Hubungan Kecanduan Game Online dengan Perilaku Agresif pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Henry Wiyono(1*), Egga Ellisiya(2)


(1) STIKes Eka Harap Palangka Raya
(2) STIKes Eka Harap Palangka Raya
(*) Corresponding Author

Abstract


Jika remaja berlebihan bermain game online, adiksi game online dapat menyebabkan masalah psikologis seperti munculnya perilaku agresif, seperti menjadi marah, emosional, dan mengucapkan kata-kata kasar atau kotor. Kekecewaan atau kegagalan untuk mencapai pemuasan atau tujuan yang ditujukan pada orang atau benda disebut perilaku agresif. Ini lebih mirip dengan nafsu untuk menyerang karena mereka cenderung menyerang sesuatu yang mengecewakan, menghalangi, atau menghambat.. Mengetahui hubungan adiksi game online dengan perilaku agresif pada siswa/I di SMPN 9 Palangka Raya. Desain penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan Cross-sectional. Teknik sampling yang digunakan yaitu total sampling dengan jumlah sampel 52 siswa/i kelas VIII sesuai dengan kriteria insklusi yang ditetapkan. Data  yang dikumpulkan menggunakan dua jenis instrumen yaitu intrumen kecanduan game online dan intrumen perilaku agresif yang sudah melalui uji validitas dan reliablitas. Data yang didapatkan dianalisis dengan menggunakan uji Chi-Square  Berdasarkan hasil uji statistic Chi-square menunjukkan nilai p = <0,001, yang artinya H1 diterima. Adanya hubungan yang signifikan antara adiksi game online dengan perilaku agresif pada siswa/I kelas VIII SMPN 9 Palangka Raya. Berdasarkan hasil penelitian hendaknya pihak sekolah dengan bekerja sama dengan petugas Kesehatan (perawat, psikiater dan psikolog) dalam memberikan edukasi tentang bahayanya permainan game online yang dapat mempengaruhi Kesehatan fisik maupun psikologis seseorang.


Keywords


adiksi game online; perilaku agresif; siswa/i

Full Text:

PDF

References


American, P. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: DSM-5 (5. ed). New York: American Psychiatric Publ.

Annisa Amalia Sabella, Romiaty & Oktamia Karuniaty Sangalang, 2021, ‘Pengaruh Penggunaan Game Online Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Sma Muhammadiyah 1 Palangka Raya Tahun Ajaran 2020/2021’, Jurnal Education and development , 9(2), 501–505.

Aulya, A., Ilyas, A. & Ifdil, 2016, ‘Perbedaan Perilaku Agresif Siswa laki-laki dan Siswa Perempuan’, Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy (IICET) Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy (IICET) Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy (IICET).

Choirul, H. (2019). Hubungan Kecanduan Game Online Mobile Jegend Terhadap Interaksi Sosial Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Maulana Maliki Ibrahim Malang. Repository Psikologi UIN Maulana Maliki Ibramim, 95-98.

Elizabeth Theresia, Octa Reni Setiawati & Ni Putu Sudiadnyani, 2019, ‘Hubungan Kecanduan Bermain Game Online Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Smp Di Kota Bandar Lampung Tahun 2019’, Psyche: Jurnal Psikologi Universitas Muhammadiyah Lampung, 1(2), 96–104.

Geandra Ferdiansa & Neviyarni S, 2020, ‘Analisis perilaku agresif siswa’, JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 5, 8–12.

Hadisaputra, Asywid Nur, A. & Sulfiana, 2022, ‘Fenomena Kecanduan Game Online di Kalangan Remaja Pedesaan (Studi Kasus Dua Desa di Sulawesi Selatan)’, Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2).

Hastani, R.T. & Budiman, A., 2022, Hubungan Kecanduan Game Online dengan Kualitas Tidur pada Remaja Literature Review, vol. 3, Samarinda.

Hidayat , A. A. (2017). Metode penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.

Hutomo, M.R. & Ariati, J., 2016, Kecenderungan Agresivitas Remaja Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Siswa Smp Di Semarang, vol. 5.

Kuss, & Griffiths. (2009). Diagnosis and managemen of video games addiction. United Kingdom : Notthingham Trent University.

Kuss, D. J. (2013). Internet gaming addiction: Current perspectives. Psychology Research and Behavior Management, 6, 125–137.

Mais, F.R., Rompas, S.S.J. & Gannika, L., 2020, ‘Kecanduan Game Online Dengan Insomnia Pada Remaja’, Jurnal Keperawatan (JKp), 8(2), 18–27.

Mak , K. K., C, M., Watanabe, H., Kim , D., Bahar, N., Ramos, M., et al. (2014). Epidemiology of Internet Behaviors and Addiction Among Adolescents in Six Asian Countries. Cyberpsychology, Behavior, and Social Among Adolescents in Six Asian Countries. Psychology, Behavior, And Social Networking, 720-728.

Novrialdy, E., 2019, ‘Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya’, Buletin Psikologi, 27(2), 148.

Nurfaujiyanti, 2010, Hubungan pengendalian diri (self control) dengan agresifitas anak jalanan – PhD thesis, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta .

Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Pendekatan Praktis Ed 4 . Jakarta Selatan : Salemba Medika.

Oktalia, P., T, T. & Wakhid, A., 2020, Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Perilaku Agresif Siswa di SMP Negeri 4 Ungaran – PhD thesis, Universitas Ngudi Waluyo, Semarang.

Subqi, I., 2019, ‘Perilaku Agresif Remaja dalam Tinjauan Pola Asuh Keagamaan Orang Tua di Desa Baleadi Pati’, Indonesian Journal of Islamic Psychology, 1(2).

Yuni Elia Kartika, 2022, Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan adiksi game online pada siswa/i Sekolah Mengah Pertama Negeri 8 Palangka Raya – PhD thesis, Stikes Eka Harap, Palangka Raya.


Article Metrics

Abstract view : 188 times
PDF - 123 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.12.1.2024.117-124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.