Hubungan Tingkat Stres dengan Risiko Bunuh Diri pada Mahasiswa Tingkat Akhir

I Gusti Agung Tresna Wicaksana(1*), Ni Kadek Tiya Yunadi Ningsih(2), Ni Made Dewi Wahyunadi(3)


(1) Institut Teknologi dan Kesehatan Bali
(2) Institut Teknologi dan Kesehatan Bali
(3) Institut Teknologi dan Kesehatan Bali
(*) Corresponding Author

Abstract


Prevalensi stres di Indonesia saat ini cukup tinggi, mencapai 71,6%, yang menunjukkan perlunya perhatian serius terhadap kesejahteraan mental mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara tingkat stres dan risiko bunuh diri di kalangan mahasiswa tingkat akhir di Institut Teknologi dan Kesehatan Bali. Dengan menggunakan desain analitik korelasi dan pendekatan cross sectional, studi ini melibatkan 236 mahasiswa tingkat akhir dan menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner DASS dan Scale of Suicide Ideation. Data dikumpulkan melalui Google Form dan dianalisis dengan uji korelasi Spearman Rho. Hasil menunjukkan hubungan signifikan antara tingkat stres dan risiko bunuh diri (p < 0,001; r = 0,232) dengan korelasi positif dan kekuatan korelasi rendah. Kesimpulannya, meningkatnya tingkat stres berhubungan dengan meningkatnya risiko bunuh diri. Mahasiswa diharapkan dapat memanage stres dan kesehatan mental dengan baik untuk mengurangi risiko bunuh diri dan mencari informasi terkait manajemen stres.


Keywords


mahasiswa tingkat akhir; risiko bunuh diri; tingkat stres

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, A. S., & Hijrianti, U. R. (2023). Peran dukungan sosial dalam menghadapi fase quarter life crisis dewasa awal penyandang disabilitas fisik. Cognicia, 11(1), 15-23.

Apriyana, R., Widianti, E., & Muliani, R. (2020). The Influence of Mandala Pattern Coloring Therapy Toward Academic Stress Level on First Grade Students at Nursing Undergraduate Study Program. NurseLine Journal, 5(1), 186. https://doi.org/10.19184/nlj.v5i1.13556

Ari. (2022). Keperawatan Jiwa. Br Karo, M., Br Barus, M., Br Sitinjak, S. P., & Sri H Ginting, F. (2022). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Prodi Ners Tingkat III Di STIKes Santa Elisabeth Medan Tahun 2021. Healthcaring: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 1(2), 53–61. https://doi.org/10.47709/healthcaring.v1i2.1643

Cinthia, R. R., & Kustanti, E. R. (2021). Pada Mahasiswa. Jurnal Empati, 6(April), 31–37.

Devi Darmawati. (2020). hubungan tingkat stres dengan siklus menstruasi pada remaja.

Diah Novitasari. (2022). hubungan tingkat stres dan pola asuh orang tua dengan perilaku merokok pada remaja.

Dinata, W. W. (2015). Menurunkan Tekanan Darah Pada Lansiamelalui Senam Yoga. JORPRES (Jurnal Olahraga Prestasi), 11(2).

Eka. (2023). Hubungan depresi, stres akademik dan regulasi emosi dengan ide bunuh diri pada mahasiswa. 11(3), 689–706.

Febrianti, D., & Husniawati, N. (2021). Hubungan Tingkat Depresi dan Faktor Resiko Ide Bunuh Diri pada Remaja SMPN. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 13(1), 85–94. https://doi.org/10.37012/jik.v13i1.422

Gatari, A. (2020). Hubungan stres akademik dengan flow akademik pada mahasiswa. Cognicia, 8(1), 79–89. https://doi.org/10.22219/cognicia.v8i1.11739

Hidayat. (2023). Gambaran Persepsi Mahasiswa Tentang Kejadian Bunuh Diri Di Kota Semarang. 31–41.

