

Pradini, Indira et al. 2021. “Pemberian Buku Cerita Bergambar Bertema" Superhero" Dapat Meningkatkan Pengetahuan Sayur Dan Buah Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Gizi 10(1): 23–30.

Putri Rahmi, Hijriati. 2021. “Proses Belajar Anak Usia 0 Sampai 12 Tahun Berdasarkan Karakteristik Perkembangannya.” Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak 7(1): 152–55.

Sari, Depita, Dhita Anastasia, Adinda Ferdiani, and Rahmi Sapitri Gajah. 2022. “Konsep Akuntansi Keperilakuan Dari Aspek Psikologi Dan Psikologi Sosial.” Research in Accounting Journal (RAJ) 2(2): 264–72.

She, Jiatong, Lanqin Liu, and Wenjun Liu. 2020. “COVID‐19 Epidemic: Disease Characteristics in Children.” Journal of medical virology 92(7): 747–54.

Sri, Melati. 2021. “Gambaran Manifestasi Klinis Dan Faktor Risiko Kejadian Covid-19 Pada Anak Di Rsup Dr M Djamil Padang.” Universitas Andalas.

Utami, Ressa Andriyani, Ria Efkelin Mose, Martini Martini, and Ary Rahmaningsih. 2020. “Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Pencegahan Covid-19 Pada Anak Usia Sekolah Di Kota Jakarta Selatan.” Kosala: Jurnal Ilmu Kesehatan 8(2): 71–78.

Wardani, Laila Meiliyandrie Indah, and Ritia Anggadita. 2021. Konsep Diri Dan Konformitas Pada Perilaku Konsumtif Remaja. Penerbit Nem.

Wiguna, Reza Indra et al. 2021. “Pemberdayaan Siswa Melalui Penerapan Program Health Promotion Model Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19.” Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5(4).

Witradharma, Tetes Wahyu, and Jumiyati Jumiyati. 2019. “Efektifitas Media Cerita Bergambar (CERGAM) Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Siswa PAUD/TK.” Jurnal Kesehatan 10(2): 193–202.


Article Metrics

Abstract view : 115 times
PDF - 33 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.11.3.2023.637-644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.