Hubungan Menggunakan Media Sosial dengan Perkembangan Emosional Anak Usia Pra Sekolah di Tamansari

Defi Savitri(1*), Atika Dhiah Anggraeni(2)


(1) Universitas Muhammadiyah Purwokerto
(2) Universitas Muhammadiyah Purwokerto
(*) Corresponding Author

Abstract


Anak-anak adalah berkat dari Tuhan dan harus dilindungi sehingga mereka dapat tumbuh menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab dan berpengaruh. Perkembangan anak terjadi paling cepat dalam lima tahun pertama kehidupan. Hubungan manusia hilang dalam pertambangan anak. Dalam era kemajuan teknologi yang cepat saat ini, penindasan media publik hanyalah salah satu dari banyak faktor yang dapat memiliki efek mendalam pada perkembangan anak sebagai orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan bagaimana paparan media massa mempengaruhi kesehatan mental anak-anak. Pengambilan sampel lintas-seksi digunakan untuk mengumpulkan data dari 110 peserta, dan tes chi-square dipakai untuk menganalisis data. Penelitian ini dilakukan di kota Tamansari. Data dikumpulkan dengan bantuan bantal. Menggunakan tes chi-square di SPSS, para penulis menemukan bahwa ada korelasi antara penggunaan media sosial anak-anak prasekolah dan perkembangan emosional mereka, dengan nilai p 0.001 (n = 110) dan nilai p 0.01 < 0.050 (Ha accepted and Ho rejected). Seseorang dapat menyimpulkan bahwa pertumbuhan emosional anak usia prasekolah Tamansari terkait dengan paparan mereka pada media publik.


Keywords


anak usia prasekolah; penggunaan media sosial; perkembangan emosional

Full Text:

PDF

References


A.S. Page, A. R. Cooper, P. Griew, and R. J. (2018). Children’s screen viewing is related to psychological difficulties irrespective of physical activity. Pediatrics, 126, no. 5, e1011-7

Ali, N., & Yeni, R. (2018). Metode Pengembangan Sosial Emosional. Universitas Terbuka.

Andy Lesmana (2019). Definisi Anak. Kompasiana.com/alesmana/55107a56813311573bbc6520/definisi-anak.

Bansal S, Mahajan RC. Impact of mobile use amongst children in rural area of Marathwada region of Maharashtra, India. IJCP. 2018;5(1):1–5.

Budi Susilo (2020). Gunakan Media Sosial Secara Berlebihan Memberi Efek Negatif,Simak Tiga Hal Ini. https://kaltim.tribunnews.com/2020/08/09/gunakan-media-sosial-secara-berlebihan-memberi-efek-negatif-simak-tiga-hal-ini.

Cox R1, Skouteris H, Rutherford L, Fuller- Tyszkiewicz M, Dell' Aquila D, Hardy LL.. Television viewing, television content, food intake, physical activity and body mass index: a cross- sectional study of preschool children aged 2–6 years. Health Promot J Austr. 2019 Apr;23(1):58– 62.

Daniel Goleman. (2018). Emotional Intelligence, terjemahan cetakan ke 22. jakarta: gramedia pustaka utama.

Fadilah, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Komunikasi Handphone (Hp) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa SMP Negeri 66 Jakarta Selatan. Skripsi. Program Studi Ilmu Tarbiyah. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Filtri, H. (2019). Perkembangan Emosional Anak Usia Dini Usia 5-6 tahun Ditinjau Dari Ibu yang Bekerja. Jurnal Pendidikan Anak Usia: Universitas Lancang Kunibf, 1(1).

Femmi Nurmalitasari ( 2020). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah

Gede, L., Puspita, M., & Ardani, I. G. A. I. (2018). Prevalensi Masalah Emosi Dan Prilaku Pada Anak Prasekolah Di Dusun Pande , Kecamatan, 2, 1–9.

Gunawan, M. A. A. (2018). Hubungan Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Prasekolah di TK PGRI 33 Sumurboto Banyumanik. Universitas Diponegoro

Indanah, & Yulisetyaningrum. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(01), 221– 228.

Ihfa Firdausya, Humaniora (2021), Survei: 87% Anak Indonesia Main Medsos sebelum 13 Tahun

Istiqomah. (2018). Parameter Psikometri Alat Ukur Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ). Ilmiah Psikologi. Universitas Muhammadiyah Malang., 4, no.2, 251-264. https://doi.org/10.15575/psy.v412.1756

Kabali, H. K., Irigoyen, M. M., Nunez-Davis, R., Budacki, J. G., Mohanty, S. H., Leister, K. P., & Bonner, R. L. (2020). Exposure and Use of Mobile Media Devices by Young Children. Pediatrics, 136(6), 1044–1050. https://doi.org/10.1542/peds.2015-2151

Kemenkes RI. (2018). Riset Kesehatan Dasar 2018.

Noorshahiha, M. . (2019). The Level of Tolerance Sanctioning Children Using Gadgets by Parents Lead to Nomophobia: Early Age Gadget Exporsure. International Jurnal Artand Science, 09(02).

Nurmasari. (2018). Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Keterlambatan Perkembangan pada Aspek Bicara dan Bahasa pada Balita di Kelurahan Tambakrejo Surabaya. Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.

Riyanti Imron. (2019). Jurnal Keperawatan, Volume XIII, No. 2, Oktober 2019 ISSN 1907 – 0357 Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Prasekolah Di Kabupaten Lampung Selatan

Sigman, A. (2020). The Impact of Screen Media on Children: a Eurovision for Parliament., p89-109.

Septiana P, Irwanto I. Hubungan durasi tidur dengan kejadian obesitas pada anak usia 3–8 tahun. GMHC. 2018;6(1):63–7.

Starsburger, V. C. (2019). Children, adolescent, obesity and the media. American Academy of Pediatric.https://mediaindonesia.com/humaniora/398511/survei-87-anak-indonesia-main-medsos-sebelum-13-tahun

Trinika, Y. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah (3-6 tahun) di TK Swasta Kristen Immanuel Tahun Ajaran 2017-2018. Program Studi Keperawatan. Universitas Tanjungpura

Waddell, C. & Shepherd, C. (2018). Prevalence of Mental Disorders in Children and Youth. A Research Update Prepared for the British Columbia Ministry of Children and Family Devolepment, 1-5

Yesinta Bella. Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia 2-3 Tahun. Https://Www.Academia.Edu/19392969/Pertumbuhan_Dan_Perkembangan_ANAK_USIA_2_3_TAHUN


Article Metrics

Abstract view : 157 times
PDF - 13 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.12.1.2024.195-202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.