KEMAMPUAN INTERAKSISOSIAL SISWA USIA 10-12 TAHUN DIUNGARAN

Abdul Wakhid(1*), Nila Sari Andriani(2), Mona Saparwati(3)


(1) Universitas Ngudi Waluyo
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Ketrampilan social pada anak merupakan kemampuan sosial yang perlu dilatihkan sejak dini, sehingga perkembangan psikososial anak menjadi optimal dan dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan interaksi social siswa usia 10-12 Tahun di Ungaran. Desain penelitian ini deskriptif analitik dengan pendekatan survei. Populasi penelitian ini adalah siswa usia 10-12 tahun diUngaran, yaitu sebanyak 117 siswa dengan sampel adalah 91 siswa menggunakan teknik proportional random sampling. Alat pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan interaksi sosial siswa usia 10-12 tahun sebagain besar kategori sedang (60,4%). Sebaiknya anak sekolah usia 10-12 tahun meningkatkan kemampuan interaksi social mereka diantaranya dengan meningkatkan rasa saling menghormati dan menghargai sehingga proses belajar dapat berjalan dengan baik.

 

Kata kunci: Interaksi sosial, siswausia 10-12 tahun

 

DESCRIBE SOCIAL INTERACTION CAPABILITIES OF STUDENTS AGED 10-12 YEARS OLD IN UNGARAN.

 

ABSTRACT

Social skills in children are social abilities that need to be trained early, so that children's psychosocial development becomes optimal and can carry out their duties well. The purpose of this study was to describe social interaction capabilities of students aged 10-12 years old in Ungaran. The study design was descriptive analytic with survey approach. This study population was the students aged 10-12 years old in Elementary School 04 Sidomulyo Ungaran, as many as 117 students where the samples were 91 students using proportional random sampling technique. Data collecting tool used questionnaires. Analysis   data used the frequency distribution. The results showed that social interaction skills of students aged 10-12 years old were the majority of them in the middle category (60.4%). We recommend that school children aged 10-12 should improve their social interaction skills such as by increasing mutual respect and appreciating so that the learning process can run well.

 

Keywords: Social interaction capabilities, students aged  10-12 years old.


Full Text:

PDF

References


Hurlock (2007). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Notoatmodjo (2007). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Pramuwardani, D (2014). Hubungan Gambaran Diri dengan Interaksi Sosial Pada Anak Putri Obesitas di SMA 1 Pecangaan Kabupaten Jepara. KTI. STIKES NWU.

Vincentius (2009). Dinamika Kelompok. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Walgito (2008). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Wong (2009). Buku Ajar Keperwatan Pediatric. Jakarta : EGC.

Seema, G. B., & Kumar, G. V. (2018). Impact of social skills training on self-esteem among male and female adolescent students. Indian Journal of Positive Psychology, 9(1), 147-151. doi:http://dx.doi.org/10.15614/ijpp.v9i01.11761

Wakhid, A., Hamid, A. Y. S., & Daulima, N. H. C. (2013). Penerapan Terapi Latihan Ketrampilan Sosial Pada Klien Isolasi Sosial Dan Harga Diri Rendah Dengan Pendekatan Model Hubungan Interpersonal Peplau Di Rs Dr Marzoeki Mahdi Bogor. Jurnal Keperawatan Jiwa, 1(1).

Wu, Z., Hu, B. Y., Fan, X., Zhang, X., & Zhang, J. (2018). The associations between social skills and teacher-child relationships: A longitudinal study among Chinese preschool children. Children and Youth Services Review, 88, 582-590. doi:https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2018.03.052


Article Metrics

Abstract view : 974 times
PDF - 416 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.5.2.2017.87-90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.