Kajian Literatur: Gambaran Harga Diri Korban Perundungan pada Anak Remaja

Triyana Harlia Putri(1*), Faisal Khalid Fahdi(2), Syarifah Nurul Yanti Rizki Syahab Asseggaf(3)


(1) Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura
(2) Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura
(3) Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura
(*) Corresponding Author

Abstract


Lingkungan sekolah menjadi salah satu tempat mencuatnya kasus perundungan. Remaja yang merupakan korban perundungan memiliki kecenderungan mengalami penurunan harga diri. Kondisi ini apabila diabaikan dan terjadi terus menerus akan berdampak ke paling serius. Studi ini bertujuan mengidinetifikasi gambaran harga diri korban perundungan menggunakan metode kajian literatur dengan framework SPIDER. Proses review artikel diperoleh dari beberapa pangkalan data seperti Google Scholar, Garuda, Neliti, Pubmed, ScienceDirect, Sage, Research Gate, EBSCO. Teknik analisis hasil berupa analisis kontem yang menggunakan metode PRISMA. Berdasarkan hasil dari analisa ekstraksi artikel temuan utama dari telaah literatur sebanyak 12 artikel dari 39.721 artikel pada tahun 2020-2024 melaporkan bahwa korban perundungan pada remaja merasakan penurunan harga diri mulai dari level rendah hingga sedang yang diidentifikasi secara kuantitaif maupun kualitatif. Perundungan dapat terjadi di negara maju maupun negara berkembang. Korban maupun pelaku perundungan memiliki perbedaan tingkat harga diri yang terlihat dalam aspek harga diri korban perundungan. Remaja laki-laki maupun perempuan sama-sama berisiko menjadi korban perundungan. korban perundungan yang mengalami harga diri rendah rentan merasakan perubahan kognitif, afektif, psikomotor, fisologis, perilaku, sosial hingga terjadinya depresi, alextymia serta kecenderungan NSSI. Perundungan jenis verbal, resiliensi, keterampilan sosial serta tritmen seperti instruksi diri memiliki pengaruh pada korban perundungan. Instrumen korban perundungan paling banyak digunakan adalah Olweus Bully/Victim Questionnaire(OBVQ) dan Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES) sebagai instrumen harga diri paling banyak digunakan.


Keywords


harga diri; perundungan; remaja; sekolah

Full Text:

PDF

References


Aguspita Dewi, H., Suryani, S., Sriati, A., & Keperawatan Padjadjaran, J. (2023). The relationship between cyberperundungan and the risk of suicidal ideation in adolescents OPEN ACCESS. Jurnal Keperawatan Padjadjaran, 11(2), 118–123. https://doi.org/10.24198/jkp

Agustanadea C, Priyono D, Anggraini R. Hubungan Tingkat Stres dengan Tingkat emosional pada Pelaku Bullying Remaja di Pontianak. Tanjungpura of Journal Nursing Practice and Education.2019; 1-13.

Aziz, A. S., & Christiana, E. (2023). Self Esteem Pada Siswa Korban Perundungan, Pelaku Perundungan. Jurnal BK UNESA, 13(1), 96–102. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/51125

Babaee, E., Nojomi, M., Asadi-Aliabadi, M., & Eshrati, B. (2021). Perundungan and being bullied; how much can it increase the risk of depression and anxiety in students? A multilevel fixed-effect model analysis. Iranian Journal of Psychiatry and Behavioral Sciences, 15(2). https://doi.org/10.5812/ijpbs.109730

Baitina, A. (2022). Harga Diri Korban Perundungan. Jurnal Sinda, 2(3), 41–46. https://doi.org/10.28926/sinda.v2.i3.653

Bochaver, A. A., Korneev, A. A., & Khlomov, K. D. (2022). School Climate Questionnaire: A New Tool for Assessing the School Environment. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.871466

Carlén, K., Suominen, S., & Augustine, L. (2023). The association between adolescents’ self-esteem and perceived mental well-being in Sweden in four years of follow-up. BMC Psychology, 11(1). https://doi.org/10.1186/s40359-023-01450-6

Dewi, H. A., Suryani, S., & Sriati, A. (2023). The relationship between cyberperundungan and the risk of suicidal ideation in adolescents. Jurnal Keperawatan Padjadjaran, 11(2), 118–123. https://doi.org/10.24198/jkp.v11i2.2259

Dou, Y., Wongpakaran, T., Wongpakaran, N., O’Donnell, R., Bunyachatakul, S., & Pojanapotha, P. (2022). Perundungan Victimization Moderates the Association between Social Skills and Self-Esteem among Adolescents: A Cross-Sectional Study in International Schools. Children, 9(11). https://doi.org/10.3390/children9111606

Eni, T. A., A, M. A., & Halima, A. (2023). Pengaruh Harga Diri Terhadap Korban Perlakuan Perundungan Pada Remaja Di Sekolah X. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 2(5), 826–834.

Fadiah, D. A., Afifah, N. N., Fadillah, R. N., Effendi, R., & Fitria, R. (2023). Pengaruh Perundungan Terhadap Gangguan Psikologis Bagi Mahasiswa. Jurnal Inovasi Daerah, II(1), 1–15.

