Karakteristik Remaja yang Mengalami Kecemasan di Masa Pubertas

Triyana Harlia Putri(1*), Felesia Reynita Hany(2), Fitri Fujiana(3)


(1) Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura
(2) Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura
(3) Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura
(*) Corresponding Author

Abstract


Pubertas merupakan tahapan perkembangan dari proses kematangan individu menuju dewasa yang dilalui secara alamiah menimbulkan respon berbeda-beda oleh remaja.  Kecemasan merupakan  salah satu respon yang muncul dalam menghadapi pubertas.  Studi ini memiliki tujuan mengidentifikasi karakteristik remaja yang mengalami kecemasan di masa pubertas. Studi ini merupakan jenis deskriptif dengan pendekatan cross-sectional. Adapun populasi dalam studi ini sebanyak 309 remaja putri, teknik sampling yang digunakan yaitu probability sampling jenis stratified random sampling dengan jumlah sampel yang diambil adalah 174 remaja putri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner generalized anxiety disorder dengan 7 item pernyataan (GAD-7) yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Temuan utama dalam studi ini adalah remaja yang berusia 14 tahun lebih banyak mengalami kecemasan 91 (52,3%) dan kelas 9 mengalami kecemasan sebanyak 78(44,8%), suku melayu paling banyak mengalami kecemasan 66(37,9), agama islam lebih banyak mengalami kecemasan 123(50,7%), remaja tidak mengikuti ekskul memiliki kecenderungan merasakan cemas sebanyak 116(66,7%). Secara keseluruhan remaja mengalami kecemasan umum dengan level kecemasan ringan hingga berat. Hanya 38 (21,8) remaja putri yang tidak mengalami kecemasan. Bedasarkan item pernyataan kuesioner GAD-7 hampir setiap hari remaja mayoritas (37%) menjadi mudah jengkel atau marah.  Remaja memiliki kecenderungan mengalami kecemasan dari level ringan hingga berat dalam menghadapi awal pubertas.


Keywords


kecemasan; pubertas; remaja; sekolah

Full Text:

PDF

References


Agusmanto, Zalukhu. J. R. (2020). Tingkat Kecemasan Terhadap Sikap Anak SD Terhadap Menjaga Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Skolastik Keperawatan, 6(2), 114–122.

Cherenack, E. M., & Sikkema, K. J. (2022). Puberty- and Menstruation-Related Stressors Are Associated with Depression, Anxiety, and Reproductive Tract Infection Symptoms Among Adolescent Girls in Tanzania. International Journal of Behavioral Medicine, 29(2), 160–174. https://doi.org/10.1007/s12529-021-10005-1

Chlapecka, A., Wolfová, K., Fryčová, B., & Cermakova, P. (2023). Educational attainment and anxiety in middle-aged and older Europeans. Scientific Reports, 13(1). https://doi.org/10.1038/s41598-023-40196-4

Deardorff, J., Hayward, C., Wilson, K. A., Bryson, S., Hammer, L. D., & Agras, S. (2007). Puberty and Gender Interact to Predict Social Anxiety Symptoms in Early Adolescence. Journal of Adolescent Health, 41(1), 102–104. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2007.02.013

Deardorff, J., Marceau, K., Johnson, M., Reeves, J. W., Biro, F. M., Kubo, A., Greenspan, L. C., Laurent, C. A., Windham, G. C., Pinney, S. M., Kushi, L. H., & Hiatt, R. A. (2021). Girls’ Pubertal Timing and Tempo and Mental Health: A Longitudinal Examination in an Ethnically Diverse Sample. Journal of Adolescent Health, 68(6), 1197–1203. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2021.01.020

Felimban, N., Jawdat, D., Al-Twaijri, Y., Al-Mutair, A., Tamimi, W., Shoukri, M., Tamim, H., & Al-Alwan, I. (2013). Pubertal characteristics among schoolgirls in Riyadh, Saudi Arabia. European Journal of Pediatrics, 172(7), 971–975. https://doi.org/10.1007/s00431-012-1752-2

Guarneri, A. M., & Kamboj, M. K. (2019). Physiology of pubertal development in females. In Pediatric Medicine (Vol. 2, p. 1DUMMT). AME Publishing Company. https://doi.org/10.21037/pm.2019.07.03

Harris, E. P., Villalobos-Manriquez, F., Melo, T. G., Clarke, G., & O’Leary, O. F. (2022). Stress during puberty exerts sex-specific effects on depressive-like behavior and monoamine neurotransmitters in adolescence and adulthood. Neurobiology of Stress, 21, 100494. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ynstr.2022.100494

Hudanatstsani, N. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan Terhadap Sikap dan Tingkat Kecemasan Menghadapi Perubahan Fisik Masa Pubertas Pada Remaja Putri Di SMPN 2 Bandongan. Prodi D4 Keperawatan Magelang.

Joannès, C., Redmond, N. M., Kelly-Irving, M., Klinkenberg, J., Guillemot, C., Sordes, F., Delpierre, C., Neufcourt, L., Jean-Charles, B., Grégory, B., Laurence, B., Alizé, C., Enzo, C., Eleonore, C., Aurélie, C., Cyrille, D., Alfonsina, F. R., Michelle, K. I., Marine, M., … Meryl, S. (2023). The level of education is associated with an anxiety-depressive state among men and women – findings from France during the first quarter of the COVID-19 pandemic. BMC Public Health, 23(1). https://doi.org/10.1186/s12889-023-16280-9

Khasanah, S. M. R., & Mamnuah. (2021). Tingkat Stres Berhubungan dengan Pencapaian Tugas Perkembangan pada Remaja. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(1), 107–116.

