Studi Cross Sectional: Dukungan Sosial terhadap Resiliensi Akademik pada Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi

Nurul Hasanah(1), Zifriyanthi Minanda Putri(2*), Dewi Murni(3)


(1) Fakultas Keperawatan, Universitas Andalas
(2) Fakultas Keperawatan, Universitas Andalas
(3) Fakultas Keperawatan, Universitas Andalas
(*) Corresponding Author

Abstract


Mahasiswa akhir rentan mengalami stres ketika dihadapkan dengan berbagai masalah dan tantangan saat proses penyusunan skripsi. Kemampuan resiliensi akademik diperlukan oleh mahasiswa untuk bisa bertahan dalam menghadapi segala kesulitan yang dihadapi saat pengerjaan skripsi, namun beberapa mahasiswa masih mempunyai kemampuan resiliensi yang rendah. Dukungan sosial berperan penting bagi mahasiswa terutama pada masa-masa sulit. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui hubungan dukungan sosial dengan resiliensi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional. Sampel berjumlah 106 orang yang ditentukan menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner Dukungan Sosial dan Academic Resilience Scale-30. Analisis data menggunakan uji korelasi spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang kuat dan positif antara dukungan sosial dengan resiliensi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05) dan nilai r=0,635, artinya semakin tinggi dukungan sosial maka semakin tinggi resiliensi akademik mahasiswa. Diharapkan mahasiswa dapat mengontrol emosi negatif dan tidak mudah panik dengan cara berfokus pada penyelesaian masalah. Keterlibatan dan support dari orangtua, teman, dan dosen sangat dibutuhkan untuk meningkatkan resiliensi mahasiswa.


Keywords


dukungan sosial; mahasiswa akhir; resiliensi akademik; skripsi

Full Text:

PDF

References


Afriansyah. (2019). Hubungan antara regulasi diri dan dukungan sosial teman dengan prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 3(2), 99–108.

Asih, O. R., Fahmy, R., Novrianda, D., Lucida, H., Priscilla, V., & Putri, Z. M. (2019). Cross sectional : Dukungan sosial dan resiliensi perawat. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(2), 421. https://doi.org/10.33087/jiubj.v19i2.674

Campbell, F., Blank, L., Cantrell, A., Baxter, S., Blackmore, C., & Dixon, J. (2022). Factors that influence mental health of university and college students in the UK : a systematic review. BMC Public Health, 1–22. https://doi.org/10.1186/s12889-022-13943-x

Cassidy, S. (2016). The academic resilience scale (ARS-30): A new multidimensional construct measure. Frontiers in Psychology, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.01787

Inayatul’ain, E. S. (2018). Hubungan antara dukungan keluarga dengan kecemasan menyusun skripsi mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 385–395.

Kementerian Kesehatan RI. (2021). Profil kesehatan Indonesia 2020.

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Hasi riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2018. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan RI.

Maisarah, Novitayani, S., & Alfiandi, R. (2021). Tingkat depresi pada mahasiswa keperawatan yang sedang menyusun skripsi. JIM Fkep, 5(3), 54–59.

Martaviani, O., Amir, Y., Hasneli, Y., Hasneli, Y., & Hasneli, Y. (2020). Perbandingan tingkat stres mahasiswa keperawatan program transfer semester I dan semester III dalam mengikuti sistem pembelajaran blok. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(1), 53–60. https://doi.org/10.26714/jkj.8.1.2020.53-60

Nastiti, N. (2019). Hubungan antara dukungan sosial dan ciri kepribadian extraversion dengan self-efficacy pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 8(1), 1742–1754.

Nihayah, A. Z. (2019). Pengolahan data penelitian menggunakan software SPSS 23.0. In UIN Walisongo Semarang. UIN Walisongo Semarang.

Okvellia, C. T. H., & A.Setyandari. (2022). Resiliensi akademik mahasiswa tingkat akhir program studi Bimbingan dan Konseling tahun ajaran 2021 / 2022. Solution : Jurnal of Counseling and Personal Development, 4(2), 18–24.

Pratiwi, Z. R., & Kumalasari, D. (2021). Dukungan orang tua dan resiliensi akademik pada mahasiswa. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 13(2), 138–147. https://doi.org/10.31289/analitika.v13i2.5482

Rahmawati, F. (2019). Hubungan antara dukungan Sosial dengan kecemasan mahasiswa pada saat menyusun skripsi. Universitas Semarang.

Said, A. A., Rahmawati, A., & Supraba, D. (2021). Hubungan antara dukungan sosial dengan resiliensi akademik pada mahasiswa rantau yang sedang mengerjakan skripsi. Jurnal Psikologi Tabularasa, 16(1), 32–44. https://doi.org/10.26905/jpt.v16i1.7710

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2017). Health psychology : Biopsychosocial interactions (9th ed). John Wiley & Sons.

Sekarini. (2021). Hubungan regulasi emosi dengan resiliensi pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Ilmu Kesehatan MAKIA, 11(1), 10–15.

Shinta, D. (2021). Hubungan resiliensi akademik dan dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa angkatan 2015 dan 2016 Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. Universitas Medan Area.

Suryanto, A., & Nada, S. (2021). Analisis kesehatan mental mahasiswa perguruan tinggi pada awal terjangkitnya Covid-19 di Indonesia. Jurnal Citizenship Virtues, 1(2), 83–97.

Syahruninnisa, F., Zubair, A. G. H., & Saudi, A. N. A. (2022). Dukungan sosial, optimisme, dan resiliensi akademik pada mahasiswa akhir yang sedang mengerjakan skripsi. Jurnal Psikologi Karakter, 2(2), 186–195. https://doi.org/10.56326/jpk.v2i2.1956

Trimulatsih, P. D., & Appulembang, Y. A. (2022). Dukungan sosial terhadap burnout akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi Saat pandemi. Psychology Journal of Mental Health, 4(1), 36–47.

Wardhana, Y. W., & Kurniawan, A. (2018). Pengaruh sense of humor terhadap resiliensi akademik mahasiswa akhir masa studi sarjana di Universitas Airlangga. Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, 7, 84–96.

Wulandari, & Kumalasari Dewi. (2022). Resiliensi akademik pada mahasiswa : Bagaimana kaitannya dengan dukungan dosen ? Jurnal Psikologi Malahayati, 4(1), 19–30.

Ye, Y., Huang, X., & Liu, Y. (2021). Social support and academic burnout among university students: A moderated mediation model. Psychology Research and Behavior Management, 14, 335–344. https://doi.org/10.2147/PRBM.S300797

Zain, M. I., Radiusman, Syazali, M., Hasnawati, & Amrullah, L. W. Z. (2021). Identifikasi kesulitan mahasiswa dalam penyusunan skripsi prodi PGSD Universitas Mataram. Tunjuk Ajar : Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 4(1), 73–85.


Article Metrics

Abstract view : 584 times
PDF - 315 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.12.1.2024.17-28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.