Hubungan Tingkat Pengetahuan Siswa terhadap Kejadian Bullying

Muhammad Ilhami(1*), Paul Joae Brett Nito(2), Cynthia Eka Fayuning Tjomiadi(3), Malisa Ariani(4)


(1) Universitas Sari Mulia
(2) Universitas Sari Mulia
(3) Universitas Sari Mulia
(4) Universitas Sari Mulia
(*) Corresponding Author

Abstract


Angka kejadian bullying pada remaja semakin meningkat. Dari hasil penelitian terdahulu menujukan angka kejadian bullying  rata-rata siswa SMA diwilayah Banjarmasin Timur yang pernah mengalami perilaku bullying dengan insiden prevalensi > 50%. Salah satu faktor penyebab utama terjadianya bullying adalah kurangnya pengetahuan tentang bahaya bullying. Tujuan untuk mengetahui hubungan Tingkat Pengetahuan siswa dengan kejadian bullying. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif diskriptif  dengan pendekatan Cross-Sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 88 responden, teknik pengambilan sampel Total sampling. Analisis data menggunakan uji Chi-Square. Pengambilan data dengan menggunakan kuesioner pengetahuan dengan hasil uji validitas r>0,34 dan Alpha Cronbach mendapatkan hasil 0,939. Kuesioner kejadian bullying dengan hasil uji validitas r tabel >0,3916 dengan reliabilitas lebih dari 0,6%. Tingkat pengetahuan siswa sangat rendah dengan jumlah sebanyak 52 (59,1%),angka kejadian bullying 77 kasus (pelaku dan korban) dengan jumlah pelaku 49 (55,7%), korban 28 (31,8%). Hubungan antara tingkat pengetahuan dengan kejadian bullying ( pelaku) didapat nilai p value 0.000, sedangkan  pada korban bullying didapat nilai p value 0.003. Ada hubungan tingkat pengetahuan dengan kejadian bullying disebabkan kurangnya informasi dan edukasi sehingga siswa mengangagap bullying sebagai candaan. Dengan adanya program pembelajaran anti bullying maka tingkat pengetahuan siswa akan meningkat dan dapat mencegah kejadian bullying di lingkungan sekolah.


Keywords


bullying; kejadian bullying; siswa; tingkat pengetahuan

Full Text:

PDF

References


Agisyaputri, E., Nadhirah, N. A., & Saripah, I. (2023). Identifikasi fenomena perilaku bullying pada remaja. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3, 19–30. https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/201/152

Chen, L., Sung, Y., & Cheng, W. (2017). How to Enhance Teachers’ Bullying Identification: A Comparison Among Providing A Training Program, A Written Definition, And A Definition with A Checklist Of Bullying Characteristics. The Asia-Pacific Education Researcher, 26(6), 351–359.

Damayanti, P. (2017). Kecerdasan Emosional dan Kualitas Hubungan Persahabatan. GADJAH MADA JOURNAL OF PSYCHOLOGY, 3(2), 86–97.

Frensh, W., Kalo, S., Mulyadi, M., & Bariah, C. (2017). KEBIJAKAN KRIMINAL PENANGGULANGAN CYBER BULLYING TERHADAP ANAK SEBAGAI KORBAN. USU Law Journal, 5(2), 34–45.

Jalal, N. M., Idris, M., & Muliana. (2021). Faktor-Faktor Cyberbullying Pada Remaja. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 5(2), 146–154.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2021). Profil Anak Indonesia 2021. In Profil Anak Indonesia. htttps//:www.kemenpppa.go.id

Khamdani, M. (2021). Psychological Impact of Early Childhood Development Due to Sexual Violence. Journal of Creativity Student, 6(2), 187–206. https://doi.org/10.15294/jcs.v7i2.38493

LESTARI, D. A. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Bullying Melalui Interaksi Teman Sebaya Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Malang [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang]. In repository UIN Malang (Vol. 17, Issue 1). https://doi.org/10.1016/j.biotechadv.2018.09.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.bbamem.2015.10.011%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27100488%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26126908%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cbpa.2017.03.014%0Ahttps://doi.org/

Manto, O. A. D., Nito, P. J. B., & Wulandari, D. (2020). Kejadian Bullying pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Banjarmasin Timur. Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 11(2), 473–481. https://doi.org/https://doi.org/10.33859/dksm.v11i2

Maria, D., Amry, R., Rahayu, B., & Oktavianto, E. (2021). Game Edukasi Sehat Jiwa sebagai Manajemen Pencegahan Bullying. Jurnal Keperawatan Jiwa, 9(3), 529–538.

