Literature Review: Pengaruh Terapi Berkuda pada Anak dan Remaja dengan Gangguan Autis

Tina Shinta Parulian(1*), Susanti Niman(2), Yura Witsqa Firmansyah(3)


(1) Universitas Santo Borromeus
(2) Universitas Santo Borromeus
(3) Universitas Santo Borromeus
(*) Corresponding Author

Abstract


WHO menyatakan bahwa setiap 66 anak di dunia, seorang diantaranya mengalami Autism Spectrum Disorders. Anak dengan ASD memiliki tingkat stress dan kecemasan sosial yang lebih tinggi, terutama dalam konteks sekolah umum yang membutuhkan perawatan non farmakologis yaitu Therapeutic Horseback Riding (THR). Tujuan penulisan literature review ini adalah mengidentifikasi pengaruh terapi berkuda pada anak remaja yang mengalami gangguan autis. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review dari artikel-artikel kesehatan periode tahun 2014-2024 dengan kata kunci untuk pencarian artikel di Pubmed dan Google Scholar yang dipakai untuk sintesis data adalah menggunakan Bahasa Inggris dengan keyword “Children”, “Autism Spectrum Disorder”, dan “Horseback Riding”. Artikel yang berhasil dikumpulkan sebanyak 10.317 artikel. Artikel yang tidak sesuai topik sebanyak 9.603 artikel. Artikel yang masuk sesuai judul sebanyak 714 artikel. Artikel yang tidak sesuai dengan kriteria inklusi dan kriteria eksklusi sebanyak 621 artikel. Artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi sebanyak 93 artikel dan artikel yang masuk dalam review sebanyak 10 artikel. Berdasarkan artikel yang dikumpulkan, didapatkan hasil bahwa terapi berkuda berpengaruh terhadap perilaku adaptif, komunikasi, dan kemampuan motoric anak dengan gangguan autis. Terapi berkuda dapat membantu menghasilkan postur dan keseimbangan anak yang lebih baik, serta dapat menguatkan otot dan meningkatkan motoric halus dan kasar pada anak autis. Saran kajian ini diharapkan bias menginformasikan instansi terkait seperti rumah sakit, puskesmas, dinas kesehatan, klinik untuk memberikan terapi berkuda pada anak dan remaja dengan autis.


Keywords


anak; autis; remaja; terapi berkuda

Full Text:

PDF

References


Gabriels, R. L., Pan, Z., Dechant, B., Agnew, J., Brim, N., & Mesibov, G. (2015). Randomized Controlled Trial of Therapeutic Horseback Riding in Children and Adolescents With Autism Spectrum Disorder. Journal of The American Academy of Child and Adolescent Psychiatry, 1-25. doi:http://dx.doi.org/10.1016/j.jaac.2015.04.007

Gabriels, R. L., Pan, Z., Guerin, N. A., Dechant, B., & Mesibov, G. (2018, July 16). Long-Term Effect of Therapeutic Horseback Riding in Youth With Autism Spectrum Disorder: A Randomized Trial. Frontiers in Veterinary Science, 5(156), 1-8. doi:doi: 10.3389/fvets.2018.00156

Harris, A., & Wiliiams, J. M. (2017). The Impact of a Horse Riding Intervention on the Social Functioning of Children with Autism Spectrum Disorder. International Journal of Environmental Research and Public Health, 1-19. doi:http://dx.doi.org/10.3390/ijerph14070776

Intan, T. (2019). Pemberdayaan Dan Edukasi Terhadap Orang Tua Anak Berkebutuhan KhususPenyandang Autisme Di Wilayah Kabupaten Garut. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 3(1), 66. https://doi.org/10.36339/je.v3i1.174

Kemeny, B., Burk, S., Hutchins, D., & Gramlich, C. (2022). Therapeutic Riding or Mindfulness: Comparative Efectiveness of Two Recreational Therapy Interventions for Adolescents with Autism. Journal of Autism and Development Disorders, 52, 2438-2462. doi:https://doi.org/10.1007/s10803-021-05136-z

Kodak, T., & Bergmann, S. (2020). Autism Spectrum Disorder: Characteristics, Associated Behaviors, and Early Intervention. In Pediatric Clinics of North America. https://doi.org/10.1016/j.pcl.2020.02.007

Mash, E. J., & Wolfe D. A. (2020). Abnormal Child Psychology. In Abnormal Child and Adolescent Psychology. https://doi.org/10.4324/9781315660271-2

Moody, E. J., Kaiser, K., Sharp, D., Kubicek, L. F., Rigles, B., Davis, J., McSwegin, S., D'Abreu, L. C., & Rosenberg, C. R. (2019). Improving Family Functioning Following Diagnosis of ASD: A Randomized Trial of a Parent Mentorship Program. Journal of Child and Family Studies.https://doi.org/10.1007/s10826-018-1293-z

Novianti, Amalia., Ayuningtyas, Aradewi Laksmi., Kurniawati, Farida. 2022. Intervensi Orang Tua pada Anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD): Kajian Literatur Sistematis. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Available from: https://www.researchgate.net/publication/353894952_Intervensi_Orang_Tua_pada_Anak_dengan_Autism_Spectrum_Disorder_ASD_Kajian_Literatur_Sistematis [accessed May 13 2024].

Nugraheni, S. A. (2012). Menguak Belantara Autisme. Buletin Psikologi, Vol. 20, No. 1-2, 2012: p 9-17.

Pino, I. P., Gonzalez, S. B., & Juste, M. P. (2020). Evaluation of an equine therapy program in Students with Autism Spectrum Disorder. Journal of Human Sport and Exercise, 15(4), 783-793. doi:doi:10.14198/jhse.2020.154.06

Rinarki., J.A. (2018). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Steiner, H., & Kertesz, Z. (2015). Effects of therapeutic horse riding on gait cycle parameters and some aspects of behavior of children with autism. Acta Physiologica Hungarica, 102(3), 324-335. doi: 10.1556/036.102.2015.3.10

Theodorou, P., Pappa, E. E., Gaidatzoglou, A., & Liapi, M. G. (2019). The effect of equine-assisted therapy in motor, adaptive and social skills of children with autism. Education Sciences, 9, 1-10. Retrieved from http://www.mdpi.com/journal/education

Zhao, M., Chen, S., You, Y., Wang, Y., & Zhang, Y. (2021). Effects of a Therapeutic Horseback Riding Program on Social Interaction and Communication in Children with Autism. International Journal of Environment Research and Public Health, 18(5), 1-11. doi:https://www.mdpi.com/1660-4601/18/5/2656#

Zhao, M., You, Y., LI, J., Healy, s., Taylor, A., Zhang, Z., . . . Zou, L. (2022). The Effects of Therapeutic Horseback Riding Program on Motor Skills in Children with Autism Spectrum Disorder. International Journal of Mental Health Promotion, 24(4), 475-489. doi:http://dx.doi.org/10.32604/ijmhp.2022.021361

Zoccante, L., Marconi, M., Ciceri, M. L., Gangliadoni, S., Gozzi, L. A., Sabaini, S., . . . Colizzi, M. (2021). Effectiveness of Equine-Assisted Activities and Therapies for Improving Adaptive Behavior and Motor Function in Autism Spectrum Disorder. Journal of Clinical Medicine, 10(1726), 1-10. doi:https://doi.org/10.3390/jcm10081726


Article Metrics

Abstract view : 58 times
PDF - 9 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.12.4.2024.1049-1064

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.