Perbedaan Tingkat Kecemasan Korban Body Shaming pada Pelajar dan Mahasiswa Baru
(1) Universitas Sari Mulia
(2) Universitas Sari Mulia
(3) Universitas Sari Mulia
(*) Corresponding Author
Abstract
Prevalensi bullying cenderung mengalami peningkatan pada pelajar dan mahasiswa di seluruh dunia. Perlakuan bullying sering ditemukan dengan bentuk body shaming. Korban body shaming diduga dapat mengalami kecemasan yang berdampak pada terganggunya prestasi belajar. Menganalisis perbedaan tingkat kecemasan korban body shaming pada pelajar SMAN 7 Banjarmasin dan mahasiswa baru Universitas Sari Mulia.Metode: Penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional pada 30 pelajar dan 30 mahasiswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling menggunakan kuesioner Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). Hipotesis dianalisis dengan uji independent sample t test. Hasil pengolahan data pada kedua kelompok sampel sama-sama menunjukkan fat shaming sebagai jenis body shaming yang dialami mayoritas responden pelajar (23,3%) dan 9 responden (30%) pada kelompok mahasiswa. Hasil pengolahan data pada kedua kelompok sampel juga sama-sama menunjukkan teman sebagai pelaku body shaming 14 responden (46,7%) pada kelompok pelajar dan 16 responden (53,3%) pada kelompok mahasiswa. Gambaran tingkat kecemasan responden korban body shaming mayoritas responden sama-sama mengalami kecemasan ringan. Hasil uji independent sample t test menunjukkan p-value sebesar 0,243. Tidak ada perbedaan tingkat kecemasan korban body shaming pada pelajar SMAN 7 Banjarmasin dan mahasiswa Universitas Sari Mulia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alini, A., & Meisyalla, L. N. (2021). Gambaran Kejadian Body Shaming Dan Konsep Diri Pada Remaja Di Smkn 1 Kuok. PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(2), 1170–1179.
Andi, A. (2023). Hubungan Body Shaming dengan Tingkat Kecemasan pada Mahasiswa Universitas Sari Mulia Banjarmasin. Universitas Sari Mulia Banjarmasin.
Asri, D. N., Anggriana, T. M., Kadafi, A., Dewi, N. K., Trisnani, R. P., Wardani, S. Y., Triningtyas, D. A., et al. (2021). Isu dan Tantangan Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Aspek Kehidupan. Magetan: AE Media Grafika.
Azzahra, A. (2022). Hubungan Pola Makan, Aktivitas Fisik dan Intensitas Penggunaan Media Sosial Dengan Status Gizi Lebih Pada Remaja di SMA Negeri 14 Jakarta Timur. Indonesian Journal Of Health Development, 4(1), 1–8.
Edmawati, M. D. (2023). Body Dysmorphic Disorder Konsep Penanganan, Konseling Kelompok & Teknik Cognitive Restructuring. Makassar: Nas Media Pustaka.
Gani, A. W., & Jalal, N. M. (2021). Persepsi Remaja Tentang Body Shaming. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 5(2), 155–161.
Hastuti, R., Soetikno, N., & Heng, P. H. (2021). Remaja Sejahtera Remaja Nasionalis. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Hidayat, U. S. (2021). Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Menyiapkan Generasi Emas 2045 - Strategi Membangun Generasi Cerdas, Berkarakter dan Berdaya Saing di Abad 21. Sukabumi: Nusa Putra Press.
Hidayati, E., & Nurwanah, N. (2019). Tingkat Kecemasan Terhadap Prestasi Akademik Pengurus Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah. Indonesian Journal For Health, 3(1), 13–19.
Idris, H. (2022). Seni Menjadi Mahasiswa unggul. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Kemenkes RI. (2022). Infodatin Situasi Kesehatan Remaja. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Manto, O. A. D., Nito, P. J. B., & Wulandari, D. (2020). Kejadian Bullying pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Banjarmasin Timur. Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 11(2), 473–481.
