Efektivitas Terapi Bermain Playdough terhadap Perkembangan Motorik Halus pada Anak Autisme Usia 6-12 Tahun

Umi Hanik Fetriyah(1*), Afni Anggraini(2), Dwi Sogi Sri Redjeki(3)


(1) Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia
(2) Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia
(3) Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan anak dengan autisme salah satunya berada pada perkembangan motorik halus seperti sulit mengontrol tangan, menggenggam dan menulis. Upaya memperbaiki masalah perkembangan anak dengan menggunakan terapi bermain playdough. Tujuan pada penelitian ini adalah menganalisis efektivitas pemberian terapi bermain playdough terhadap perkembangan motorik halus pada anak autisme usia 6-12 tahun di Pondok Terapi Autisma Anak Manis di Kota Banjarmasin. Pada penelitian kuantitatif ini menggunakan desain pre eksperimen dengan sampel yakni anak autisme berusia 6-12 tahun yang diambil secara teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan observasi berupa ceklis dan SOP. Analisis mengunakan uji statistik Wilcoxon. Hasil penelitian yang didapat adalah mayoritas anak autisme berjenis kelamin laki-laki sebesar 73% dan berusia 8-10 tahun sebesar 46%. Perkembangan motorik halus responden sebelum pemberian terapi bermain playdough rata-rata sebesar 39.62 yaitu dalam kategori kurang. Perkembangan motorik halus pada responden setelah pemberian terapi bermain playdough rata-rata sebesar 56.15 kategori baik. Nilai p-value pre-posttest pada uji statistik Wilcoxon adalah p<0,05 dengan nilai sebesar 16.53. Rekomendasi kepada orangtua dapat memberikan perhatian dan stimulasi yang tepat dalam meningkatkan perkembangan motorik halus pada anak autisme menggunakan media terapi bermain playdough. Simpulan dalam penelitian ini adalah pemberian terapi bermain playdough efektif terhadap perkembangan motorik halus pada anak autisme dengan peningkatan perkembangan motorik halus sebesar 16.53.


Keywords


autisme; perkembangan motorik halus; playdough; terapi bermain

Full Text:

PDF

References


Agustina, S. (2017a). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Pembelajaran Seni Budaya Dengan Menggunakan Media Playdough Pada Anak Autis Kelas Iv Di Slb Autisma Dian Amanah Yogyakarta, i–162.

Agustina, S. (2017b). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Menggunakan Media Playdough Pada Anak Autis. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Menggunakan Media Playdough Pada Anak Autis, 6, 733–741.

Andarwulan, T., Ibrahim, A. S., Suparno, & Martutik. (2021). Teacher’s language input for recognizing the cognitive abilities of autistic student in classroom interaction. European Journal of Educational Research, 10(2), 593–606. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.2.593

Cai, S., Zhu, G., Wu, Y. T., Liu, E., & Hu, X. (2018). A case study of gesture-based games in enhancing the fine motor skills and recognition of children with autism. Interactive Learning Environments, 26(8), 1039–1052. https://doi.org/10.1080/10494820.2018.1437048

Christin Henny A.S, E. B. S. (2019). Perancangan Mainan Pada Anak Penyandang Autisme (The Design Of The Toys On Children With Disabilities Autism). E-Proceeding of Art & Design, 6(1), 533–545.

Kemendikbud Indonesia. (2020). Statistik Pendidikan Luar Biasa 2019-2020. Pusat Data dan Teknologi Informasi. (Vol. 1). Tangerang Selatan.

Lestari, D. (2018). Pengaruh Terapi Bermain Plastisin (playdought) Terhadap perkembangan Mototrik Halus anak Di SLB Wilayah Sidoarjo, 1–13.

Muthusamy, R., Padmanabhan, R., Ninan, B., & Ganesan, S. (2021). Impact of sensory processing dysfunction on fine motor skills in autism spectrum disorders. Physiotherapy Quarterly, 29(2), 44–48. https://doi.org/10.5114/pq.2020.100277

Pangestu, N., & Fibriana, A. I. (2017). Faktor Risiko Kejadian Autisme. Higeia, 1(2), 141–150.

Rahayuningrum, L., & Wahyuni, M. (2021). Terapi Bermain Playdough Pada Perkembangan Motorik Halus Anak Autis Di Rumah Sakit The Influence Of Playdough Play Therapy On Fine Motor Development In Children With Autism in Hospital. Journals of Ners Communityournals of Ners Community, 12, 131–142.

Salleh, Z., Melaka, P., Patakor, F. A., & Politechnic, M. (2019). Fingers Exergames to Improve Fine Motor Skill in Autistic Children, (November).

Sentosa, I. D., Ramadhaniyati, & Sukarni. (2017). Pengaruh Terapi Bermain Menggunting Kertas Terhadap Peningkatan Motorik Halus Pada Anak Dengan Autism Spectrum Disorders (Asd) Di Slb Bina Anak Bangsa Pontianak. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan (JIKK), 50, 1–11.

Suhartanti, I., Rufaida, Z., Setyowati, W., & Ariyanti, F. W. (2019). Effectiveness of Colouring and Playdough Method on Fine Motoric Skills of Pre School Student in Mojokerto , Indonesia Abstract :, 8(10), 242–251.

Sujatwanto, K. (2020). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 0 – 10 Melalui Media Playdough Pada Siswa Autis Di Slb Negeri 1 Bantul, 1(2), 14–19.

Suraya, C. (2020). Pengaruh Terapi Bermain Terhadap Interaksi Sosial Anak Autuisme Do Sekolah Luar Biasa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sutapa, P., Prasetyo, Y., Arjuna, F., & Prihatanta, H. (2019). Differences of Influence of Playing Playdough and Puzzles on Fine Motor Skills and Logical-Mathematical Intelligence in Early Childhood, 278(YISHPESS), 171–174. https://doi.org/10.2991/yishpess-cois-18.2018.44

Talkar, T., Williamson, J. R., Hannon, D. J., Rao, H. M., Yuditskaya, S., Claypool, K. T., … Quatieri, T. F. (2020). Assessment of Speech and Fine Motor Coordination in Children with Autism Spectrum Disorder. IEEE Access, 8, 127535–127545. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.3007348

Ward, K., & Metha, S. (2019). The Use of a Stimulus Control Transfer Procedure to Teach Motivation-Controlled Mands to Children with Autism. Focus on Autism and Other Developmental Disabilities, 34(4), 215–225. https://doi.org/10.1177/1088357619838273

Wardah, E. Y., & Madechan. (2017). JURNAL PENDIDIKAN KHUSUS Bermain Playdough Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Autis di SDLB Diajukan kepada Universitas Negeri Surabaya Bermain Playdough Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Autis di SDLB, 1–13.

Yusuf, A., Ummam, A. F., Nastiti, A. A., & Yunitasari, E. (2020). The intervention of effective playdough activity on the increase of cognitive development of autistic children. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(3), 786–792.

Zablotsky, B., Black, L. I., Maenner, M. J., Schieve, L. A., Danielson, M. L., Bitsko, R. H., … Boyle, C. A. (2019). Prevalence and trends of developmental disabilities among children in the United States: 2009–2017. Pediatrics, 144(4), 2009–2017. https://doi.org/10.1542/peds.2019-0811.


Article Metrics

Abstract view : 434 times
PDF - 175 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.11.4.2023.849-858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.