Hubungan Pet Attachment dengan Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Keperawatan Pasca Pandemi Covid-19

Alvina Tantriati(1*), Triyana Harlia Putri(2), Nadia Rahmawati(3)


(1) Universitas Tanjungpura
(2) Universitas Tanjungpura
(3) Universitas Tanjungpura
(*) Corresponding Author

Abstract


Stres akademik dapat dialami oleh setiap mahasiswa pada masa pandemi COVID-19 karena pembelajaran yang berganti menjadi pembelajaran daring. Stres yang dialami mahasiswa harus ditangani dengan strategi koping yang tepat salah satunya pet attachment. Tujuan penelitian yaitu mengidentifikasi hubungan antara pet attachment dengan tingkat stres akademik mahasiswa Keperawatan Universitas Tanjungpura. Metode penelitian dilakukan dengan teknik potong lintang. Populasi penelitian yaitu mahasiswa keperawatan Universitas Tanjungpura dan sampel penelitian 186 mahasiswa yang diperoleh menggunakan purposive sampling. Studi ini menggunakan instrumen yaitu kuesioner LAPS (23 item valid dan nilai reliabilitas 0,889) dan ESSA (15 item valid dan nilai reliabitias 0,788). Analisa data dengan uji Somer’d. Temuan pada studi ini yaitu usia rata-rata mahasiswa 20 tahun, mayoritas mahasiswa berjenis kelamin perempuan, mayoritas mahasiswa dari angkatan angkatan 2021, jenis hewan peliharaan paling banyak dipelihara yaitu kucing, dan rata-rata lama memelihara hewan peliharaan adalah 4 tahun. Didapatkan hasil bahwa nilai signifikansi antara pet attachment dan tingkat stres akademik yang diperoleh yaitu dengan p value 0,444 dan r hitung yaitu -0,067. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu tidak adanya hubungan bermakna antara pet attachment dengan tingkat stres akademik mahasiswa Keperawatan Universitas Tanjungpura pasca pandemi COVID-19.


Keywords


covid-19; mahasiswa keperawatan; pasca pandemi; pet attachment; stres akademik

Full Text:

PDF

References


Agung, A., Shita, I., Agung, A., Lila, A., & Tirta, I. G. R. (2022). Gambaran Tingkat Stres Berdasarkan Karakteristik Mahasiswa Semester Awal Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa. Aesculapius Medical Journal, 2(2), 97–104.

Anadita, D. (2021). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Stres Akademik pada Siswa yang Mengikuti Pembelajaran Daring Relationship between Social Support and Academic Stress in Students who take Online Learning. Borobudur Psychology Review, 01(01), 38–45. https://doi.org/10.31603/bpsr.4867

Andiarna, F., Kusumawati, E., & Nindya, K. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Konseling Indonesia, 1(1), 107958. https://doi.org/10.33746/fhj.v8i03.228

Aulia, S., & Panjaitan, R. U. (2019). Kesejahteraan psikologis dan tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(2), 127. https://doi.org/10.26714/jkj.7.2.2019.127-134

Avianti, D., Setiawati, O. R., Lutfianawati, D., & Putri, A. M. (2021). Hubungan Efikasi Diri Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati: The Relation Of Self-Efficacy With Academic Stress In Medical Student Of Malahayati University. PSYCHE: Jurnal Psikologi, 3(1), 83–93. https://doi.org/10.36269/psyche.v3i1.283

Azmy, A. N., Nurihsan, A. J., & Yudha, E. S. (2017). Deskripsi Gejala Stres Akademik dan Kecenderungan Pilihan Strategi Koping Siswa Berbakat. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(2), 197–208. https://doi.org/10.30653/001.201712.14

Bariyyah, K., & Latifah, L. (2015). Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang. 270–284.

Batubara, J. R. (2016). Adolescent Development (Perkembangan Remaja). Sari Pediatri, 12(1), 21. https://doi.org/10.14238/sp12.1.2010.21-9

Erindana, N., Nashori, H. F., & Tasaufi, M.. (2021). Penyesuaian Diri Dan Stres Akademik Mahasiswa Tahun Pertama. Motiva: Jurnal Psikologi, 4(1), 11. https://doi.org/10.31293/mv.v4i1.5303

Erliza, Y., & Atmasari, A. (2022). Pengaruh Pet Attachment Terhadap Happiness Pada Pemilik Hewan. Jurnal Psimawa, 5(1), 54–62.

