Hubungan Beban Tugas, Kontrol Diri, dan Komunitas terhadap Burnout Academic pada Mahasiswa selama Pembelajaran Daring
(1) Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Karya Husada
(2) Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Karya Husada
(3) Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Karya Husada
(*) Corresponding Author
Abstract
Pemerintah meminimalisir penyebaran virus Covid-19 dengan berbagai kebijakan salah satunya mengganti metode pembelajaran dari tatap muka menjadi dalam jaringan. Pembelajaran daring ialah kegiatan pembelajaran menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media. Burnout ialah suatu keadaan individu merasakan kelelahan fisik maupun mental emosional diikuti dengan perasaan sinisme serta penilaian diri yang rendah. Individu yang mengalami burnout ditandai dengan gejala merasa jenuh secara fisik maupun mental, kehilangan minat belajar, menghindar dari lingkungan, dan merasa tidak berdaya. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja baik siswa maupun mahasiswa, terutama pada keadaan pembelajaran daring saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan beban tugas, kontrol diri, dan komunitas terhadap burnout pada mahasiswa selama pembelajaran daring. Jenis penelitian kuantitatif pendekatan retrospektif. Populasi yaitu seluruh mahasiswa Ilmu Keperawatan Universitas Karya Husada Semarang angkatan 2019-2021 yang pernah atau sedang mengalami perkuliahan daring, sampel sebanyak 98 mahasiswa sesuai kriteria inklusi dan ekslusi. Teknik sampling probability sampling yaitu proportionate stratified random sampling. Temuan penelitian ini yaitu beban tugas, kontrol diri, dan komunitas berhubungan signifikan terhadap kejadian burnout mahasiswa. Hal ini berdasarkan hasil p-value beban tugas 0,025, p-value kontrol diri 0,020, dan p-value komunitas 0,003.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adnyaswari, N. A., & Dewi Adnyani, I. G. A. (2017). Pengaruh Dukungan Sosial Dan Burnout Terhadap Kinerja Perawat Rawat Inap Rsup Sanglah. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(5), 2474–2500.
Al-marwaziyyah, K., & Mayade Chori, D. I. (2021). Burnout akademik selama pandemi Covid-19. Psychological Journal Science And Practice, 1(2), 37–42. https://doi.org/10.22219/pjsp.v1i2.19021
Alimah, S., & Swasti, K. G. (2018). Gambaran Burnout pada Mahasiswa Keperawatan di Purwokerto. Jurnal Keperawatan Soedirman, 11(2), 130. https://doi.org/10.20884/1.jks.2016.11.2.709
Alsaad, A., Alkhalaf, A. B., Alali, K. M., Alibrahim, J. H., Almahdi, I. S., & Ali Alsaad, C. (2021). Burnout prevalence and associated risk factors among KFU students, Alhasa, Saudi Arabia Medical Science. Medical Science, 25(107), 146–156. www.discoveryjournals.org
Christiana, E. (2020). Burnout Akademik Selama Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 8–15.
Chunming, W. M., Harrison, R., MacIntyre, R., Travaglia, J., & Balasooriya, C. (2017). Burnout in medical students: A systematic review of experiences in Chinese medical schools. BMC Medical Education, 17(217), 1–11. https://doi.org/10.1186/s12909-017-1064-3
Febriani, R. D., Triyono, Hariko, R., Yuca, V., & Magistarina, E. (2021). Factors Affecting Student’s Burnout In Online Learning. Jurnal Neo Konseling, 3(3), 32–38. https://doi.org/10.24036/00567kons2021
Firdaus, A., Yuliyanasari, N., Djalillah, G. N., & Utama, M. R. (2021). Potensi Kejadian Burnout pada Mahasiswa Kedokteran di Masa Pandemi Covid-19. Hang Tuah Medical Journal, 18(2), 114. https://doi.org/10.30649/htmj.v18i2.464
Herdiana, D., Rudiana, R., & Supriatna, S. (2021). Kejenuhan Mahasiswa dalam Mengikuti Perkuliahan Daring dan Strategi Penanggulangannya. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 293–307. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.128
Lianawati, A. (2022). Analisis Deskriptif Burnout Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Selama Pembelajaran Daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1678–1685.
Livana PH, L. P., Fatkhul Mubin, M., & Basthomi, Y. (2020). “Tugas Pembelajaran” Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203–208.
Muflihah, L., & Savira, S. I. (2021). Pengaruh Persepsi Dukungan Sosial Terhadap Burnout Akademik Selama Pandemi. Jurnal Penelitian Psikologi Mahasiswa, 08(02), 201–2011. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/40975
Nurkholis, N. (2020). Dampak Pandemi Novel-Corona Virus Disiase (Covid-19) Terhadap Psikologi Dan Pendidikan Serta Kebijakan Pemerintah. Jurnal PGSD, 6(1), 39–49. https://doi.org/10.32534/jps.v6i1.1035
Oktavia, A. (2018). Hubungan Antara Pendekatan Belajar dan Burnout Pada Mahasiswa Preklinik Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Puspita Krishna, L. F. (2022). Gambaran Kejenuhan Belajar Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Akademi Keperawatan Pasar Rebo Jakarta. Nursing News : Jurnal Ilmiah Keperawatan, 6(1), 7–18. https://doi.org/https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes
Rahmawati, D., Fahrudin, A., & Abdillah, R. (2021). Hubungan Kontrol Diri Dengan Stres Akademik Akibat Pembelajaran Hybrid Dalam Masa Pandemi Covid-19 Di Smk X Kota Bekasi. Khidmat Sosial: Journal of Social Work and Social Services, 2(2), 135–153. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/khidmatsosial/article/view/14124
Ranati, A. (2022). Pengaruh Burnout Belajar Dan Stress Akademik Terhadap Strategi Coping Dalam Pembelajaran Daring Mahasiswa Program Studi Administrasi Pendidikan Universitas Jambi. S1 Thesis.
Sagita, D. D., & Meilyawati, V. (2021). Academic Burnout Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid -19. Jurnal Nusantara Of Research, 8(2), 104–119.
Sajodin, Anjani, U. S., & Yualita, P. (2022). Tingkat Burnout Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Silampari, 6(1), 480–487. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jks.v6i1.4492
Sani, M., Hasbillah, R., & Rahmasari, D. (2022). Burnout akademik pada mahasiswa yang sedang menempuh tugas akhir. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(6), 122–132.
Siburian, R. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kejadian Burnout Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Di Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya Palembang.
Wenjun, C., Ziwei, F., Guoqiang, H., Mei, H., Xinrong, X., Jiaxin, D., & Jianzhong, Z. (2020). The psychological impact of the COVID-19 epidemic on college students in China. Psychiatry Research, 287, 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.112934
Windasari, M. A., Hidayah, F. K., & Anisa, R. (2022). Pengaruh Burnout Dan Konsentrasi Terhadap Performa Akademik Saat Pembelajaran Daring Mahasiswa Pre-Klinik Fakultas Kedokteran UNISMA. Jurnal Kedokteran Komunitas, 1–12.
Article Metrics
Abstract view : 225 timesPDF - 248 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.12.1.2024.49-60
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang
Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.