HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DENGAN BEBAN KERJA GURU DI SEKOLAH LUAR BIASA

Fandi Muhbar(1), Dwi Heppy Rochmawati(2*)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Stres adalah suatu kondisi ketegangan yang bisa mempengaruhi emosi seseorang, proses berpikir, khawatir, gelisah dan takut. Stres dapat terjadi pada siapa pun dan di mana pun, termaksud pada guru yang berada di SLB. Setiap guru mengalami stres dari berbagai macam sumber seperti beban kerja yang terlalu berat, sampai dengan kondisi kerja yang tidak memuaskan. Penelitian ini bersifat analitik observasional dengan desain cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan wawancara. Jumlah responden sebanyak 30 orang dengan teknik total sampling. Data yang diperoleh diolah secara statistic dengan menggunakan uji spearman. Penelitian dengan jumlah responden 30 guru di dapatkan hasil hubungan antara tingakat stres dengan beban kerja guru SLB, diperoleh significancy 0,044 (p value<0,05). Diharapkan ada upaya yang dapat diberikan untuk mengurangi tingkat stres dan beban kerja guru tersebut.

 

Kata kunci: Tingkat stres, Beban kerja, SLB


THE RELATIONSHIP BETWEEN LEVEL STRESS WITH WORKLOAD OF TEACHERS IN EXTRAORDINARY SCHOOL

 

ABSTRACT

Stress is a condition of tension that can make a person's emotions, thought process,worry, anxiety and fear. Stress can happen to anyone and anywhere, including on teachers in extraordinary schools.Every teacher under stress from a variety of sources such as the workload is too heavy, to the working conditions unsatisfactory. This is an analytical observational study with cross sectional design. The data were collected using questionnaire and interview. There were 30 respondents obtained using total sampling technique. The obtained data were analyzed statistically using Spearman correlational test. The research with respondents 30 teachers obtained the relationship between stress levels with the workload of teachers in extraordinary school obtained significant 0,44 (p value<0,05. Expected efforts can be given to reduce the stress level and the workload of the teacher. Keywords: Stress levels, workload, extraordinary schools

Full Text:

PDF

References


Arismunandar, (2008). Perilaku organisasi dalam pendidikan, makassar: Badan penerbit universitas negeri makassar indonesia.

Arismunandar. (2008). 24.000 Guru di Sulawesi Selatan Menderita Stress Berat. dalam www.forumsdm.org. Dikutip tanggal 26 Oktober 2016.

Chandra, B. (2009). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : EGC

Delphie, B. (2009). Bimbingan Perilaku Adaptif Anak dengan Hendaya Perkembangan Fungsional. Klaten : Intansejati.

Efendi, F (2009). Keperawatan kesehatan komunitas: teori dan praktek dalam keperawatan. Jilid . jakarta: salemba medika.

Eres, F & Atanasoska, T. (2011). Occupational Stress of Teacher : A Comparative Study Between Turkey and Macedonia. International Journal of Humanities and Social Science.

Fathoni, A.R. (2006). Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Rineka Cipta.

Hariyati, M. (2011). Pengaru Beban kerja Terhadap Kelelahan Kerja pada pekerja Linting Manual Di PT.Djitoe Indonesia Tobacco Surakarta. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Hawari, (2008). Manajemen stress cemas dan depresi. Jakarta: FK Universitas Indonesia.

Hawari, D. (2007). Manajemen Stres, Cemas dan depresi.

Hidayat, A. A. (2007). Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah Edisi ke 2 Jakarta : Salemba Medika.

Indriyani,A.(2009). Pengaruh konflik peran ganda dan stress kerja terhadap kinerja perawat rumah sakit : Universitas Muhammadiyah malang

Lazarus & Folkman (2012). Stress appraisal and coping. New York : spinger publishing company, inc.

Nasir abdul & Muhith abdul (2011) Dasar – dasar keperawatan jiwa. Jakarta, Salemba Medika, 2011

Nasir abdul (2011). Dasar-dasar keperawatan jiwa pengantar dan teori salemba medika: jakarta

Notoatmodjo, S.(2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pendekatan Praktis Edisi 3. Jakarta : Salemba Medika.

Sastroasmoro, S.(2014). Dasar – Dasar Metodologi Penelitian Klinis Edisi ke-5. Jakarta : Sagung Seto.

Stuart, G. W.(2013). Prinsip dan Praktik Keperawatan Kesehatan Jiwa.Stuart.

Taringan. (2015). Gambaran Sumber Stres (stresor) Pada Guru SLB.Markus Medan

Videbeck, (2008). Buku ajar keperawatan jiwa. Jakarta: EGC.

Wijono, sutarto.(2010). Pisikologi industri dan organisasi. Jakarta: kencana.

Winarsuna, T. (2008) psikologi keselamatan kerja, Malang: UMM Press

Winarsunu (2008) pisikologi keselamatan kerja, malang: penerbitan. Universitas Muhammadiyah Malang.


Article Metrics

Abstract view : 4065 times
PDF - 1754 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.5.2.2017.82-86

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.