ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRES DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

Fajar Rinawati(1*), Sucipto Sucipto(2)


(1) Akper Dharma Husada Kediri
(2) Akper Dharma Husada Kediri
(*) Corresponding Author

Abstract


Mahasiswa keperawatan adalah calon perawat yang harus memiliki kemampuan, baik pengetahuan, sikap dan keterampilan yang baik. Kemampuan mahasiswa ini dapat dipengaruhi oleh stres dan motivasi dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, peneliti ingin melihat faktor apa saja yang berpengaruh terhadap stres dan motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif analisis yang menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi stres dan motivasi belajar  mahasiswa. Analisa data menggunakan uji statistik dengan regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal, yaitu (1) jenis kelamin, tempat tinggal, penghasilan orang tua, pekerjaan orang tua dan urutan anak, semuanya tidak berpengaruh secara signifikan terhadap stres, (2) jenis kelamin, tempat tinggal, penghasilan orang tua, pekerjaan orang tua dan urutan anak tidak berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa, dan hanya penghasilan orang tua yang berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa dengan nilai p-value 0.048 (p-value < 0.05). Orang tua merupakan orang yang bertanggung jawab dalam biaya pendidikan anaknya, namun secara tidak langsung, jika mahasiswa tersebut mengalami tunggakan biaya pendidikan, hal ini akan mempengaruhi psikologis anak untuk belajar.

 

Kata kunci: faktor, stres, motivasi, dan mahasiswa

 

ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING STRESS AND STUDENT LEARNING MOTIVATION

 

ABSTRACT

Nursing students are prospective nurses who must have the ability, including good knowledge, attitude and good skills. This student ability can be influenced by stress and motivation in the learning process. Based on this, the researcher wants to see what factors influence student stress and learning motivation. This research is a quantitative research with descriptive analysis research design that analyzes the factors that influence stress and student learning motivation. Data analysis using statistical tests with linear regression. The results showed several things, the first gender, place of residence, parents 'income, parent's work and the order of children, all of which did not significantly influence stress, the second gender, place of residence, parents' income, parent's work and the order of children does not significantly influence student learning motivation, and only parents 'income significantly influences students' learning motivation with a p-value: 0.048 (p-value <0.05). Parents are responsible for their children's education costs, but indirectly, if the student experiences delinquent tuition fees, this will affect the child's psychological learning.

 

Keywords: factors, stress, motivation, and students


Keywords


faktor, stres, motivasi, dan mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Ali & Asrorori. (2010). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Dididk. Jakarta: Bumi Aksara

Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga

Kristini, R. E., & Mere, F. N. (2012). Hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi akademik pada mahasiswa prodi keperawatan S1 Program A angkatan I Stikes Rs. Baptis Kediri. Jurnal Penelitian STIKES Kediri, 3(1), 13-18.

Muslihah, E. (2019). Banyak yang Merekam tetapi Tak Menolong, Ini Fakta Kasus Mahasiswa Bunuh Diri di Lampung. https://regional.kompas.com/read/2019/02/23/15072161/banyak-yang-merekam-tetapi-tak-menolong-ini-fakta-kasus-mahasiswa-bunuh-diri?page=all. Kompas.com

Riyani, Y. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa (studi pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak).

Saudale, V (2016). Mahasiswa UI Diduga Gantung Diri karena Depresi. https://www.beritasatu.com/megapolitan/367736/mahasiswa-ui-gantung-diri-diduga-depresi. Berita Satu.com

Stuart, G.W. (2013). Principles and Practice of Psychiatric Nursing. 10th Ed. Canada: Evolve.

Sudarya, I. W., Bagia, I. W., Si, M., & Suwendra, I. W. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Stres pada Mahasiswa dalam Penyusunan Skripsi Jurusan Manajemen Undiksha Angkatan 2009. Jurnal Jurusan Manajemen, 2(1).

Sunarsih, T. (2010). Hubungan antara motivasi belajar, kemandirian belajar dan bimbingan akademik terhadap prestasi belajar mahasiswa di Stikes A. Yani Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).

Sutjiato, M. (2015). Hubungan faktor internal dan eksternal dengan tingkat stress pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. JIKMU, 5(1).

Upoyo, A. S., & Sumarwati, M. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Mahasiswa Profesi Ners Jurusan Keperawatan Unsoed Purwokerto. Jurnal Keperawatan Soedirman, 6(2), 81-87.

Varcarolis, E.M. & Halter, M.J. (2010). Psychiatric Mental Health Nursing, A Clinical Approach. 6th Ed. Canada: Elsevier.

Videback, S.L. (2011). Psychiatric-Mental Health Nursing. 4th Ed. China: Wolters Kluwer.

Yusuf, M. (2013). hubungan motivasi belajar dengan indeks prestasi akademik mahasiswa program studi ilmu keperawatan fakultas kedokteran unsyiah banda aceh. Idea Nursing Journal, 4(3).


Article Metrics

Abstract view : 9550 times
PDF - 2748 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.7.1.2019.95-100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.