Program Kesehatan Jiwa Berbasis Sekolah (PKJ-BS) untuk Mencegah Resiko Masalah Emosi pada Remaja

Wardiyah Daulay(1*), Mahnum Lailan Nasution(2), Jenny Marlindawani Purba(3), Dwi Eka Putri(4), Lilik Supriati(5)


(1) Universitas Sumatera Utara
(2) Universitas Sumatera Utara
(3) Universitas Sumatera Utara
(4) Universitas Andalas
(5) Universitas Brawijaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Program Kesehatan Jiwa Berbasis Sekolah (PKJ-BS) merupakan program yang dikembangkan oleh peneliti dimulai dari identifikasi status emosi remaja, penilaian melalui hasil ukur instrumen, intervensi dan fasilitasi siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan status emosi dan perilaku remaja sebelum dan sesudah dilaksanakan program kesehatan berbasis sekolah. Penelitian ini menggunakan desain ”One-group pretest-posttest design”. Populasi adalah seluruh siswa berjumlah 1067 siswa, sedangkan sampel diambil secara total sampling yaitu seluruh siswa di SMPN 1 Tanjung Morawa. Analisis bivariat menggunakan uji dependent t-test. Hasil penelitian menunjukkan masalah emosi pada siswa dikategorikan sehat sebanyak 91.2%, resiko sebanyak 5.4% dan gangguan sebanyak 3.4%. Masalah emosi yang timbul pada siswa yaitu masalah  cemas atau khawatir, siswa merasa tidak bahagia, sedih atau menangis dan banyak yang ditakuti.  Hasil uji didapatkan nilai p-value 0.00, artinya ada pengaruh program kesehatan jiwa berbasis sekolah terhadap status emosi siswa. Perubahan status emosi siswa karena siswa telah diberikan edukasi kesehatan jiwa dan diberikan intervensi REBT (Rational Emotive Behavioral Therapy) yang bertujuan untuk menghilangkan gangguan emosional, membangkitkan kepercayaan diri dan kemampuan diri individu. 


Keywords


emosi; kesehatan jiwa; program; remaja

Full Text:

PDF

References


BPS. (2021). Statistik Indonesia: Statistical Yearbook Of Indonesia 2022. Statistik Indonesia 2020.

Daulay, W., Wahyuni, S. E., & Nasution, M. L. (2021). Development of school-based mental health program. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences. https://doi.org/10.3889/oamjms.2021.6355

Daulay, W., Wahyuni, S. E., & Nasution, M. L. (2021). Optimalisasi Perkembangan Remaja Melalui Tkt (Terapi Kelompok Terapeutik) Di Kecamatan Medan Amplas Dan Medan Johor. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin. https://doi.org/10.36341/jpm.v4i2.1552

De Sevo, M. R. (2015). Pediatric nursing: Content review plus practice questions. Philadelphia: F. A. Davis Company

Fakhriyani, D. V., Sa’idah, I., & Annajih, M. Z. (2021). Pendekatan REBT Melalui Cyber Counseling untuk Mengatasi Kecemasan di Masa Pandemi COVID-19. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling. https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i1.8463

Hasanah, U., Susanti, H., & Panjaitan, R. U. (2019). Family experience in facilitating adolescents during self-identity development in ex-localization in Indonesia. BMC Nursing. https://doi.org/10.1186/s12912-019-0358-7

Kasih Bratha, S. D., Neherta, M., & Putri, D. E. (2018). The Effect of Therapeutic Group Therapy to Mother’s Knowledge about Cognitive and Psychosocial of Preschool-age Children. International Journal of Research in Nursing. https://doi.org/10.3844/ijrnsp.2018.10.15

Kieling, C., Baker-Henningham, H., Belfer, M., Conti, G., Ertem, I., Omigbodun, O., Rohde, L. A., Srinath, S., Ulkuer, N., & Rahman, A. (2011). Child and adolescent mental health worldwide: Evidence for action. The Lancet, 378(9801), 1515–1525. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(11)60827-1

Komala, I. R., Choirunnisa, R., & ... (2020). ANALISIS DETEKSI DINI KESEHATAN JIWA REMAJA DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA REMAJA SMAN 2 RANGKASBITUNG KABUPATEN LEBAK TAHUN 2020. Asian ….

Maryatun, S. (2014). Pengaruh Terapi Kelompok Terapeutik Terhadap Perkembangan Remaja di Panti Sosial Marsudi Putra Dharmapala Inderalaya. Jurnal Keperawatan Sriwijaya.

Notoatmojo. (2014). Pengukuran Pengetahuan & Sikap. Applied Microbiology and Biotechnology.

Oktapiani, N., & Putri P, A. (2018). Gangguan Kecemasan Sosial Dengan Menggunakan Teknik Rasional Emotif Terapi. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan). https://doi.org/10.22460/fokus.v1i6.3024

Parker, A. G., Trott, E., Bourke, M., Klepac Pogrmilovic, B., Dadswell, K., Craike, M., McLean, S. A., Dash, S., & Pascoe, M. (2022). Young people’s attitudes towards integrating physical activity as part of mental health treatment: A cross-sectional study in youth mental health services. Early Intervention in Psychiatry. https://doi.org/10.1111/eip.13189

Raufida, S. A., Wardani, I. Y., & Panjaitan, R. U. (2021). Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Masalah Kesehatan Jiwa Pada Remaja. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(1), 175–184.

Thahir, A., & Rizkiyani, D. (2017). Pengaruh Konseling Rational Emotif Behavioral Therapy (REBT) dalam Mengurangi Kecemasan Peserta Didik Kelas VIII SMP Gajah Mada Bandar Lampung. KONSELI : Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal). https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.560


Article Metrics

Abstract view : 99 times
PDF - 31 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.12.1.2024.97-104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.