HUBUNGAN DURASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR REMAJA

Hana Nur Rahmawati(1), Muhammad Khabib Burhanuddin Iqomh(2*), Hermanto Hermanto(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Internet merupakan rangkaian komputer yang terhubung dalam beberapa rangkaian jaringan. Salah satudi antaranya yaitu media sosial yang merupakan situs dimana seseorang bias membuat Web page pribadi kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Penggunaan media social sangat mempengaruhi aktivitas seseorang, salah satunya adalah motivasi belajar remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan durasi penggunaan media social dengan motivasi belajar remaja di SMAN 1 Gringsing. Desain yang digunakan adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian sebanyak 239 responden. Pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara durasi penggunaan media sosial dengan motivasi belajar remaja di SMAN 1 Gringsing responden yang menggunakan durasi media sosial dengan jumlah paling banyak masuk dalam kategori durasi rendah yaitu 152 responden (63,6%) dan responden motivasi belajar rata-rata masuk dalam kategori motivasi belajar sedang dengan jumlah 176 responden (73,6%) dengan ρ-value = 0,000 <α (0,05). Remaja sebaiknya mampu menyesuaikan waktu penggunaan media sosial dengan baik sehingga tidak lalai terhadap tugasnya sebagai pelajar.

 

Kata Kunci: Media sosial, motivasi belajar.


RELATIONSHIP OF DURATION OF USE OF SOCIAL MEDIA WITH TEEN LEARNING MOTIVATION

 

ABSTRACT

The internet is a series of computers that are connected in a series of networks. One of them is social media, which is a site where someone can create a personal Web page and then connect with friends to share information and communicate. The use of social media greatly influences a person's activities, one of which is the motivation to learn teenagers. The purpose of this study was to determine the relationship between the duration of the use of social media and the motivation to learn adolescents at Gringsing 1 Public High School. The design used is descriptive correlation with cross sectional approach. The sample in the study were 239 respondents. Sampling uses Simple Random Sampling. The results showed that there was a relationship between the duration of the use of social media and the motivation to learn adolescents at SMAN 1 Gringsing respondents who used the duration of social media with the highest number included in the low duration category of 152 respondents (63.6%) and respondents average learning motivation included in the category of moderate learning motivation with a total of 176 respondents (73.6%) with ρ-value = 0,000 <α (0.05). Teenagers should be able to adjust the time of using social media so that they are not negligent about their duties as students. Keywords: Social media, learning motivation.

Full Text:

PDF

References


Asdani Kindarto. (2010). Efektif Blogging dengan Aplikasi Facebook. Jakarta : Elex Media Komputindo

Dahlan, Sopiyudin. (2011). Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan. Edisi 5. Jakarta : Salemba Merdeka.

Djamarah, Syaiful Bhari. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Dosi. ((2013). Motif Penggunaan dan Interaksi Sosial di Twitter.

Gatot. S. (2014). Siaran Pers Tentang Riset Kominfo dan Unicef Mengenai Perilaku Anak dan Remaja dalam Menggunakan Internet. Pusat Data dan Saarana Informatika Kementrian Komunikasi dan Informatika.

Hanjani, Febyuka. (2013). Peningkatan Kebutuhan akan Media Sosial pad Remaja. Personal Growth, Conseling and Development Center.

Hutahahean, N. Br. (2012). Hubungan Penggunaan Situs Jejaring Sosial Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XII IPA SMA Di Kota Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Universitas Negeri Medan.

Ibrahim, Idi Subandi. (2011). Kritik Budaya Komunikasi, Yogyakarta. Jalasutra.

Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru.Ciputat: Gaung.

Mazman, S. G & Usluel, Y. K. (2011). Gender Differences in Using Social Network. TOJET: The Turkish Online Jurnal Of Education Technology.


Article Metrics

Abstract view : 6675 times
PDF - 3249 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.5.2.2017.77-81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.