Dampak Adiksi Game Online terhadap Pola Tidur dan Aktivitas

Petriana Ekklesia Mahmud(1*), Nelma Liklikwatil(2)


(1) STIKES Pasapua Ambon
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Maraknya game online diikuti juga dengan munculnya berbagai dampak negatif pada segi finansial, kesehatan, prestasi belajar bahkan pola interaksi individu. Dikatakan adiksi game online akan merusak pola tidur dan aktivitas. Melihat masalah yang ada maka penelitian ini ditujukan untuk menganalisis dampak adiksi game online terhadap pola tidur dan aktivitas fisik pelajar di Kota Ambon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain survey analitik pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah Pelajar SMA yang berdomisili di Kecamatan Sirimau. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling didapatkan 100 siswa. Uji statistic yang digunakan adalah uji chi square. Hasil penelitian didapatkan mayoritas responden tidak mengalami adiksi game online memiliki pola tidur baik 31 responden (31%), dan mayoritas pada kelompok adiksi game terdapat 28 responden (28%) yang mengalami pola tidur kurang baik. Hasil analisis uji chi square didapatkan nilai p 0,043. Hasil penelitian tentang adiksi game online menyatakan responden kurang melakukan aktifitas fisik yaitu 35 responden (35%) dan pada responden yang tidak mengalami adiksi game online mayoritas melakukan aktifitas fisik yang baik yaitu 28 responden (28%). Hasil chi square nilai p 0,007. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan adiksi game online dengan pola tidur dan aktifitas fisik pelajar di Kota Ambon.


Keywords


adiksi game online; aktivitas fisik; pola tidur

Full Text:

PDF

References


APJJI (2018) Laporan Survey Penetrasi dan Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Jakarta.

Effendi, A. (2014) ‘Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Aktivitas Fisik Siswa ( Studi pada SMK Negeri 8 Surabaya Kelas X ) Ahmad Effendi Junaidi Budi Prihanto Abstrak’, Artikel, 02(03), pp. 605–608.

Gaol, T. L. (2012) ‘Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Di Fakultas Teknik Universitas Indonesia’, Universitas Indonesia.

Ghuman, D. and Griffiths, M. D. (2012) ‘A Cross-Genre Study of Online Gaming: Player Demographics, Motivation for Play, and Social Interactions Among Players’, International Journal of Cyber Behavior, Psychology and Learning, 2(1), pp. 13–29. doi: 10.4018/ijcbpl.2012010102.

Handayani, H. (2018) Healthy Nurse : Napping Sehat Bagi perawat dan Tenaga Kesehatan. Jakarta: UI Publishing.

Hidayat, Y. (2010) Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. 4th edn. Jakarta: Pusat Pengembangan kualitas Jasmani Kementrian Pendidikan Nasional.

Higuchi, S. et al. (2005) ‘Effects of playing a computer game using a bright display on presleep physiological variables, sleep latency, slow wave sleep and REM sleep’, Journal of Sleep Research, 14(3), pp. 267–273. doi: 10.1111/j.1365-2869.2005.00463.x.

Kemenkominfo, R. (2015) Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia, Kementerian Komunikasi dan Informatika Rep. Indonesia.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2018) Kebutuhan Tidur Sesuai Usia, Kemenkes RI.

Sapto Adi, dkk (2020) Model-Model Exercise dan Aktivitas Fisik. Malang: Wineka Media.

Sugiono (2011) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wong, D. L. (2008) Pedoman Klinis Keperawatan Pediatrik. 4th edn. Jakarta: EGC.


Article Metrics

Abstract view : 178 times
PDF - 29 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.11.4.2023.909-916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.