Hubungan Durasi Bermain Game Online dengan Kecemasan pada Remaja

Waluyo Rudiyanto(1*)


(1) Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung
(*) Corresponding Author

Abstract


Kecanduan game online dapat berdampak pada kesehatan fisik, mental dan sosial. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan hubungan durasi bermain game online dengan kecemasan pada remaja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analitik observasional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2024 di Desa Marga Agung Lampung Selatan. Variabel independen adalah durasi bermain game online dan variabel dependennya kecemasan. Populasi dalam penelitian adalah remaja dengan jumlah sampel berjumlah 346 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas dengan nilai alpha Cronbach 0,78-0,96. Pengolahan data melalui tahapan editing, coding, tabulating, entry dan cleaning. Analisis data menggunakan distribusi frekuensi  dan uji Chi-Square. Durasi bermain game online yang <6 jam sebanyak 81 orang (23,4%) dan ≥6 jam sebanyak 265 orang (76,6%). Kecemasan ringan sebanyak 85 orang (24,6%) dan kecemasan sedang sebanyak 261 orang (75,4%). Sebagian besar yang keluhan ringan adalah yang bermain dengan durasi <6 jam (33,3%) dan keluhan sedang adalah yang bermain dengan durasi ≥6 jam (78,1%). Ada hubungan durasi bermain game online dengan kecemasan pada remaja (p=0,036).


Full Text:

PDF

References


Bekir, S., & Çelik, E. (2019). Examining the factors contributing to adolescents’ online game addiction. Anales de Psicologia, 35(3). https://doi.org/10.6018/analesps.35.3.323681

Duman, H., & Ozkara, B. Y. (2021). The impact of social identity on online game addiction: the mediating role of the fear of missing out (FoMO) and the moderating role of the need to belong. Current Psychology, 40(9). https://doi.org/10.1007/s12144-019-00392-w

Erna, F. (2021). Kecenderungan Kecanduan Game Online Pada Masa Pandemi Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa. Journal Scientific of Mandalika (JSM).

Hamidah, R. N., & Rosidah, N. S. (2021). Konsep Kesehatan Mental Remaja dalam Perspektif Islam. Prophetic Guidance and Counseling Journal. https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v2i1.5122

Hew, J. J., Lee, V. H., T’ng, S. T., Tan, G. W. H., Ooi, K. B., & Dwivedi, Y. K. (2024). Are Online Mobile Gamers Really Happy? On the Suppressor Role of Online Game Addiction. Information Systems Frontiers, 26(1). https://doi.org/10.1007/s10796-023-10377-7

Karaca, S., Karakoc, A., Can Gurkan, O., Onan, N., & Unsal Barlas, G. (2020). Investigation of the Online Game Addiction Level, Sociodemographic Characteristics and Social Anxiety as Risk Factors for Online Game Addiction in Middle School Students. Community Mental Health Journal, 56(5). https://doi.org/10.1007/s10597-019-00544-z

Mulyati, L., & Sutandi, A. (2020). Hubungan Antara Kecanduan Game Online Dengan Tingkat Depresi Pada Remaja Di Desa Garawangi Kuningan. National Nursing Conference. https://doi.org/10.34305/nnc.v1i1.118

Noya, M. D., & Salamor, J. M. (2021). Dampak Kecanduan Game Online Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling (Studi Tentang Kebiasaan Mahasiswa Bermain Game Online Di Universitas Hein Namotemo. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan. https://doi.org/10.30598/jbkt.v5i1.1142

Purwaningsih, E., & Nurmala, I. (2021). The impact of online game addiction on adolescent mental health: A systematic review and meta-analysis. In Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences. https://doi.org/10.3889/oamjms.2021.6234

Refnandes, R., Fajria, L., & Nelwati, N. (2022). Analisis Hubungan Kondisi Psikologis dengan Kecanduan Gadget pada Remaja Selama Masa Pandemi Covid 19 di Kota Padang. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(2). https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i2.2361

Sirken, T., Maryorita, B., & Agussalim, A. (2020). Hubungan Frekuensi, Lama Dan Tingkat Keterikatan Game Online Dengan Perilaku Agresif Pada Siswa Kelas Xi Di Smk Negeri 3 Jayapura. Jurnal Keperawatan Tropis Papua. https://doi.org/10.47539/jktp.v3i1.99

Suharmanto, Daulay, S. A., Ulandari, A. S., & Yuningrum, H. (2023). Hubungan Jarak Mata Saat Bermain Game Online Dengan Keluhan Mata. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 2(5474), 1333–1336.

Sun, R. Q., Sun, G. F., & Ye, J. H. (2023). The effects of online game addiction on reduced academic achievement motivation among Chinese college students: the mediating role of learning engagement. Frontiers in Psychology, 14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1185353

Surbakti, T. P. D., Rafiyah, I., & Setiawan, S. (2023). Level of Online Game Addiction on Adolescents. Journal of Nursing Care, 5(3). https://doi.org/10.24198/jnc.v5i3.39044

Theresia, E., Setiawati, O. R., & Sudiadnyani, N. P. (2019). Hubungan Kecanduan Bermain Game Online Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Smp Di Kota Bandar Lampung Tahun 2019. Psyche: Jurnal Psikologi. https://doi.org/10.36269/psyche.v1i2.103

Virlia, S., & Setiadji, S. (2017). Hubungan Kecanduan Game Online Dan Keterampilan Sosial Pada Pemain Game Dewasa Awal Di Jakarta Barat. Psibernetika. https://doi.org/10.30813/psibernetika.v9i2.460

Yilmaz, R., Sulak, S., Griffiths, M. D., & Yilmaz, F. G. K. (2023). An Exploratory Examination of the Relationship Between Internet Gaming Disorder, Smartphone Addiction, Social Appearance Anxiety and Aggression Among Undergraduate Students. Journal of Affective Disorders Reports, 11. https://doi.org/10.1016/j.jadr.2023.100483


Article Metrics

Abstract view : 825 times
PDF - 113 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.12.3.2024.507-512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.