Hubungan Depresi, Stres Akademik dan Regulasi Emosi dengan Ide Bunuh Diri pada Mahasiswa

Deko EKa Putra(1*), Nelwati Nelwati(2), Feri Fernandes(3)


(1) Fakultas Keperawatan, Universitas Andalas
(2) Fakultas Keperawatan, Universitas Andalas
(3) Fakultas Keperawatan, Universitas Andalas
(*) Corresponding Author

Abstract


Kasus ide bunuh diri meningkat dikalangan mahasiswa. Jika ide bunuh diri tidak mendapatkan perhatian dan tindakan yang tepat, berdampak pada gangguan kehidupan akademik, meningkatnya risiko kesehatan mental dan kasus bunuh diri pada mahasiswa. Berbagai faktor yang mempengaruhi diantaranya, stress akademik, depresi dan regulasi emosi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan depresi, stress akademik dan regulasi emosi dengan ide bunuh diri pada mahasiswa. Jenis penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional, dengan sampel 379 mahasiswa Universitas Andalas dengan purposive sampling. Instrumen untuk pengukuran depresi menggunkan kuesioner yang sudah tervalidasi diantaranya kuesioner DASS-21 dengan nilai croncbach alpha 0,879, kuesioner Perception of Academic Stres Scale (PAS) dengan nilai cronch bach alpha 0,905. kuesioner skala Emotion Regulation Questionnaire (ERQ) dengan nilai cronch bach alpha 0,938. Kuesioner Ide Bunuh Diri dengan cronch bach alpha 0,850. Data dianalisis menggunakan SPSS dan SEM PLS untuk hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar mahasiswa memiliki tingkat ide bunuh diri dalam kategori rendah. Terdapat hubungan yang signifikan antara depresi dan stress akademik dengan ide bunuh diri diperoleh nilai P Values < 0,05 sebesar (0,009 dan 0,0018) berbeda dengan regulasi emosi nilai P Value sebesar (0,716 ) tidak ada hubungan yang signifikan dengan ide bunuh diri pada mahasiswa.


Keywords


bunuh diri; depresi; stres akademik

Full Text:

PDF

References


Abdillah & Hartono. (2015). Partial least square (PLS) : alternatif structural equation modeling (SEM) dalam penelitian bisnis. Andi Publisher.

Adinda, S. T., & Prastuti, E. (2021). Regulasi emosi dan dukungan sosial: sebagai prediktor ide bunuh diri mahasiswa. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 6(1), 135–151. https://doi.org/10.33367/psi.v6i1.1520

Alsulami, S., Al Omar, Z., Binnwejim, M. S., Alhamdan, F., Aldrees, A., Al-Bawardi, A., Alsohim, M., & Alhabeeb, M. (2018). Perception of academic stress among health science preparatory program students in two saudi universities. Advances in Medical Education and Practice, 9, 159–164. https://doi.org/10.2147/AMEP.S143151

Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran tingkat stres mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47

Ashal, T., Liza, R. G., & Sauma, E. (2022). Gambaran resiko ide bunuh diri pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas andalas. Majalah Kedokteran Andalas, 45(4), 598–609. https://doi.org/https://doi.org/10.25077/mka.v45.i4.p598-609.2022

Asril, R. (2022). Tenggak racun, mahasiswa di padang ditemukan tewas di kamar kost. Sumbarkita.Com.

Aulia, N. (2016). Analisis hubungan faktor resiko bunuh diri dengan ide bunuh diri pada remaja di kota rengat kabupaten indragiri hulu tahun 2016 (Issue June). Universitas Andalas.

Aulia, N., Yulastri, Y., & Sasmita, H. (2020). Faktor psikologi sebagai risiko utama ide bunuh diri pada remaja di kota rengat kabupaten indragiri hulu. Jurnal Penelitian Kesehatan “SUARA FORIKES” (Journal of Health Research “Forikes Voice”), 11(April), 48. https://doi.org/10.33846/sf11nk110

Bambang Widjanarko Otok, S. (2016). the effect of anxiety on quality of life among diabetic patients type 2 using structural equation modeling partial least square (sem-pls) and finite mixture partial least square (fimix-pls) winda listya kartikasari nrp 1312 100 006 Undergraduate Programme.