Kim, M. L., & Shin, K. (2022). Exploring the Major Factors Affecting Generalized Anxiety Disorder in Korean Adolescents: Based on the 2021 Korea Youth Health Behavior Survey. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(15). https://doi.org/10.3390/ijerph19159384

Kipke, M. D. (n.d.). Forum on Adolescence Summary Of A Workshop On New Research Adolescent Development And The Biology Of Puberty. http://www.nap.edu/catalog/9634.html

Knight, J. A., Kehm, R. D., Schwartz, L., Frost, C. J., Chung, W. K., Colonna, S., Keegan, T. H. M., Goldberg, M., Houghton, L. C., Hanna, D., Glendon, G., Daly, M. B., Buys, S. S., Andrulis, I. L., John, E. M., Bradbury, A. R., & Terry, M. B. (2021). Prepubertal Internalizing Symptoms and Timing of Puberty Onset in Girls. American Journal of Epidemiology, 190(3), 431–438. https://doi.org/10.1093/aje/kwaa223

Leavitt-Alcántara, S., Betz, J., Medeiros Almeida, D., Ferrara, B., Xu, Y., Diop, E., Hamilton, O., Young, C., & Ragsdale, J. R. (2023). Religiosity and religious and spiritual struggle and their association to depression and anxiety among adolescents admitted to inpatient psychiatric units. Journal of Health Care Chaplaincy, 29(1), 1–13. https://doi.org/10.1080/08854726.2022.2040227

Maulana, T. A. (2019). Gambaran Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Semester Satu Di Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha Tahun 2019. Jurnal Kedokteran Maranatha, 1–10.

Nadeem, M., Buzdar, M. A., Shakir, M., & Naseer, S. (2018). The Association Between Muslim Religiosity and Internet Addiction Among Young Adult College Students. Journal of Religion and Health, 1–8.

Rahma, F.N, Putri, T.H, Kholid Fahdi. (2023). Faktor Yang Memengaruhi Kualitas Tidur Pada Remaja Usia Sekolah Menengah Pertama. In JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia (Vol. 11, Issue 4).

Palloan, M. L. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan Remaja tentang Perubahan Fisik Pubertas dengan Sikap Menghadapi Pubertas di SMP 2 Kabupaten Pinrang. Jurnal Kesehatan Luwu Raya, 7(1).

Pfeifer, J. H., & Allen, N. B. (2021). Puberty Initiates Cascading Relationships Between Neurodevelopmental, Social, and Internalizing Processes Across Adolescence. In Biological Psychiatry (Vol. 89, Issue 2, pp. 99–108). Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/j.biopsych.2020.09.002

Putri, T. H., Fradianto, I., Narullita, D., Agusthia, M., & Afconneri, Y. (2022). Depresi, ansietas, dan stres remaja selama pandemi. 10(3), 633–640.

Rachmawati, A. A. (2020). Darurat Kesehatan Mental bagi Remaja. Egsaugm. https://egsa.geo.ugm.ac.id/2020/11/27/darurat-kesehatan-mental-bagi-remaja/

Siregar, S. A. (2021). Hubungan Pengetahuan Remaja putri dngan Kecemasan pada saat Menarche di SMP Ar-Rahman Tahun 2021. Evidance Bassed Journal, 49–54.

Stenson, A. F., Michopoulos, V., Stevens, J. S., Powers, A., & Jovanovic, T. (2021). Sex-Specific Associations Between Trauma Exposure, Pubertal Timing, and Anxiety in Black Children. Frontiers in Human Neuroscience, 15. https://doi.org/10.3389/fnhum.2021.636199

Stenson, A. F., Nugent, N. R., van Rooij, S. J. H., Minton, S. T., Compton, A. B., Hinrichs, R., & Jovanovic, T. (2021). Puberty drives fear learning during adolescence. Developmental Science, 24(1). https://doi.org/10.1111/desc.13000

Utami, Y. A. P. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Tingkat Kecemasan Remaja Dalam Menghadapi Menarche Pada Siswi Kelas V Dan Vi Di Sd Negeri 1 Ceper Klaten. Jurnal Keperawatan, 4(1), 1–12.

Wafda Marpunir Rahmah, N., Harlia Putri, T., Fujiana Program Studi Ilmu Keperawatan, F., Kedokteran, F., Tanjungpura, U., Jl Profesor Dokter H Hadari Nawawi, J. H., Laut, B., Tenggara, P., & Barat, K. (2023). Hubungan Strategi Koping Dengan Tingkat Kecemasan Remaja Dalam Menghadapi Menarche. Jkj): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 11(4).

Woo, K. S., Ji, Y., Lee, H. J., & Choi, T. Y. (2021). The association of anxiety severity with health risk behaviors in a large representative sample of korean adolescents. Journal of the Korean Academy of Child and Adolescent Psychiatry, 32(4), 144–153. https://doi.org/10.5765/jkacap.210017

Xie, S., Zhang, X., Cheng, W., & Yang, Z. (2021). Adolescent anxiety disorders and the developing brain: Comparing neuroimaging findings in adolescents and adults. In General Psychiatry (Vol. 34, Issue 4). BMJ Publishing Group. https://doi.org/10.1136/gpsych-2020-100411

Yunus, M. (2020). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Tes (Pencapaian Hasil Belajar) Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah, 1(1), 96–109.


Article Metrics

Abstract view : 322 times
PDF - 83 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.12.2.2024.281-290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.