Pelaksanaan Terapi Kognitif dan Psikoedukasi Keluarga terhadap Ansietas pada Klien Penyakit Kronik dengan Pendekatan Model Konsep Adaptasi Roy

Endang Widuri(1*), Budi Anna Keliat(2), Novi Helena Catharina Daulima(3)


(1) Mahasiswa Spesialis Keperawatan Jiwa Program Ners Spesialis Keperawatan Jiwa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, Kampus FIK UI.
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Ansietas merupakan salah satu dampak yang sering ditemukan pada klien dengan penyakit kronik. Tujuan dari penulisan karya ilmiah akhir ini adalah diketahui hasil penerapan Terapi Kognitif dan Psikoedukasi Keluarga pada klien ansietas menggunakan pendekatan Model Adaptasi Roy. Tindakan keperawatan ansietas pada penyakit kronik berupa tindakan generalis klien dan keluarga serta terapi kognitif dan psikoedukasi keluarga diberikan terhadap 12 responden pada kelompok pertama menunjukan hasil dampak penurunan tanda dan gejala dan peningkatan kemampuan yang lebih besar 78,02% dibandingkan pada 9 responden pada kelompok kedua yang diberikan tindakan keperawatan generalis klien dan keluarga serta terapi kognitif saja sebesar 71,05%. Hasil karya ilmiah ini direkomendasikan pada klien ansietas di Rumah Sakit Umum.

Keywords


Ansietas; Tindakan Keperawaeatan Generalis; Terapi Kognitif; Psikoedukasi Keluarga

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1024 times
PDF - 582 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.3.1.2015.1-5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: jurkep.jiwa@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.