Barseli, M., Ahmad, R., & Ifdil, I. (2018). Hubungan stres akademik siswa dengan hasil belajar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 40. https://doi.org/10.29210/120182136

Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep stres akademik siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148. https://doi.org/10.29210/119800

Belete, H., Ali, T., Legas, G., & Pavon, L. (2020). Relapse and clinical characteristics of patients with bipolar disorders in central ethiopia: a cross-sectional study. Psychiatry Journal, 2020, 1–6. https://doi.org/10.1155/2020/8986014

Bunuh, I., Pada, D., Putri, U., Khan, U. A., Beck, S. K., & Self, R. (2016). Ideasi bunuh diri pada remaja. 41–55.

Darmayanti, K. K. H., Anggraini, E., Winata, E. Y., Fakhriya, S. D., Arini, D. P., Kristiyani, V., Purwasih, I., & Afifah, S. (2022). Level depresi dan dampaknya terhadap ide bunuh diri pada mahasiswa di pulau sumbawa. Jurnal Psikologi, 18(1), 63. https://doi.org/10.24014/jp.v18i1.15792

Didin, F. S., Mardiono, I., & Yanuarso, H. D. (2020). Analisis beban kerja mental mahasiswa saat perkuliahan online synchronous dan asynchronous menggunakan metode rating scale mental effort. OPSI, 13(1), 49. https://doi.org/10.31315/opsi.v13i1.3501

Eskin, M., Sun, J. M., & Abuidhail, J. (2016). Suicidal behavior and psychological distress in university students: a 12-nation study. Archives of Suicide Research, 20(3), 369–388. https://doi.org/10.1080/13811118.2015.1054055

Fajar, I. (2022). mahasiswa unhas bunuh diri karena tugas, dekan : tidak ada hubungannya. Detik.Com; detik.com.

Fauzia, N., Asmaran, A., & Komalasari, S. (2021). Dinamika kemandirian mahasiswa perantauan. Jurnal Al-Husna, 1(3), 167. https://doi.org/10.18592/jah.v1i3.3918

Gaol, A. L., Buanasari, A., & Bidjuni, H. (2021). Hubungan expressed emotion keluarga dan peer support dengan suicide ideation pada remaja di smp n 8 manado. Jurnal Keperawatan, 9(1), 9. https://doi.org/10.35790/jkp.v9i1.36764

Geng, G., & Midford, R. (2015). Investigating first-year education students’ stress level. Australian Journal of Teacher Education, 40(6), 1–12. https://doi.org/10.14221/ajte.2015v40n6.1

Haikal, M. (2022). Mahasiswi ditemukan tewas gantung diri di kawasan nanggalo padang. Katasumbar.Com.

Hamadiah, D. &. (2017). Hubungan kecerdasan emosional dengan ide bunuh diri dada remaja. Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, 8(2), 16–26.

Hasanah, U., Fitri, N. L., Supardi, S., & PH, L. (2020). Depression among college students due to the COVID-19 pandemic. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(4), 421. https://doi.org/10.26714/jkj.8.4.2020.421-424

Izadinia, N., Amiri, M., Jahromi, R. G., & Hamidi, S. (2010). A study of relationship between suicidal ideas, depression, anxiety, resiliency, daily stresses and mental health among Tehran university students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 5, 1615–1619. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.07.335

Jatmiko, B., Udin, U., Raharti, R., Laras, T., & Ardhi, K. F. (2021). Strategies for msmes to achieve sustainable competitive advantage: the SWOT analysis method. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(3), 505–515. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no3.0505

Jatmiko, I., & Fitryasari, R. (2019). Analisis faktor penyebab ide bunuh diri pada remaja: Literatur Review. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 53(9), 1689–1699.

Kadi, A. R., Bahar, H., Sunarjo, I. S. (2020). Psikologi, P. S., Oleo, U. H., Akademik, S., & Kedokteran, M. F. (2020). Universitas halu oleo relationship between emotion regulation with academic stress on students of medical faculty halu oleo university. Jurnal Sublimapsi, 1(2), 1–10. Http://Ojs.Uho.Ac.Id/Index.Php/Sublimapsi/Article/View/12002.

