Hubungan Beban Tugas, Kontrol Diri, dan Komunitas terhadap Burnout Academic pada Mahasiswa selama Pembelajaran Daring

Agustina Noor Aini(1*), Sri Puji Lestari(2), Retno Apriliyanti(3)


(1) Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Karya Husada
(2) Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Karya Husada
(3) Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Karya Husada
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemerintah meminimalisir penyebaran virus Covid-19 dengan berbagai kebijakan salah satunya mengganti metode pembelajaran dari tatap muka menjadi dalam jaringan. Pembelajaran daring ialah kegiatan pembelajaran menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media. Burnout ialah suatu keadaan individu merasakan kelelahan fisik maupun mental emosional diikuti dengan perasaan sinisme serta penilaian diri yang rendah. Individu yang mengalami burnout ditandai dengan gejala merasa jenuh secara fisik maupun mental, kehilangan minat belajar, menghindar dari lingkungan, dan merasa tidak berdaya. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja baik siswa maupun mahasiswa, terutama pada keadaan pembelajaran daring saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan beban tugas, kontrol diri, dan komunitas terhadap burnout pada mahasiswa selama pembelajaran daring. Jenis penelitian kuantitatif pendekatan retrospektif. Populasi yaitu seluruh mahasiswa Ilmu Keperawatan Universitas Karya Husada Semarang angkatan 2019-2021 yang pernah atau sedang mengalami perkuliahan daring, sampel sebanyak 98 mahasiswa sesuai kriteria inklusi dan ekslusi. Teknik sampling probability sampling yaitu proportionate stratified random sampling. Temuan penelitian ini yaitu beban tugas, kontrol diri, dan komunitas berhubungan signifikan terhadap kejadian burnout mahasiswa. Hal ini berdasarkan hasil p-value beban tugas 0,025, p-value kontrol diri 0,020, dan p-value komunitas 0,003.

 


Keywords


faktor burnout; mahasiswa; pembelajaran daring

Full Text:

PDF

References


Adnyaswari, N. A., & Dewi Adnyani, I. G. A. (2017). Pengaruh Dukungan Sosial Dan Burnout Terhadap Kinerja Perawat Rawat Inap Rsup Sanglah. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(5), 2474–2500.

Al-marwaziyyah, K., & Mayade Chori, D. I. (2021). Burnout akademik selama pandemi Covid-19. Psychological Journal Science And Practice, 1(2), 37–42. https://doi.org/10.22219/pjsp.v1i2.19021

Alimah, S., & Swasti, K. G. (2018). Gambaran Burnout pada Mahasiswa Keperawatan di Purwokerto. Jurnal Keperawatan Soedirman, 11(2), 130. https://doi.org/10.20884/1.jks.2016.11.2.709

Alsaad, A., Alkhalaf, A. B., Alali, K. M., Alibrahim, J. H., Almahdi, I. S., & Ali Alsaad, C. (2021). Burnout prevalence and associated risk factors among KFU students, Alhasa, Saudi Arabia Medical Science. Medical Science, 25(107), 146–156. www.discoveryjournals.org

Christiana, E. (2020). Burnout Akademik Selama Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 8–15.

Chunming, W. M., Harrison, R., MacIntyre, R., Travaglia, J., & Balasooriya, C. (2017). Burnout in medical students: A systematic review of experiences in Chinese medical schools. BMC Medical Education, 17(217), 1–11. https://doi.org/10.1186/s12909-017-1064-3

Febriani, R. D., Triyono, Hariko, R., Yuca, V., & Magistarina, E. (2021). Factors Affecting Student’s Burnout In Online Learning. Jurnal Neo Konseling, 3(3), 32–38. https://doi.org/10.24036/00567kons2021

Firdaus, A., Yuliyanasari, N., Djalillah, G. N., & Utama, M. R. (2021). Potensi Kejadian Burnout pada Mahasiswa Kedokteran di Masa Pandemi Covid-19. Hang Tuah Medical Journal, 18(2), 114. https://doi.org/10.30649/htmj.v18i2.464

Herdiana, D., Rudiana, R., & Supriatna, S. (2021). Kejenuhan Mahasiswa dalam Mengikuti Perkuliahan Daring dan Strategi Penanggulangannya. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 293–307. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.128

Lianawati, A. (2022). Analisis Deskriptif Burnout Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Selama Pembelajaran Daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1678–1685.

Livana PH, L. P., Fatkhul Mubin, M., & Basthomi, Y. (2020). “Tugas Pembelajaran” Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203–208.

Muflihah, L., & Savira, S. I. (2021). Pengaruh Persepsi Dukungan Sosial Terhadap Burnout Akademik Selama Pandemi. Jurnal Penelitian Psikologi Mahasiswa, 08(02), 201–2011. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/40975

Nurkholis, N. (2020). Dampak Pandemi Novel-Corona Virus Disiase (Covid-19) Terhadap Psikologi Dan Pendidikan Serta Kebijakan Pemerintah. Jurnal PGSD, 6(1), 39–49. https://doi.org/10.32534/jps.v6i1.1035

Oktavia, A. (2018). Hubungan Antara Pendekatan Belajar dan Burnout Pada Mahasiswa Preklinik Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Puspita Krishna, L. F. (2022). Gambaran Kejenuhan Belajar Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Akademi Keperawatan Pasar Rebo Jakarta. Nursing News : Jurnal Ilmiah Keperawatan, 6(1), 7–18. https://doi.org/https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes

Rahmawati, D., Fahrudin, A., & Abdillah, R. (2021). Hubungan Kontrol Diri Dengan Stres Akademik Akibat Pembelajaran Hybrid Dalam Masa Pandemi Covid-19 Di Smk X Kota Bekasi. Khidmat Sosial: Journal of Social Work and Social Services, 2(2), 135–153. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/khidmatsosial/article/view/14124

Ranati, A. (2022). Pengaruh Burnout Belajar Dan Stress Akademik Terhadap Strategi Coping Dalam Pembelajaran Daring Mahasiswa Program Studi Administrasi Pendidikan Universitas Jambi. S1 Thesis.

Sagita, D. D., & Meilyawati, V. (2021). Academic Burnout Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid -19. Jurnal Nusantara Of Research, 8(2), 104–119.

Sajodin, Anjani, U. S., & Yualita, P. (2022). Tingkat Burnout Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Silampari, 6(1), 480–487. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jks.v6i1.4492

Sani, M., Hasbillah, R., & Rahmasari, D. (2022). Burnout akademik pada mahasiswa yang sedang menempuh tugas akhir. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(6), 122–132.

Siburian, R. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kejadian Burnout Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Di Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya Palembang.

Wenjun, C., Ziwei, F., Guoqiang, H., Mei, H., Xinrong, X., Jiaxin, D., & Jianzhong, Z. (2020). The psychological impact of the COVID-19 epidemic on college students in China. Psychiatry Research, 287, 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.112934

Windasari, M. A., Hidayah, F. K., & Anisa, R. (2022). Pengaruh Burnout Dan Konsentrasi Terhadap Performa Akademik Saat Pembelajaran Daring Mahasiswa Pre-Klinik Fakultas Kedokteran UNISMA. Jurnal Kedokteran Komunitas, 1–12.


Article Metrics

Abstract view : 225 times
PDF - 248 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.12.1.2024.49-60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.