Faktor Perkembangan Motorik dan Perkembangan Kognitif Anak: Literature Review
(1) Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Duta Bangsa Surakarta
(2) Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Duta Bangsa Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Perkembangan anak adalah segala perubahan yang terjadi pada anak, dilihat dari berbagai aspek, antara lain aspek fisik (motorik), emosi, kognitif, dan psikososial. Perkembangan motorik merupakan perkembangan pengendalian gerakan tubuh melalui kegiatan yang terkoordinir antara susunan saraf, otot, dan otak. Secara umum perkembangan motorik bisa dibagi menjadi dua, yaitu motorik kasar dan motorik halus. Sedangkan perkembangan kognitif anak mengacu pada proses mengingat, pengambilan keputusan, dan pemecahan masalah. Perkembangan kognitif dimaksudkan agar anak mampu melakukan eksplorasi terhadap dunia sekitar melalui panca indera. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor perkembangan motorik dan perkembangan kognitif anak ditinjau dari beberapa literature. Penelitian dilakukan dengan metode studi literature. Pencarian sumber literatur data base yang relevan menggunakan Google Scholar dan Garuda dengan menggunakan kata kunci: “Faktor Perkembangan” + “Perkembangan Motorik” + “Perkembangan Kognititf” + “Pada Anak”. Pencarian artikel tersebut disesuaikan dengan kriteria inklusi dan eksklusi dengan menggunakan analisis population, intervensi, conclution, and output (PICO). Skrining didapatkan artikel sebanyak 359 dan yang digunakan 5 artikel sesuai dengan kriteria. Hasil studi literature didapatkan bahwa faktor perkembangan motorik dan perkembangan kognitif pada anak yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Cara untuk mangatasi keterlambatan perkembangan motorik dan perkembangan kognitif dengan mengajak anak keluar ruangan dan memperhatikan sekitar, mengajak menggambar, dan mengajak bermain. Kesimpulan faktor perkembangan motorik dan perkembangan kognitif anak antara lain faktor aktivitas fisik, faktor gangguan saraf motorik, faktor keturunan (orang tua) dan faktor kebebasan berfikir.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi A. (2019). Buku Ajar Pendidikan dan Perkembangan Motorik. Cetakan I, Uwais Inspirasi Indonesia : IKAPI Ponorogo
Afifah, Nisrina, Perdani RRW. (2018). Hubungan Stimulasi Orang Tua Dengan Perkembangan Motorik Halus Dan Personal Sosial Anak Usia 0-3 Tahun Di Kelurahan Penengahan Raya Kecamatan Kedaton Bandar Lampung. Jurnal Majority, 7(2).
Afrianti, S., Daulay, M. I., & Asilestari, P. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dengan Permainan Ludo. Aulad: Journal on Early Childhood, 1(1), 52–59.
Ananditha, Aries C. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Toddler. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah,2(1). pp.40-8.
Anggraini V,Yulsyofriend, Yeni I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 5 Nomor 2, Hal. 73-84
Farida A. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini Raudhah: Vol. IV, No. 2: Juli – Desember.
Fatimah, E. R., & Istikomah, I. (2021). Konsep Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Komparatif Jean Piaget dan Al-Ghozali). ALAYYA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–31.
Jurana. (2017). Perkembangan Motorik Kasar Dan Halus Pada Anak Usia 1-3 Tahun (Toddler) Di Kelurahan Mamboro Barat Wilayah Kerja Puskesmas Mamboro. Jurnal Ilmiah Kedokteran Medika Tadulako, 4(3).
Khaironi M. (2020). Mengembangkan Kognitif Anak Melalui Penggunaan Media Bahan Alam Pada Kelompok B. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, Vol. 04 No. 2, Desember 2020, Hal. 261-266
Leonardo A, Anton K. (2021). Hubungan aktivitas fisik terhadap keterampilan motorik. Jurnal Stamina 4(3) : 135-144.
Muhammad, N., Yusriani, Y., & Habo, H. (2020). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Motorik Anak Balita Stunting Di Kabupaten Halmahera Selatan Tahun 2020. Journal of Aafiyah Health Research (JAHR), 1(1), 58-72.
Nasirun, M., Anggraini, W., & Yulidesni, Y. (2020). Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 31–39.
Noor FA. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Raudlatul Athfal (RA). Jurnal Program Studi PGRA 4(2) : 169-180.
Retnaningrum, W., & Umam, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf. Jurnal Tawadhu, 5(1), 25-34.
Riyadi EKS, Sundari S. (2020). Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi Perkembangan Anak Pra Sekolah Usia 60-72 Bulan. Jurnal Ilmu Kebidanan, Akademi Kebidanan Ummi Khasanah, Volume 6 Nomor 2, Hal 59-67
Sudirjo E, Alif MN. (2018). Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik: Konsep Perkembangan dan Pertumbuhan. Cetakan I, UPI Sumedang Press: Jawa Barat
Suhartini, B. (2015). Deteksi dini keterlambatan perkembangan motorik kasar pada anak. Jurnal Medikora 1(2).
Suryana D. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Cetakan I, Prenadamedia group (divisi kencana) : Jakarta.
Yanti E, Nova F. (2020). Faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik anak usia prasekolah. Jurnal Kesehatan Medika Saintika 11(2) : 225-236.
Zega BK, Wahyu S. (2021). Pengaruh Perkembangan Kognitif Pada Anak. Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen) 3 (1) : 17-24.
Article Metrics
Abstract view : 1482 timesPDF - 447 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.11.3.2023.707-714
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang
Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.