Kadi, A. R., Bahar, H., Sunarjo, I. S., Psikologi, P. S., Oleo, U. H., Akademik, S., & Kedokteran, M. F. (2020). Universitas halu oleo relationship between emotion regulation with academic stress on students of medical faculty halu oleo university. Jurnal Sublimapsi, 1(2), 1–10.

Kedang, E. F. S., Nurina, R. L., & Manafe, D. T. (2020). Analisi faktor resiko yang mempengaruhi kejadian depresi pada mahasiswa fakultas kedokteran niversitas usa cendana. Cendana Medical Journal, 19(1), 1–9.

Kurniawan, P. A. (2021). Hubungan status pernikahan orang tua dengan kecenderungan depresi siswa boarding school tahun pertama di SMP Magelang. Respiratori.Universitas Gadjah Mada.

Kusumayanti, N. K. D. W., Swedarma, K. E., & Nurhesti, P. O. Y. (2020). Hubungan faktor psikologis dengan risiko bunuh diri pada remaja sma dan smk di bangli dan klungkung. Coping: Community of Publishing in Nursing, 8(2), 124. https://doi.org/10.24843/coping.2020.v08.i02.p03

Lalenoh, G. A., Zega, I. B. P. ., Yuni, I. F., Florensa, M. V. A., & Ningsih, M. T. A. S. (2021a). Hubungan tingkat stres dengan ide bunuh diri pada mahasiswa. Nursing Current: Jurnal Keperawatan, 9(1), 89. https://doi.org/10.19166/nc.v9i1.3466

Lalenoh, G. A., Zega, I. B. P. ., Yuni, I. F., Florensa, M. V. A., & Ningsih, M. T. A. S. (2021b). Hubungan tingkat stres dengan ide bunuh diri pada mahasiswa [the relationship between stress levels and suicide ideation in college students]. Nursing Current: Jurnal Keperawatan, 9(1), 89. https://doi.org/10.19166/nc.v9i1.3466

Laoli, S. E. W., Nauli, F. A., & Karim, D. (2022). Gambaran tingkat depresi mahasiswa dan faktor penyebab depresi mahasiswa tingkat akhir di universitas riau. Coping: Community of Publishing in Nursing, 10(1), 115. https://doi.org/10.24843/coping.2022.v10.i01.p15

Luqman, K. (2022). Mahasiswa baru UGM tewas loncat dari lantai 11 hotel di Yogyakarta, dtemukan surat dari psikolog. Kompas.Com.

Mandasari, L., & Tobing, D. L. (2020). Tingkat depresi dengan ide bunuh diri pada remaja. Indonesian Jurnal of Health Development, 2(1), 1–7.

Martsari, O. D., & Ediati, A. (2020). Harapan orangtua dan depresi pada mahasiswa program studi s1 kedokteran umum. Jurnal EMPATI, 7(3), 835–842. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21835

Merina Ramadan, M. R., & Yushita, A. N. (2022). Pengaruh stres akademik, fasilitas belajar, dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar daring mahasiswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 20(1), 52–66. https://doi.org/10.21831/jpai.v20i1.48530

Miller, A. B., Esposito-Smythers, C., & Leichtweis, R. N. (2015). Role of social support in adolescent suicidal ideation and suicide attempts. In Journal of Adolescent Health (Vol. 56, Issue 3, pp. 286–292). https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2014.10.265

Miyati, D. S., Rasmani, U. E. E., & Fitrianingtyas, A. (2021). Pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap pola asuh anak. Kumara Cendekia, 9(3), 139. https://doi.org/10.20961/kc.v9i3.50219

Musabiq, S. A., & Karimah. (2018). Gambaran stress dan dampaknya pada mahasiswa. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 20(2), 75–83.

Næss, E. O., Mehlum, L., & Qin, P. (2021). Marital status and suicide risk: Temporal effect of marital breakdown and contextual difference by socioeconomic status. SSM - Population Health, 15(June), 100853. https://doi.org/10.1016/j.ssmph.2021.100853

No Title. (2017).