Nasrudin, M., Khuzaimah, M., Amalia, R., & Qorina, H. (2020). Gender Dalam Islam. Pekalongan: Penerbit NEM.
Ni’matuzahroh, N., Fitriati, S., & Sari, A. P. (2023). Psikologi Sekolah - Konsep, Isu, Intervensi Sekolah Peka Mental Health. Malang: UMM Press.
Nurmala, I. (2020). Mewujudkan Remaja Sehat Fisik, Mental dan Sosial (Model Intervensi Health Educator for Youth). Surabaya: Airlangga University Press.
Nuruddin, N. (2020). Students Today, Leaders Tomorrow 55 Mozaik Pemikiran Mahasiswa UMM untuk Indonesia Berkemajuan. Malang: UMM Press.
Pribadi, R. A. (2019). Hubungan Antara Citra Diri Negatif dengan Kecemasan Sosial Pada Remaja Putri Perkotaan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 8(1), 1656–1671.
Ramdan, I. M. (2018). Reliability and Validity Test of the Indonesian Version of the Hamilton Anxiety Rating Scale (HAM-A) to Measure Work-related Stress in Nursing. Jurnal Ners, 14(1), 33–40.
Rinaldi, K., Dinilah, A., Prakoso, B. Y., Siddik, F., Mianita, H., Nurjanah, M., Maulana, M. K., et al. (2022). Dinamika Kejahatan dan Pencegahannya - Potret Beberapa Kasus Kejahatan di Provinsi Riau. Malang: Ahlimedia Book.
Risa, R. (2023). Kasus Siswa Tikam Siswa SMAN 7 Banjarmasin, Korban Bullying Punya Pikiran Balas Dendam. Kanal Banjarmasin. Banjarmasin.
Riyadi, N. S., & Sa’id, M. (2021). Kita, Media Sosial, dan Body Shaming. Buletin KPIN (Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara), 7(3).
Riyanto, S., & Putera, A. R. (2022). Metode Riset Penelitian Kesehatan & Sains. Yogyakarta: Deepublish.
Saleh, L. M. (2023). Manajemen Teknik Relaksasi Otot Progresif Pada ATC. Yogyakarta: Deepublish.
Saputra, N. E., Safaria, T., & Rahardanto, M. S. (2022). Berani Berkarakter Positif. Jakarta: Bumi Aksara.
Swarjana, I. K. (2022). Konsep Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Persepsi, Stress, Kecemasan, Nyeri, Dukungan Sosial, Kepatuhan Motivasi, Kepuasan, Pandemi Covid-19, Akses Layanan Kesehatan -- Lengkap dengan Konsep Teori, Cara Mengukur Variabel, dan Contoh Kuesioner. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Ulfianasari, E., Winahyu, K. M., & Nainar, A. A. A. (2022). Cyberbullying dan Kecemasan Remaja: Sebuah Studi Deskriptif. Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia, 6(1).
UNESCO. (2019). Behind The Numbers: Ending School Violence and Bullying. Paris: United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.
Unicef. (2019). Analisis Lanskap Kelebihan Berat Badan Dan Obesitas di Indonesia. www.unicef.org. Retrieved from https://www.unicef.org/indonesia/id/laporan/analisis-lanskap-kelebihan-berat-badan-dan-obesitas-di-indonesia
UNICEF. (2020). Bullying in Indonesia: Key Facts, Solutions and Recommendations. Jakarta: United Nation Children’s Funds.
Wardani, L. M. I. (2020). Aplikasi Psikologi Positif: Pendidikan, Industri dan Sosial. Pekalongan: Penerbit NEM.
Warohmah, M. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika dengan Pendekatan Humanistik dan Kecemasan Belajar. Lombok: penerbit P4I.
Zaid, H., Sudiana, Y., & Wibawa, R. S. (2021). Teori Komunikasi dalam Praktik. Banyumas: Zahira Media Publisher.
Article Metrics
Abstract view : 33 timesPDF - 4 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.12.4.2024.977-988
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang
Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.