Meditasi dengan suara alam dapat menurunkan stres pada mahasiswa keperawatan

Wahyu Rochdiat Murdhiono(1*), Santi Damayanti(2), Ni Luh Komang Sri Ayunia(3)


(1) Universitas Respati Yogyakarta
(2) Universitas Respati Yogyakarta
(3) Universitas Respati Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Mahasiswa keperawatan memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami stres dibandingkan  mahasiswa kesehatan lainnya. Belum pernah ada peneltian yang menggabungkan terapi meditasi dengan terapi musik suara alam untuk menurunkan stres pada mahasiswa keperawatan di Yogyakarta. Tujuan penelitian ntuk mengetahui pengaruh meditasi dengan suara alam pada mahasiswa keperawatan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experiment dengan pendekatan pre dan post-test nonequivalent control group. Sampel dipilih menggunakan teknik consecutive sampling dan dibagi menjadi dua kelompok, masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian menggunakan DASS-42. Median skor stres pada kelompok perlakuan sebesar 11,00 pada pre-test sedangkan post-test sebesar 7,00. Di kelompok kontrol, median skor stres pre-test sebesar 10,00 dan median skor stres post-test sebesar 9,50. Uji Wilcoxon untuk menganalisis perbedaan skor stres pre dan post-test menghasilkan nilai p 0,000 di kelompok perlakuan dan pada kelompok kontrol menunjukkan nilai p 0,137. Meditasi menggunakan musik suara alam dapat menurunkan stres dan dapat menjadi terapi komplementer alternatif yang dapat dilakukan perawat.

 

Kata kunci: meditasi, musik suara alam, stres, mahasiswa keperawatan

 

MEDITATION WITH SOUND OF NATURE CAN REDUCE STRESS IN NURSING STUDENTS

ABSTRACT

Nursing students have a higher risk to experience stress than other medical students. Previously, there has never been any research regarding meditation using the sound of nature to reduce stress in nursing students in Yogyakarta.

Research objective to determine the influence of meditation with the sound of nature to reduce stress in nursing students. This is quasi-experiment research with a pre and post-test nonequivalent control group design. The samples were selected using consecutive sampling and divided into two groups, each was 30 respondents. The research instrument used was DASS 42. The pre-test median stress score in the intervention group was 11.00, and the post-test score was 7.00. In the control group, the pre-test median score was 10.00, and the post-test score of 9.50. Wilcoxon test used to analyze the difference of stress score in the intervention group (p-value = 0.000), and the difference in stress score in the control group (p-value = 0.137). Meditation using the sound of nature can reduce stress in nursing students and can be an alternative complementary therapy for nurses.

 

Keywords: meditation, the sound of nature, stress, nursing students


Keywords


meditation, the sound of nature, stress, nursing students

Full Text:

PDF

References


Arifin, A. A. (2018). Meminimalkan Stres Belajar Siswa Melalui Teknik Meditasi Hening. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 02(01).

Bawuna, N. H., Rottie, J., & Onibala, F. (2017). Hubungan Antara Tingkat Stres Dengan Perilaku Merokok Pada Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi. E-Journal Keperawatan, 5(2).

Fendina, F., Nashori, H. F., & Sulistyarini, I. (2018). Efektivitas Pelatihan Meditasi Pernafasan Dalam Menurunkan Stres Pada Pendukung Sebaya ODHA. Jurnal Psikologi Integratif, 6(1).

Lukaningsih, Z. L., & Bandiyah, S. (2011). Psikologi Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Mardiati, I., Hidayatullah, F., & Aminoto, C. (2018). Faktor Eksternal Tingkat Stres Mahasiswa Keperawatan dalam Adaptasi Proses Pembelajaran. The 7th University Research Colloqium 2018: STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta, 172–181.

Martos, M. P., Landa, J. M. A., & Zafra, E. L. (2012). Sources of stress in nursing students: A systematic review of quantitative studies. International Nursing Review, 59(1), 15–25. https://doi.org/10.1111/j.1466-7657.2011.00939.x

Nurgiwiati, E. (2015). Terapi Alternatif dan Komplementer Dalam Bidang Keperawatan. Bogor: Peneribit IN MEDIA.

Ong, B., & Cheong, K. C. (2009). Sources of Stress Among College Students - the Case of a Credit Transfer Program, 43(4), 1279–1286.

Rasheed, F. Al, Naqvi, A. A., Ahmad, R., & Ahmad3, N. (2017). Academic stress and prevalence of stress-related self-medication among undergraduate female students of health and non-health cluster colleges of a public sector University in Dammam, Saudi Arabia. Journal of Pharmacy & BioAllied Sciences, 9(4), 251–258.

Rochdiat, W., Hestu, E., & Lestiawati, E. (2019). Dhikr as Nursing Intervention to Reduce Stress in Health Science Students. INJEC, 4(1).

Saam, Z., & Wahyuni, S. (2014). Psikologi Keperawatan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sarafino, E. ., & Smith, T. W. (2012). Healt psychology: biopsychososial interactions. Asia: John Wiley & Sons.

Saravanan, C., & Wilks, R. (2014). Medical students’ experience of and reaction to stress: the role of depression and anxiety. The Scientific World Journal, 2014, 737382. https://doi.org/10.1155/2014/737382

Shdaifat, E., Jamama, A., & Amer, M. A. (2018). Stress and Coping Strategies Among Nursing Students. GLobal Journal of Health Science, 10(5). https://doi.org/10.5539/gjhs.v10n5p33

Shepardson, R. L., Tapio, J., & Funderburk, J. S. (2017). Self-Management Strategies for Stress and Anxiety Used by Nontreatment Seeking Veteran Primary Care Patients. Military Medicine, 182(7/8:e1747), 1747–1754. https://doi.org/10.7205/MILMED-D-16-00378

Song, Y., & Lindquist, R. (2015). Effects of mindfulness-based stress reduction on depression, anxiety, stress and mindfulness in Korean nursing students. Nurse Education Today, 35(1), 86–90. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2014.06.010

Sutejo. (2018). Keperawatan Kesehatan Jiwa : Prinsip dan Praktik Asuhan Keperawatan Jiwa. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sutjiato, M., Kandou, G. D., & Tucunan, A. A. T. (2015). Hubungan Faktor Internal dan Eksternal dengan Tingkat Stres pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. JIKMU, 5(1).

Suwartika, I., Nurdin, A., & Ruhmadi, E. (2014). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Reguler Program Studi DIII Keperawatan Cirebon Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. Jurnal Keperawatan Soedirman, 9(3), 173–189.

Taylor, S. E. (2018). Health psychology. New York: McGraw-Hill Education.

Theunissen, F. E., & Elie, J. E. (2014). Neural processing of natural sounds. Nature Publishing Group, 15(6), 355–366. https://doi.org/10.1038/nrn3731

Tilong, A. D. (2017). Yoga dan Meditasi untuk Mempercepat Kehamilan. Yogyakarta: Laksana.

Wijayanti, K., & dkk. (2016). Musik Suara Alam Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Pasien Kritis. Jurnal Keperawatan Dan Pemikiran Ilmiah, 2.

Yosep, H. I., & Sutini, T. (2016). Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Bandung: PT Refika Aditama.

Yuliana, S., & Hidayati, E. (2015). Pengaruh terapi musik untuk penurunan tingkat stres pada remaja di Yayasan Panti Asuhan Kyai Ageng Majapahit Semarang. In University Research Colloquium (pp. 208–212).


Article Metrics

Abstract view : 2524 times
PDF - 639 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.7.2.2019.143-152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.