Gavriela Kara Duma, T. (2022). Pengaruh Pet Attachment Dan Dukungan Sosial Terhadap Stres Pada Dewasa Awal Selama Pandemi Covid-19. Berajah Journal, 2(2), 337–346. https://doi.org/10.47353/bj.v2i2.98

Hasanah, U., Keperawatan dan Profesi Ners, I., Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal, S., Laut, J., & Kendal, A. (2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 299–306.

Hidayati, R. K. N. & D. S. (2014). Kesepian Pemilik Hewan Peliharaan Yang Tinggal Terpisah Dari Keluarga. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 02(1), 21–35.

Imanina, F. N., & Suminar, D. R. (2022). Hubungan antara Pet Attachment dengan Kesepian pada Dewasa Awal Lajang yang Merantau. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 2(1), 315–323. https://doi.org/10.20473/brpkm.v2i1.31967

Indah, D., & Nadania, S. (2023). Peranan Hewan Peliharaan dalam Kaitannya sebagai Penghilang Stres pada Mahasiswa Universitas Padjadjaran. Acta Veterinaria Indonesiana, 11(1), 87–95.

Indriani, E., & Ervanda, R. (2021). Hubungan Antara Pet Attachment dengan Psychological Well-Being Pada Pencinta Hewan Peliharaan Di Bogor. Intensi : Jurnal Psikologi, 1(1), 10–15. https://doi.org/10.31479/intensi.v1i1.2

Juliadilla, R., & Hastuti H., S. C. (2019). Peran Pet (Hewan Peliharaan) Pada Tingkat Stres Pegawai Purnatugas. Jurnal Psikologi Integratif, 6(2), 153. https://doi.org/10.14421/jpsi.v6i2.1488

Kountul, Y. P. D., Kolibu, F. K., & Korompis, G. E. C. (2018). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal KESMAS, 7(5), 1–7.

Kurniasari, L., Mustikarani, L., & Ghozali, G. (2021). Pemenuhan Kebutuhan Spiritual untuk Menurunkan Tingkat Stress pada Narapidana Perempuan. Faletehan Health Journal, 8(03), 210–215. https://doi.org/10.33746/fhj.v8i03.228

Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres Akademik Mahasiswa dalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid 19. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 10(1), 31. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v10i1.5454

Nindya, K., Wulandari, A., Ayu, D., Alit, A., Astini, S., & Eka, I. W. (2022). Tingkat Stres Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa selama Pembelajaran Daring pada masa Pandemi COVID - 19 “ Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa Utara dalam Sistem Pembelajaran Daring. 2(2), 69–75.

Nur Hafizhah, D., Raihana Hamdan Prodi Psikologi, S., & Psikologi, F. (2021). Hubungan Pet Attachment dengan Psychological Well-Being pada Pemelihara Kucing Kota Bandung. Prosiding Psikologi, 7(1), 73–76. https://doi.org/10.29313/.v7i1.25627

Nurkholis, N. (2020). Dampak Pandemi Novel-Corona Virus Disiase (Covid-19) Terhadap Psikologi Dan Pendidikan Serta Kebijakan Pemerintah. Jurnal PGSD, 6(1), 39–49. https://doi.org/10.32534/jps.v6i1.1035

Putri, T. H., & Azalia, D. H. (2022). Faktor yang Memengaruhi Stres pada Remaja Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 10(2), 285. https://doi.org/10.26714/jkj.10.2.2022.285-296

Rachmah, E., & Rahmawati, T. (2019). Hubungan Pengetahuan Stress Dengan Mekanisme Koping Remaja. Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 10(2), 595–608. https://doi.org/10.33859/dksm.v10i2.517

Rahmawati, W. K. (2016). Efektivitas Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Menangani Stres Akademik Siswa. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), Vol 2(No 1), 22–30.

Rohmatillah, W. (2021). Stress Akademik antara Laki-laki dan Perempuan Siswa School from Home. 8, 38–52.

Sari, F. W., Aswir, Misbah, H., & Nuranti. (2021). analisa pembelajaran daring ke luring. Skripsi, 5(1), 88–100. https://doi.org/10.24014/jp.v16i2.10395

Schäfer, A., Pels, F., & Kleinert, J. (2020). Coping Strategies As Mediators Within The Relationship Between Emotion-Regulation And Perceived Stress In Teachers. International Journal of Emotional Education, 12(1), 35–47.

Zilcha-Mano, S., Mikulincer, M., & Shaver. (2012). Pets As Safe Havens And Secure Bases: The Moderating Role Of Pet Attachment Orientations. Journal of Research in Personality, 46(5), 571–580. https://doi.org/10.1016/j.jrp.2012.06.005


Article Metrics

Abstract view : 788 times
PDF - 232 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.11.4.2023.827-838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.