Fiddiana, N., Triana Jhonatha, A., & Ahmad, A. (2024). The Impact Of Self-Esteem On Adolescent Girls Victims Of Perundungan In Islamic Boarding Schools. Syntax Transformation, 5(1).

Gohal, G., Alqassim, A., Eltyeb, E., Rayyani, A., Hakami, B., Al Faqih, A., Hakami, A., Qadri, A., & Mahfouz, M. (2023). Prevalence and related risks of cyberperundungan and its effects on adolescent. BMC Psychiatry, 23(1). https://doi.org/10.1186/s12888-023-04542-0

Guo, X., Wu, S., Dong, W., Zhang, Y., Su, Y., & Chen, C. (2024). The Effect of Perundungan Victimization on Adolescent Non-Suicidal Self-Injury: The Mediating Roles of Alexithymia and Self-Esteem. Psychology Research and Behavior Management, 17, 783–797. https://doi.org/10.2147/PRBM.S450195

Hidayati, L. N., & Wahyuni, S. (2023). The impact of perundungan on adolescent self-concept. Bali Medical Journal, 12(1), 462–466. https://doi.org/10.15562/bmj.v12i1.3773

Låftman, S. B., Grigorian, K., Lundin, A., Östberg, V., & Raninen, J. (2024). Perundungan experiences before and after the transition from lower to upper secondary school: associations with subsequent mental health in a Swedish cohort. BMC Public Health, 24(1). https://doi.org/10.1186/s12889-023-17443-4

Mungala, B., & Nabuzoka, D. (2020). Relationship between Perundungan Experiences, Self-Esteem and Depression among secondary school pupils. In Medical Journal of Zambia (Vol. 47).

Nguyen, D. T., Wright, E. P., Dedding, C., Pham, T. T., & Bunders, J. (2019). Low self-esteem and its association with anxiety, depression, and suicidal ideation in vietnamese secondary school students: A cross-sectional study. Frontiers in Psychiatry, 10(SEP). https://doi.org/10.3389/fpsyt.2019.00698

Organization World Health. (2021). Kesehatan Mental Remaja.

Pardede, J. A., Huda, A., Saragih, M., & Simamora, M. (2021). Verbals Perundungan Related To Self-Esteem On Adolescents. Jendela Nursing Journal, 5(1), 16–22. https://doi.org/10.31983/jnj.v5i1.6903

Putri, T.H, Fradianto, I., Narullita, D., Agusthia, M., Afconneri, Y., Dewi, V., (2022). Depresi, Ansietas, Dan Stres Remaja Selama Pandemi. In JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia (Vol. 10)

Putri,T.H., & Priyono,D., (2022). Kesehatan Mental dan Kecanduan Internet selama Pandemi COVID-19. Solok: LPP Balai Insan Cendekia

Putri, T. H., Tafwidhah, Y., Fujiana, F., Maharani, D., & Miptaza, D. P. (2023). Cegah Depresi Remaja Melalui Edukasi dalam Meningkatkan Pengetahuan Harga Diri. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 6(11), 4566–4574. https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i11.12329

Rahmat, N. I., Hastuti, I. D., & Nizaar, M. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Menyebabkan Perundungan di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 7(6), 3804–3815.

Saaduddin, Sujadi, E., Sasferi, N., & Jumiarti, D. (2023). The Effect Of Self-Esteem On Resilience Among Victims Of Perundungan: Does Gender Play A Role? Educational Guidance and Counseling Development Jounal, 6(1), 1–13.

Salsabila, R., & Fitriyani, H. (2020). Pengaruh Teknik Self-Instruction Dalam Pendekatan Cognitive Behavior Therapy Untuk Meningkatkan Harga Diri Korban Perundungan. Insight: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 56–69.

Mahmud, S. (2021). The Relationship between Perundungan Types The Relationship between Perundungan Types and Social Supports in South Sulawesi, Indonesia. http://journal.alhikam.net/index.php/jrm

Mungala.B., Nabuzoka, D (2020). Relationship between Bullying Experiences, SelfEsteem and Depression among secondary school pupils.

Soto-Sanz, V., Piqueras, J. A., Rodríguez-Marín, J., Pérez-Vázquez, M. T., Rodríguez-Jiménez, T., Castellví, P., Miranda-Mendizábal, A., Parés-Badell, O., Almenara, J., Blasco, M. J., Cebrià, A., Gabilondo, A., Gili, M., Roca, M., Lagares, C., & Alonso, J. (2019). Self-esteem and suicidal behaviour in youth: A meta-analysis of longitudinal studies. Psicothema, 31(3), 246–254. https://doi.org/10.7334/psicothema2018.339

United Nations Children’s Fund (UNICEF). (2020). Situasi Anak di Indonesia - Tren, peluang, dan Tantangan dalam Memenuhi Hak-Hak Anak. Unicef Indonesia, 8–38.

Wardany, N. S., Rismawan, W., & Akbar, I. J. (2024). Self-Esteem Of Adolescent Victims Of Perundungan. Jurnal EduHealt, 15(01), 102–107. https://doi.org/10.54209/jurnaleduhealth.v15i01

Zhao, Y., Zheng, Z., Pan, C., & Zhou, L. (2021). Self-Esteem and Academic Engagement Among Adolescents: A Moderated Mediation Model. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.690828.


Article Metrics

Abstract view : 257 times
PDF - 122 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.12.3.2024.525-536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.