Maulany, L. E., Yusra, A., & Rasimin. (2022). Dampak Perundungan ( Bullying ) Verbal terhadap Empati Korban pada Siswa SMPN 7 Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 195–201.

Nito, P. J. B., Ariani, M., Manto, O. A. D., & Wulandari, D. (2022). Identification and Classsification Cyber Bullying among University’s Students. Media Keperawatan Indonesia, 5(4), 302. https://doi.org/10.26714/mki.5.4.2022.302-308

Putri, H. N., Nauli, F. A., & Novayelinda, R. (2015). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja. JOM, 2(37), 1–31. https://doi.org/10.12816/0013114

Rahayu, B. A., & Permana, I. (2019). Bullying di Sekolah : Kurangnya Empati Pelaku Bullying dan Pencegahan. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 237. https://doi.org/10.26714/jkj.7.3.2019.237-246

Rahayu, M. I. (2020). Bullying: Penyebab, Dampak, Jenis, Cara Mengatasi, dll. Doktersehat.Com. https://doktersehat.com/informasi/kesehatan-umum/bullying/

Sari, H. N., Pebriyani, P., Nurfarida, S., Suryanto, M. F., Suri, A. A., & Nugraha, R. G. (2022). Perilaku bullying yang menyimpang dari nilai pancasila pada siswa sekolah. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 2095–2102. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2922

Silva, M. A. I., Pereira, B., Mendonça, D., Nunes, B., & de Oliveira, W. A. (2013). The involvement of girls and boys with bullying: An analysis of gender differences. International Journal of Environmental Research and Public Health, 10(12), 6820–6831. https://doi.org/10.3390/ijerph10126820

Sutono, Tri Widayanti, & Bety Agustina Rahayu. (2020). Perancangan Sistem Informasi dan Sarana Pelaporan Kasus Bullying Berbasis Web Menggunakan Teknologi Pemograman PHP dengan Framework Laravel. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 10(2), 44–48. https://doi.org/10.47701/infokes.v10i2.1032

Ulya, Z. (2019). Efektivitas Pelatihan “Care Teacher, Fight Bullying” untuk Meningkatkan Keterampilan Pembinaan Bullying pada Guru Sekolah Dasar. Analitika Jurnal Magister Psikologi UMA, 11(2), 144. https://doi.org/10.31289/analitika.v11i2.2957

Wakhid, A., Andriani, N. S., & Saparwati, M. (2019). Perilaku Bullying Siswa Usia 10-12 Tahun. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 25. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.25-28

Waliyanti, E., Kamilah, F., Fitriansyah, R. R., Studi, P., Keperawatan, I., & Yogyakarta, U. M. (2018). Fenomena Perilaku Bullying pada Remaja di Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia, 2(1), 50–64. https://doi.org/ISSN: 2580-3077

Wulandari, A. W., & Muis, T. (2016). Karakteristik Pelaku Dan Korban Bullying Di Sma Negeri 11 Surabaya Characteristics Of The Bullies And The Victims Of Bullying At Senior High Abstrak. 1.

Yuliana. (2020). Dampak Bullying terhadap Tingkat Kepercayaan Diri Siswa (Studi di MTs Laboratorium UIN STS Jambi) [Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi]. In Prodi Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi (Vol. 68, Issue 1). http://dx.doi.org/10.1016/j.ndteint.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ndteint.2017.12.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.matdes.2017.02.024

Yuliasari, H. (2020). Pelatihan Konselor Sebaya Untuk Meningkatkan Self Awareness terhadap. Jurnal Psikologi Insight, 4(1), 63–72.


Article Metrics

Abstract view : 59 times
PDF - 10 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.12.4.2024.1031-1040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.