Pengaruh Therapy Supportif Konsep Diri terhadap Konsep Diri Anak Sekolah Dasar
(1) Universitas Katolik Musi Charitas
(2) Universitas Indonesia
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Permasalahan kenakalan anak usia sekolah yang sering terjadi adalah bolos, melangar peraturan sekolah, merokok, tauran hingga bully. Hal ini disebabkan karena saat perkembangan konsep diri anak mengalami kerancuan identitas, hingga depersonalisasi. Untuk mencegah hal itu maka diperlukan suatu tindakan preventif, salah satunya dengan melakukan therapy supportif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Therapy Supportif terhadap Konsep Diri dan perkembangan anak, dengan metode quasi eksperimental pre-post test with control group dan menggunakan kuesioner konsep diri. Sampel berjumlah 80, 40 Kelompok Intervensi dan 40 kontrol, mengunakan tehnik random sampling. Hasil penilitian didapatkan ada pengaruh yang bermakna pada Therapy supporti terhadap perkembangan dan konsep diri, denga nilai rerata variabel perkembangan sebelum diberikan Therapy supportif pada kelompok intervensi 72,78 atau 77,45% dan nilai rerata setelah dilakukan therapy supportif 83 atau 88,32% dari nilai tersebut terjadi peningkatan perkembangan sebesar 10,22 (10,87%) yang artinya Therappy Supportif memiliki pengaruh bermakna terhadap perkembangan anak, Sedangkan untuk nilai variabel konsep diri sebelum dilakukan terapi suportif pada kelompok intervensi 68,28 atau 72,63%, Setelah dilakukan Therapy Supportif didapatkan nilai rerata 83,87 atau 89,22%, dari nilai tersebut dapat dianalisis bahwa terjadi peningkatan, sebesar 15,59 atau 22,84% yang artinya Therappy Supportif memiliki pengaruh bermakna terhadap konsep diri anak
Kata kunci: terapi supportif, konsep diri, anak sekolah dasar
THE EFFECT OF THERAPY SUPPORTIVE SELF-CONCEPT AGAINST
CHILDREN'S CONCEPT OF BASIC SCHOOL
ABSTRACT
The problem of delinquency in school-age children that often occurs is truancy, violating school rules, smoking, mixing, and bullying. This is because when the child's self-concept development experiences confusion in identity, to depersonalization. To prevent that, we need a preventive action, one of them is by doing supportive therapy. The purpose of this study was to determine the effect of Supportive Therapy on Self-Concept and child development, with a quasi-experimental method of pre-post test with control group and using a self-concept questionnaire. Samples amounted to 80, 40 intervention groups and 40 controls, using random sampling techniques. The results of the study, found that there is a significant relationship in supportive therapy to development and supportive therapy in self-concept, with the average value of the development variables before being given supportive therapy in the intervention group 72.78 or 77.45% and the mean value after supportive therapy 83 or 88.32% of the value there was an increase in development of 10.22 (10.87%) which means that Therappy Supportive has a significant influence on children's development, while for the value of self-concept variables before supportive therapy in the intervention group 68.28 or 72, 63%, after supportive therapy, the mean value is 83.87 or 89.22%. From this value, it can be analyzed that there is an increase of 15.59 or 22.84%, which means that therapeutic support has a significant influence on the child's self-concept
Keywords: supportive therapy, self-concept, elementary school children
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, N. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Konsep Diri Anak Usia Sekolah. Jurnal Psikologi Muhammadiyah Malang. Volume 8
Andriasari, F (2015). Konsep Diri Pada Anak Sekolah Dasar dan Menengah Pertama. Jurnal Psikologi Muhammadiyah Malang.Volume 8
Apriani, Pera. (2018). Hubungan antara konsep diri dengan perilaku prokrastinasi akademik siswa. Jurnal Pendidikan Islam. Vol.11
Hidayati, E. (2011). Pengaruh terapi kelompok supportif terhadap kemampuan mengatasi perilaku kekerasan pada klien skizofrenia di rumah Sakit jiwa dr. amino gondohutomo semarang. Tesis FIK UI.
Hidayah, N dan Huriati (2016). Krisis Identittas Diri Pada Remaja. Sulasena.Volume 10
Keliat, B.A. (2016). Prinsip dan Praktik Keperawatan Kesehatan Jiwa Stuart. Diterbitkan di Indonesia : Elsevier Singapore Pte Ltd
Kusumaningrum, R. (2016). Masalah Anak Sekolah Dasar. Jakarta: Gramedia.
Mujiyati (2015). Peningkatam Self-Esteem Siswa Korban Bullying Melaluii Tehnik Assertive Training.. Jurnal Fokus Konseling
Modul Keperawatan Jiwa FIK, UI (2015). Terapi Modulitas Keperawatan Jiwa. Jakarta: Universitas Indonesia
Nasir dan Muhith, A (2011). Dasar-dasar keperawatan jiwa: Penghantar dan Teori. Jakarta: Salemba Medika
Notoatmodjo, (2010). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Pambudhi,Y.A (2015). Efektivitas Group Cognitive Behavior Therapy (CBT) Dalam Menurunkan Kecemasan Menghadapi Pelaku Bullying ditinjau dari Harga Diri Pada Korban Bullying. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. Volume 3. No1
Patil, D (2009). Psikologi Perkembngan Anak: Mengenal Bakat, sifat dan kemampuan anak. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia
Rohman, M.Z (2016). Hubungan Antara usia, tingkatan kelas, dan jenis kelamin dengan kecenderungan menjadi korban bullying. Jurnal Universty Research Colloqium
Rosanti, F. (2011). Hubungan Self-Esteem Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Sekolah. Jurnal.UPI
Rubly, D. (2007). Bullying to Senior Hight School. Callifornia: Poulscghty
Stuart, G.W & Laia (2016). Principles and Practice of Psychiatric Nursing. (10 th Ed). Elsevier: Mosby
Tjandrasa, A.S.(2007). Perkembangan Psikologi Anak. Jakarta :EGC
Townsend, M. C. (2013). Essentials Of Psychiatricc Mental Health Nursing. (3rd ed) Philadelphia : F. A. Davis Company
Varcarolis, Elizabet M dan Helter, Margaret J. (2010). Foundations Of Psychiatric Mental Health Nursing : A Clinical Approach. 6th Edition,. Elsevier Inc- New York
Yusuf,Ah, Fitryani, R dan Nihayati, H.E (2015). Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakaerta: Salemba Medika
Yusuf, Syamsu. (2015). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Wong, Donna L, et all. (2009). Buku Ajar Keperawatan Pedriatik, Volume 1. Jakarta: EGC
Article Metrics
Abstract view : 1110 timesPDF - 230 times
DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.7.3.2019.293-302
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang
Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang
Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.