Beban Keluarga Berhubungan dengan Kemampuan Keluarga dalam Merawat Pasien Halusinasi

Cucu Rokayah(1*), Fahmi Dwi Novian(2), Supriyadi Supriyadi(3)


(1) STIKes Dharma Husada Bandung
(2) STIKes Dharma Husada Bandung
(3) STIKes Dharma Husada Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


Skizofrenia merupakan suatu gangguan mental yang menyebabkan timbulnya pikiran, persepsi, emosi, gerakan, perilaku yang aneh dan terganggu.Penderita skizofrenia 70% diantaranya mengalami halusinasi.Dampak terberat yang dirasakan oleh keluarga dalam merawat pasien dengan halusinasi adalah dampak pada psikologis, terutama stress atau beban yang dirasakan oleh keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Beban Keluarga dengan Kemampuan Keluarga Dalam Merawat Pasien Halusinasi di InstalasI Rawat Jalan Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif korelasional dengan tehnik purposive samplingterhadap 69 responden dari populasi 996 responden di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner beban keluarga dan kemampuan keluarga yang terdiri dari kognitif dan psikomotor. Analisa univariat dalam penelitian ini menggunakan distribusi frekuensi dan analisa bivariat pada penelitian ini menggunakan uji chi square  hasil penelitian menunjukan beban berat yaitu 35 responden (50,7 %), sedangkan untuk kemampuan keluarga baik 46 responden (42 %). kesimpulannya bahwa ada hubungan antara beban keluarga dengan kemampuan keluarga dalam merawat pasien halusinasi di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat dengan nilai p value (0,001) < (0,005).

 

Kata kunci: halusinasi, beban keluarga, kemampuan keluarga

 

FAMILY BURDEN CONNECTED WITH FAMILY ABILITY TO TREAT HALLUCINATORY PATIENTS

 

ABSTRACT

Schizophrenia is a mental disorder that causes the onset of thought, perception, emotion, movement, strange and disturbing behavior. Schizophrenia 70% of them have hallucinations.The toughest impact the family feels in treating patients with hallucinations is its impact on the psychological, especially the stress or burden felt by the family.The purpose of this research is to know the family's burden relationship with the ability of the family to treat hallucinative patients in the installation of hospital outpatient in West Java province.This method of study uses descriptive correlation with purposive sampling technique against 69 respondents from the population of 996 respondents in an outpatient installation of psychiatric hospitals in West Java province. The instruments used in this reseacrh used family load questionnaires and family skills questionnaires comprising cognitive and psychomotor. Univariate analysis in this research using frequency distribution and bivariat analysis of this study using chi square test. the results showed a heavy burden of 35 respondents (50.7%), while for family ability of either 46 respondents (42%).in conclusion that there is a connection between the burden of the family with the ability of families to treat hallucinatory patients in the hospital outpatient installation in the psychiatric province of West Java with a value of P (0.001) < (0.005).

 

Keywords: hallucinations, family load, abillity family


Keywords


halusinasi, beban keluarga, kemampuan keluarga

Full Text:

PDF

References


Damayanti, M., & Iskandar. (2012). Asuhan Keperawatan Jiwa. Bandung : Refika Aditama.

Direja, Ade H.S., 2011. Buku Ajar Asuhan Keperawatan Jiwa. Yogyakarta : Nuha Medika

Dunn, G., & Birchwood, M. (2009). Improving psychological adjustment following a first episode of psychosis: A randomised controlled trial of cognitive therapy to reduce post psychotic trauma symptoms. Behaviour Research and Therapy, 47, 454–462.

Hawari, D. (2007). Hubungan Pengetahuan dan Peran Keluarga dalam Merawat Pasien Skizofrenia yang Mengalami Gejala Relaps. Diperoleh tanggal 10 Juli 2012 dari http://www.Library.upnvj.ac.id/pdf/5 FIKESSI KEPERAWATAN/1010712005/BA B%201.pdf

Kaplan, H., I., & Sadock, B., J., (1998). Ilmu Kedokteran Jiwa Darurat. Jakarta: Widya Medika.

Kaplan, M.D & Sadock, M.D. (2010). Kaplan &SadokcSinopsis Psikiatri Edisi 7. Jakarta: Bina Rupa Angkasa.

Keliat, B.A., (2013). Peran Serta Keluarga Dalam Perawatn Klien Gangguan Jiwa, Jakarta: EGC

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Oltmanns, T. F., & Emery, R. E. (2012). Abnormal Psychology 7th ed. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Purba, dkk, (2008). Asuhan Keperawatan pada Klien dengan Masalah. Psikososial dan Gangguan jiwa. Medan : USU Press

Sugiyono (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. cetakan ke 20. Bandung : Alfabeta.

Suryaningrum, S, Wardani, IY. 2013. Hubungan Antara Beban Keluarga Dengan Kemampuan Keluarga Merawat Pasien

Suwardiman. (2011). Hubungan antara dukungan keluarga dengan beban keluarga untuk mengikuti regimen terapeutik pada keluarga klien halusinasi RSUD Serang. Tesis Jakarta, FIK. Tidak dipublikasikan


Article Metrics

Abstract view : 1788 times
PDF - 486 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.8.1.2020.97-102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.