HUBUNGAN PAPARAN GAME ONLINE BERUNSUR KEKERASAN TERHADAP KEJADIAN PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA

Arentha Ayu Pitakasari(1), Kandar Kandar(2*), Agung Pambudi(3)


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Game online adalah jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan komputer. Permainan pada game online kebanyakan menampilkan adegan agresif yang secara tanpa sadar perilaku agresif tersebut akan terekam dalam memori alam bawah sadar remaja sehingga sikap agresif pada remaja begitu mudah terbentuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan paparan game online berunsur kekerasan terhadap kejadian perilaku agresif pada remaja di Kelurahan Bulustalan Semarang. Penelitian ini merupakan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional dan sampel diambil secara total dari populasi yang berjumlah 42 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji statistik Chi – Square tabel 2 x 2. Uji Chi – Square didapatkan nilai p = 0.733, p > 0.005 disimpulkan tidak ada hubungan paparan game online berunsur kekerasan terhadap kejadian perilaku agresif pada remaja di Kelurahan Bulustalan Semarang. Responden yang sering terpapar game online berunsur kekerasan berjumlah 31 responden ( 73,8%) dan yang jarang berjumlah 11 responden (26,2%). Responden yang berperilaku tidak agresif agresif berjumlah 25 responden (59,5%) dan responden yang berperilaku agresif berjumlah 17 responden (40,5%).

 

Kata kunci: Game online, perilaku agresif

 

RELATIONSHIP OF ONLINE GAME EXPOSURE TO VIOLENCE TOWARDS AGRESSIVE BEHAVIOR IN ADOLESCENTS

 

ABSTRACT

The online game is a type of computer games that utilize a computer network. Most online games on games featuring aggressive scenes that are unknowingly aggressive behavior will be recorded in the memory of the unconscious teenager so aggressive attitude on adolescent so easily formed. This research goal  to know the relationship of  exposure to online gaming  fraternity violence against the incidence of aggressive behavior in teenagers in Bulustalan village. This research is a descriptive analytic with cross sectional approach and samples taken in total from a population numbering 42 respondents. Data taken by a questionnaire and analyzed using statistical test of Fisher. Fisher obtained value p = 0.733 p>0,005 concluded there is no relationship of exposure to online gaming fraternity violence against the incidence of aggressive behavior in teenagers in Bulustalan village. Respondents who were often exposed to online gaming fraternity violence amounted to 31 (73,8%) and respondents who seldom numbered 11 respondents (26.2%). Respondents who don’t behave aggressively aggressive totaled 25 respondents (59,5%) and respondents who behave aggressively totaled 17respondents (40.5%).

 Keywords: online game, aggressive behavior

Full Text:

PDF

References


Permana, Dwi Iman. (2012). Profil Kecenderungan Perilaku Agresif Remaja yang Bermain Online Game. [homepage on the Internet]. No date [cited 2015 Feb 9]. Available from : http://a-research.upi.edu/operator/upload/s_bk_0703953_chapter1.pdf

Nistanto, Reska K.(2014). Pengguna Internet Capai 3 Miliar [homepage on the Internet]. c2014 [updated 2014 May 08; cited 2015 Mar 5]. Available from : http://tekno.kompas.com/read/2014/05/08/1114312/tahun.ini.pengguna.internet.capai.3.miliar

Bintang. Kemkominfo. (2014). Pengguna Internet di Indonesia Capai 82 Juta [homepage on the Internet]. c2014 [update 2014 May 8; cited 2015 Mar 5]. Available from : http://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3980/Kemkominfo%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+Capai+82+Juta/0/berita_satker#.VPhUwnyUd3c

Maulana, Adhi. (2013). 7 Fakta Dunia Game di Penghujung Tahun 2013 [homepage on the Internet]. c2013 [update 2013 Des 11; cited 2015 Mar 5]. Available from : http://tekno.liputan6.com/read/771267/7-fakta-dunia-game-di-penghujung-tahun-2013