Nurlaela, Pratomo, W., & Araniri, N. (2020). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak. Eduprof : Islamic Education Journal, 2(2), 226–241. https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i2.35

Oduwaiye, R. O., Yahaya, L. A., Amadi, E. C., & Tiamiyu, K. A. (2017). Stress level and academic performance of university students in kwara state, nigeria. Makerere Journal of Higher Education, 9(1), 103. https://doi.org/10.4314/majohe.v9i1.9

Pajarsari, S. U., & Wilani, N. M. A. (2020). Dukungan Sosial terhadap Kemunculan Ide Bunuh Diri pada Remaja. Widya Caraka : Journal of Psychology and Humanities, 1(1), 34–40.

Peltzer, K., Yi, S. yan, & Pengpid, S. (2017). Suicidal behaviors and associated factors among university students in six countries in the association of southeast asian nations (ASEAN). Asian J Psychiatr . 2017 Apr;26:32-38. Doi: 10.1016/j.Ajp.2017.01.019. Epub 2017 Jan 19.

Putra, P. (2019). Mahasiswi universitas andalas ditemukan tewas tergantung di jendela kos. Kompas.Com.

Putri, P. K. D., Hubeis, A. V., & Sarwoprasodjo, S. (2019). kelembagaan dan capaian program keluarga berencana (Kb): dari era sentralisasi ke desentralisasi. Jurnal Kependudukan Indonesia, 14(1), 1. https://doi.org/10.14203/jki.v14i1.335

Ramadhani, P. (2020). Gambaran stres pada mahasiswa rumpun ilmu sains dan teknologi di universitas andalas. Diss. Universitas Andalas.

Resiliensi, P., Bunuh, A., & Indonesia, P. (2012). Pemuda , Bunuh Diri dan Resiliensi : I(1), 31–45.

Rosa, M. (2022). Kasus mahasiswa di Jember nyaris akhiri hidupnya psikolog: jangan sepelekan ciri-ciri depresi. Kompas.Com.

Salsabhilla, A., & Panjaitan, R. U. (2019a). Dukungan sosial dan hubungan dengan ide bunuh diri pada mahasiswa rantau. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Indonesia, 7(1), 107–114.

Salsabhilla, A., & Panjaitan, R. U. (2019b). Dukungan sosial dan hubungannya dengan ide bunuh diri pada mahasiswa rantau. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(1), 107. https://doi.org/10.26714/jkj.7.1.2019.107-114

Salsabiela, K., & Wardani, I. Y. (2019). Hubungan kepercayaan diri remaja dan kedekatan orang tua dengan ide bunuh diri. Jurnal Ilmiah Kesehatan Jiwa, I(1), 39–48.

Séguin, M. (2012). Review of Suicide risk management: A manual for health professionals, second edition. Canadian Psychology / Psychologie Canadienne, 53(3), 255–257. https://doi.org/10.1037/a0028987

Suherman, A. P., Evangeline, S., & Suaidy, I. (2019). Ide bunuh diri pada remaja faktor-faktor yang mempengaruhi. ‎‎‎TAZKIYA Journal Of Psychology, 7(1). https://doi.org/https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/tazkiya

Sumarni, S. A. (2022). Peran orang tua dalam mengoptimalkan perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 11(2), 171–180.

Sunarti, N. (2012). Tipe kepribadian, tingkat pendidikan, status sosial, ekonomi dan ide bunuh diri. Naskah Publikasi.

WHO. (2022). Imunitatio Statistic.

Yasien, S., & Riaz, Z. (2016). Gender differences in factors associated with suicidal ideation among adolescents. Pakistan Journal of Psychology, 47(June), 41–55.

York, T. T., Gibson, C., & Rankin, S. (2015). Defining and measuring academic success. Practical Assessment, Research and Evaluation, 20(5), 1–20.

Zhang, Y. Y., Lei, Y. T., Song, Y., Lu, R. R., Duan, J. L., & Prochaska, J. J. (2019). Gender differences in suicidal ideation and health-risk behaviors among high school students in Beijing, China. Journal of Global Health, 9(1). https://doi.org/10.7189/jogh.09.010604

Zulaikha, A., & Febriyana, N. (2018). Bunuh diri pada anak dan remaja. Jurnal Psikiatri Surabaya, 7(2), 62. https://doi.org/10.20473/jps.v7i2.19466


Article Metrics

Abstract view : 4025 times
PDF - 2136 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.11.3.2023.689-706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.