Hubungan pola asuh orang tua dengan interaksi teman sebaya pada remaja

Tina Shinta Parulian(1*), Agnes Roma Yulianti(2)


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Masa remaja adalah periode transisi perkembangan kanak-kanak menuju dewasa, melibatkan perubahan biologis, kognitif dan sosio-emosional. Interaksi teman sebaya adalah hubungan timbal balik antara dua individu atau lebih dengan tingkat umur yang berdekatan yang saling mempengaruhi. Desain penelitian menggunakan deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional yang bertujuan mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan interaksi remaja kepada teman sebaya. Jumlah sampel 197 siswa kelas VII dan VIII SMPN 4 Pakuhaji Ngamprah. Teknik sampling menggunakan stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa bivariat menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara pola asuh demokratik, pola asuh otoriter dan pola asuh permisif dengan interaksi teman sebaya. Saran kepada pihak sekolah agar remaja diberi ruang untuk mengembangkan potensi yang dimiliki.

 

Kata kunci : pola asuh, remaja, interaksi, teman sebaya

 

RELATIONSHIP OF PARENT PARENTS WITH PEER INTERACTION ADOLESCENT

 

ABSTRACT

Adolescence is a transition period of childhood development toward adulthood, involving biological, cognitive and socio-emotional changes. Peer interaction is a reciprocal relationship between two individuals or more. The study design used descriptive correlation with a cross sectional approach which aims to determine the relationship between parenting parents and adolescent interactions with peers. The number of samples was 197 students of class VII and VIII of SMP 4 Pakuhaji Ngamprah. The sampling technique used stratified random sampling. Data collection used a questionnaire. Bivariate analysis used chi-square test. The results shows that there is a relationship between democratic parenting, authoritarian parenting and permissive parenting with peer interaction. The suggestions for the school are given encouragement to adolescent to develop their potential.

 

Key words: parenting, adolescents, peer interaction


Keywords


pola asuh, remaja, interaksi, teman sebaya

Full Text:

PDF

References


Ammar, Arif. (2014). Hubungan antara Interaksi Teman Sebaya dengan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas V SD Negeri 1 Bedagas Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga. Diakses pada alamat: http://eprints.uny.ac.id/13843/1/Skripsi%20Arif%20Muhammad%20Ammar%20-%2009108241047.pdf..

Asori & Ali. (2014). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bakri, Zulfikri. (2013). Gambaran Pola Asuh Orang Tua Tentang Kejadian Kriminal pada Remaja di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Makassar. Diakses pada alamat: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3124/1/Zulkifli%20Bakri.pdf.

Christina. (2014). Hubungan Gaya Pengasuhan Orangtua dengan Kemandirian Anak Usia Sekolah (6-12 Tahun) di SD Kristen Kanaan Sungai Raya Dalam Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat. Diakses pada alamat: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmkeperawatanFK/article/viewFile/12352/11245.

Daulay & Sartika. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Perkembangan Sosialisasi Remaja di SMS Negeri 15 Medan. Diakses pada alamat: https://jurnal.usu.ac.id/index.php/jkh/article/view/54.

Djohari. (2016). Pengaruh Interaksi Teman Sebaya dan Perkembangan Moral terhadap Perilaku Agresi Anak Usia Sekolah di Wilayah Miskin Perkotaan. Diakses pada alamat: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/84971.

Harianti. (2014). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Kenakalan Remaja pada Siswa/I Kelas XI IPA dan IPS di SMAN 1 Cikarang Timur Kabupaten Bekasi Tahun 2014.

Hurlock. (2013). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Ed Kelima. Jakarta: Erlangga.

Krisnamurti. (2013). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Kecerdasan Emosi Siswa Kelas VB SD Negeri Pujokusuman 1 Tahun Ajaran 2012/2013. Diakses pada alamat: http://eprints.uny.ac.id/15736/1/SKRIPSI.pdf.

Kumalasari & Hasanah. (2015). Penggunaan Handphone dan Hubungan Teman pada Perilaku Sosial Siswa SMP Muhammadiyah Luwuk Sulawesi Tengah. Diakses pada alamat: https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/4613/4498.

Kyle. (2014). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Jakarta: EGC.

Lahemma. (2016). Hubungan antara Pola Asuh Ibu dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah di Kelompok Bermain Baiturrahman Karangasem. Diakses pada alamat: http://eprints.ums.ac.id/49422/23/NASPUB%20.pdf.

Munjiati, dkk. (2009). Hubungan Tipe Pola Asuh Keluarga dengan Kejadian Skizofrenia di Ruang Sakura Rsud Banyumas. Diakses pada alamat: http://jks.fikes.unsoed.ac.id/index.php/jks/article/view/220.

Rosmawati, dkk. (2015). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial (Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Pekanbaru). Diakses pada alamat: https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/15041.

Santrock, John W. (2007). Perkembangan Remaja Jilid 2 Edisi kesebelas. Jakarta: Erlangga.

______________. (2007). Remaja Jilid 1 Edisi Sebelas. Jakarta: Erlangga.

______________. (2007). Remaja Jilid 2 Edisi Sebelas. Jakarta: Erlangga.

Sefriana. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Emosional Remaja di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 14 Medan Tahun 2015. Diakses pada alamat: http://103.15.241.30:8123/inlislite3/uploaded_files/dokumen_isi/Monograf/1102087_001.pdf.

Sugiyanto. (2015). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Prososial Siswa Kelas V Sd SeGugus II Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2014/2015. Diakses pada alamat: http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/1187/1060.

Wong. (2008). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Jakarta: EGC.


Article Metrics

Abstract view : 1604 times
PDF - 291 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.7.2.2019.175-180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.