EFEKTIVITAS SENAM OTAK MELALUI GERAKAN ARM ACTIVATION DAN TERAPI KOLASE TERHADAP MOTORIK HALUS PADA ANAK RETARDASI MENTAL
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Retardasi mental merupakan kondisi yang mengalami keterlambatan perkembangan dimulai pada masa anak, ditandai kemampuan kognitif di bawah normal dan terdapat kendala pada perilaku adaptif sosial. Masalah yang diakibatkan karena retardasi mental yaitu cara berfikirnya terlalu sederhana atau mengalami keterlambatan dalam berfikir dan menulis sehingga dalam bidang akademik sangat lemah, anak retardasi mental juga memiliki permasalahan pada aspek motorik halusnya. Banyak metode yang dapat diberikan pada anak retardasi mental seperti senam otak melalui gerakan arm activation da terapi kolase. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas senam otak melalui gerakan arm activation dibandingkan terapi kolase terhadap motorik halus pada anak retardasi mental. Rancangan penelitian ini menggunakan quasy experiment dengan desain penelitian two group pre-post test design. Uji statistik yang digunakan adalah uji Wilcoxon dan untuk mengetahui perbedaan efektifitas menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil uji statistik didapatkan hasil p value 0.000 (p>0.05) hal ini dapat disimpulkan terapi kolase lebih efektif dari pada pemberian senam otak melalui gerakan arm activation terhadap motorik halus pada anak retardasi mental di SLB Negeri Ungaran. Diharapkan peneliti selanjutnya bisa memodifikasi pada prosedur terapi kolase untuk meningkatan motorik halus anak retardasi mental.
Kata kunci : senam otak, arm activation, terapi kolase, motorik halus, anak retardasi mental
THE EFFECTIVENESS OF THE BRAIN GYM THROUGH ARM ACTIVATION MOVEMENT COMPARED TO KOLASE THERAPY ON FINE MOTORIC IN CHILDREN WITH MENTAL RETARDATION
ABSTRACT
Mental retardation is a condition when someone is experiencing a retarded development which starts from the children period that is characterized by below normal cognitive abilities and constraints on social adaptive behavior. The prevalence of mental retardation in Indonesia is 5.250.000 people suffering from mental retardation. Problems caused by mental retardation are the way of thinking that is too simple or experiencing a retardation in thinking and writing that it makes someone poor in academics. Also, a child with mental retardation has a problem in the fine motoric aspect. Many methods can be given to children with mental retardation such as a brain gym through arm activation movement and kolase therapy. The study aims at determining the effectiveness of the brain gym through arm activation movement compared to kolase therapy on fine motoric in children with mental retardation. The study uses quasy experiment with two group pre-post test research design. The statistical test used is Wilcoxon test and Mann-Whitney test to determine the difference of the effectiveness. The statistical test result in p value 0,000 (p>0,05). It can be concluded that kolase therapy is more effective than the brain gym through arm activation movement on the fine motoric in children with mental retardation at SLB Negeri Ungaran. it is suggested to the next researcher to modify the procedure of the kolase therapy to improve the fine motoric of the children with mental retardation.
Keywords : brain gym, arm activation, kolase therapy, fine motoric, children with mental retardation
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alimul Hidayat, A. Aziz. (2009). Pengantar ilmu keperawatan anak. Jakarta: Salemba Medika
Doloksaribu Tiurlan Mariasima & Giawa Martianus. (2015). Pengaruh terapi okupasi dengan tekhnik kolase terhadap perkembangan motorik halus anak autis di terapi anak mandiri center setiabudi Medan. Jurnal ilmiah PANNMED, Vol. 10 No. 2, Desember 2015
Franc. Andri Yanuarita. (2013). Memaksimalkan Otak Melalui Senam Otak (Brain Gym). Yogyakarta: Teranova Books
Insan Nera N & Sutrisna Nia. (2016).
Pengaruh metode senam otak melalui gerakan arm activation terhadap peningkatan kemampuan menulis permulaan anak cerebral palsy spastic di SLB D YPAC Bandung. Jurnal ilmiah JASSI_anakku, Vol. 17 No. 1, Juni 2016.
Kementrian kesehatan. (2010). Pedoman yankes anak di slb bagi petugas kesehatan. http://www.gizikia. depkes.go.id diperoleh tanggal 19 Desember 2017
Maryunani, Anik. (2010). Ilmu kesehatan anak dalam kebidanan. Jakarta : CV. Trans Info Media
Nadliroh. (2012). Strategi pembelajaran bagi ABK. http://www.balipost.co.id/mediadetail.php?module=detailber itaminggu&kid=13&id=59749 diperoleh tanggal 19 Desember 2017
Notoatmodjo, Soekidjo. (2012). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Pamadhi, Hajar. (2014). Seni keterampilan anak. Jakarta: Universitas terbuka
Suryanto Sigit A. (2009). https://books.google.co.id/books?id=tZbz_nwUNrMC&pg=PA101&dq=definisi+kolase&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwj8x6HwxubYAhUGOo8KHcxJC6AQ6AEIKDAA#v=onepage&q=definisi%20kolase&f=fal se diperoleh tanggal 19 Januari
Suyono Joko., Ranuh Gde.N., Soetjiningsih. (2013). Tumbuh kembang anak ed.2. Jakarta: EGC
Verayanti Sri & Muharrar Syakir. (2013). Kolase,montase,mozaik. Semarang: Esensi
Wiyani Novan Ardy. (2014). Buku ajar penanganan anak usia dini berkebutuhan khusus. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
Article Metrics
Abstract view : 1300 timesPDF - 537 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.6.1.2018.46-52
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang
Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.