Himmah, A. F., & Shofiah, N. (2021). Pengaruh self efficacy dan manajemen waktu terhadap stres akademik pada siswa. Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS), 1(1), 31-38.

Idham, A. F., Sumantri, M. A., & Rahayu, P. (2019). Ide Upaya Bunuh Diri pada Mahasiswa. Intuisi Jurnal Psikologi Ilmiah, 11(3), 177–183. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/INTUISI

Kurnia, P., Risnawati, E., & Avati, P. (2022). Stress Akademik Mahasiswa Semester Awal Dan Mahasiswa Semester Akhir: Studi Komparatif Dalam Situasi Pembelajaran Daring. Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi, 20(2). https://doi.org/10.47007/jpsi.v20i2.232

Lestari, P. E., Ramaita, R., & Ameliati, S. (2021). Studi Literatur : Hubungan Tingkat Stres Dengan Motivasi Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi. Indonesia Jurnal Perawat, 6(1), 15. https://doi.org/10.26751/ijp.v6i1.869

Listia. (2022). Gambaran Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Tingkat Iv Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Prodi Sarjana Keperawatan Itekes Bali.

Lutviana Sari, S. (2019). Hubungan Tingkat Stres Dengan Kejadian Keinginan Bunuh Diri Pada Remaja Di Universitas Muhammadiyah Jakarta. JURNAL Keperawatan Jiwa, 1–13.

Mandias, R. J. (2022). Academic Stress With Suicide Behavior in College Students. Klabat Journal of Nursing, 4(1), 68. https://doi.org/10.37771/kjn.v4i1.797

Muhamad, N. (2023). Ada 971 Kasus Bunuh Diri sampai Oktober 2023, Terbanyak di Jawa Tengah.

Novitayani, S., & Nurhidayah, I. (2023). Analisis Risiko Bunuh Diri pada Mahasiswa Kesehatan di Kota Banda Aceh. Jurnal Epidemiologi Kesehatan Komunitas, 8(1), 61–68. https://doi.org/10.14710/jekk.v8i1.15780

Priscitadewi, P. A. A., Rahadianti, D., Hidayati, S., & Dahlia, Y. (2022). Karya tulis ilmiah hubungan kecerdasan emosional dan manajemen waktu terhadap tingkat stress pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar. In Prosiding Seminar Nasional UNIMUS (Vol. 5).

Rahmawati, A., Mandagi, C., & Rattu, J. (2020). Hubungan antara tingkat stres dengan motivasi mahasiswa penulis skripsi di fakultas kesehatan masyarakat universitas sam ratulangi manado. Jurnal KESMAS, 9(7), 53–58. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/kesmas/article/view/31612

Rusdi, R. (2015). Hubungan antara efikasi diri dan manajemen waktu terhadap stres mahasiswa farmasi semester IV Universitas Mulawarman. Ejournal Psikologi, 1(4), 53-64.

Setiadi, S. N., & Selviana, S. (2024). Hubungan Optimisme dan Dukungan Sosial Keluarga dengan Adversity Quotient pada Siswa Kelas XI MAN 4 Jakarta. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 8(1), 1-10.

Seto, S. B., Wondo, M. T. S., & Mei, M. F. (2020). Hubungan Motivasi Terhadap Tingkat Stress Mahasiswa Dalam Menulis Tugas Akhir (Skripsi). Jurnal Basicedu, 4(3), 733–739. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.431

Swarjana. (2023). Metodelogi Penelitian kesehatan.

Syelviani, M. (2020). Pentingnya manajemen waktu dalam mencapai efektivitas bagi mahasiswa (studi kasus mahasiswa Program Studi Manajemen UNISI). Jurnal Analisis Manajemen, 6(1), 66-75.

Vinahapsari, C. A., & Rosita, R. (2020). Pelatihan manajemen waktu pada stres akademik karyawan penuh waktu. Jurnal Bisnis Darmajaya, 6(1), 20-28.

World Health Organization. (2023). Suicide.


Article Metrics

Abstract view : 120 times
PDF - 18 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.12.4.2024.799-806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.