NR, Iman. (2013). Awas Game Online Kekerasan Picu Kejahatan Anak [homepage on the Internet]. c2013 [update 2013 Aug 28; cited 2015 Feb 18]. Available from http://mediabanten.com/content/awas-game-online-kekerasan-picu-kejahatan-anak

Gumelar, Linda Amalia Sari. (2015). Angka Kasus Anak Bermasalah Hukum Meningkat [homepage on the Internet]. c2012 [update 2012 Apr 27; cited 2015 Mar 5]. Available from http://www.politikindonesia.com/index.php?k=politik&i=33702-Angka-Kasus-Anak-Bermasalah-Hukum,-Meningkat

Ramadhani,Ardi. (2015). Hubungan Motif Bermain Game Online Dengan Perilaku Agresivitas Remaja Awal (Studi Kasus di Warnet Zerowings, Kandela, dan Mutant di Samarinda) [homepage on the Internet]. No date [cited 2015 Feb 9]. Available from : http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wpcontent/uploads/2013/04/eJournal_Ardi%20Ramadhani%20rev%20(04-13-13-02-17-37).pdf

Rollings, Andrew; Ernest Adams. (2006). Dasar – dasar desain game. Prentice Hall.2006.

N.K., Adaman. (2005). Desain sejarah permainan game online. McGraw-Hill.

Smart, Aqila. (2010). Cara Cerdas Mengatasi Anak Kecanduan Game. Jogjakarta : A+plus books.

Sujatmoko, Arif. (2012). Video Game mengubah Aktivitas Otak [homepage on the Internet]. c2012 [update 2012 Apr 27; cited 2015 Mar 5]. Available from : http://nationalgeographic.co.id/berita/2012/04/video-game-mengubah-aktivitas-otak

Surbakti. (2008). Awas Tayangan Televisi Tayangan Misteri dan Kekerasan Mengancam Anak Anda. Jakarta : PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Jackman, Ann. (2005). How to Negotiate. Jakarta : Erlangga.

Nisfiannoor, M. (2005). Perbandingan Perilaku Agresif Antara Remaja Yang Berasal Dari Keluarga Bercerai Dengan Keluarga Utuh. Journal Psikologi Vol. 3 No. 1 [serial online]. 2005 [cited 2015 Mar 14]. Available from : http://download.portalgaruda.org/article.php?article=62929&val=4564

Videbeck. Sheila L. (2008). Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Jakarta : Buku Kedokteran EGC.

Efendi, Ferry – Makhfudli. (2009). Keperawatan Kesehatan Komunitas Teori dan Praktik dalam Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Wasis. (2008). Pedoman Riset Praktis untuk Profesi Perawat. Jakarta : Buku Kedokteran EGC.

Nursalam. (20140. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Sastroasmoro, sudigdo. (2011). Dasar – Dasar Metodologi Penelitian Klinis Edisi ke-4. Jakarta : Sagung Seto

Hidayat, Aziz Alimul. (2007). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta : Salemba Medika.

Susilo, HW. (2012). Statistika & Aplikasi Untuk Penelitian Ilmu Kesehatan. Jakarta : Trans Info Medika.

Swarjana. I Ketut. (2012). Metodelogi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta : Andi Offset.

Hidayat, Aziz Alimul. (2014). Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisis Data. Jakarta : Salemba Medika.

Riyanto, Agus. (2013). Statistik Deskriptif Untuk Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika.

Setiadi. (2013). Konsep dan Praktik Penulisan Riset Keperawatan. Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Notoadmodjo. (2013). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Salemba Medika.

Budiharto. (2008). Metodologi Penelitian Kesehatan dengan Contoh Bidang Ilmu Kesehatan Gigi. Jakarta : EGC.

Dahlan, M. Sopiyudin. (2011). Statistik Untuk kedokteran Dan Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Hidayat, AA. (2009). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.


Article Metrics

Abstract view : 2236 times
PDF - 970 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.5.2.2017.96-102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.