Hubungan Karakteristik Dosen, Pola Asuh Orangtua, dan Peer Group dengan Konsep Diri Self Esteem Remaja

Aprida Manurung(1*)


(1) Universitas Katolik Musi Charitas
(*) Corresponding Author

Abstract


Masa remaja adalah masa terjadinya krisis identitas atau pencarian identitas diri yang rentan dengan masalah konsep diri, yang jika dibiarkan terus menerus akan mengakibatkan penurunan nilai akademik hingga kehancuran masa depan remaja, 37% usia remaja termasuk dalam lingkaran narkoba hal ini disebebkan karena usia remaja masih mengalami krisis konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Karakteristik Dosen, Pola Asuh dan Peer Group dengan konsep diri self esteem remaja. Metode dilakukan dengan menggunakan pendekatan cross sectional, dengan uji kendall tau dan untuk mendapatkan nilai sumbangan efektif dan sumbangan relative menggunakan uji pearson Correlation. Data mengenai Karakteristik Dosen, Pola Asuh, Peer Group dan konsep diri didapatkan dari kuosioner yang telah dilakukan uji validitas dan reabilitas dengan hasil pearson correlation sig.2 tailed <0.05, dan nilai Cronbach’s alpha  lebih besar dari nilai r table yaitu 0.956 ≥ r table 0.632, yang artinya kuesioner valid dan reabel. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan ada hubungan antara Karakteristik Dosen, Pola Asuh dan Peer Group dengan Konsep Diri Self Esteem. Sumbangan Efektif yang mendomonasi serta mempengaruhi Konsep Diri Self Esteem adalah Pola Asuh sebesar 20.748 dan sumbangan relatifnya 62.49%. Hal ini disebabkan karena anak dibentuk dari awal usia bersama keluarga yang menjadi role model dalam pembentukan karakter anak.


Keywords


karskteristik dosen; konsep diri; peer group; pola asuh

Full Text:

PDF

References


Agoes, Dariyo. (2011). Psikologi perkembangan anak tiga tahun pertama. Bandung: PT Refika Aditama

Nelson, Aisha. (2018). Tentang Pengaruh Komformitas Teman Sebaya Dan Konsep Diri Terhadap Sikap Religius Pada Remaja Di Desa Babjer Jero 38 B Kecamatan Batang Hari Lampung Timur. Program Magister Pendidikan Agama Islam UIN Syarif Hidayatulla.

Abdul, Muhith. (2015). Pendidikan keperawatan jiwa. Yogyakarta : CV. Andi Offset

Alex. (2010). Psikologi umum. Bandung: CV.Pustaka Setia.

Ananda, D. R. T. & Sawitri, Dian Ratna. (2015). Konsep Diri Ditinjau Dari Dukungan Teman Sebaya Pada Remaja Di Panti Asuhan Qosim Al-Hadi Semarang. Jurnal Empati, 4(4), 298–303.

Calhoun, J.F & Acocella, J.R. (1990). Psikologi tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan. (Terjemahan oleh Satmoko). Semarang : IKIP Semarang Press.

Djamarah & Syaiful Bahri (2014) . Pola Asuh Orang tua dan Komunikasi Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Dongoran, Boiliu (2020). Pergaulan teman sebaya dalam pembentukan konsep diri siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA. Vol 6, No.2, Hal 381-388.

Geldard, Kathryn dan David Geldard. (2010). Konseling Remaja: Pendekatan Proaktif untuk Anak Muda. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Gita Kania, dkk. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi konsep diri remaja di SMPN 13 Yogyakarta, Jurnal Ners and Midwifery Indonesia.

Hurlock, E.B. (2009). Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga

Ismira. (2016). Kesesuaian Tipe Kepribadian dengan Pekerjaan sebagai Guru dan Hubungannya dengan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 1- 8. Retrieved from Jurnal IICET

Littauer, F. & Sweet, R. 2011. Kepribadian Plus di Tempat Kerja. Terjemahan oleh Michael Hartono Wong. Jakarta: Light Publishing

Koesoema, Doni. (2010). Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global.Jakarta: Grasindo

Komsi, N.D & Hambali, Ramli (2018). Kontribusi pola asuh orang tua demokratis, control diri, konsep diri terhadap motivasi belajar pada siswa. Journal PETIER. Volume 1 Nomor 1, 57.

Munawaroh, Siti. (2010). Hubungan Karakteristik Dosen Dengan Kepuasanan Mahasiswa dalam proses belajar pembelajaran pada program studi ekonomi angkatan 2009. Jombang

Myers, David G. (2012). Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Noviana,D.K, dkk. 2018. Kontribusi pola asuh orang tua demokratis, control diri, konsep diri terhadap motivasi belajar pada siswa. Jurnal Psychology, Evaluation and Technology in Educational Research (PETIR). Volume 1 (1) Hal; 55-61

Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. (P. P. Lestari, Ed.) (4th ed.). Jakarta: Salemba Medika

Pambudi, P & Wijayanti,DY. (2012). Hubungan Konsep Diri dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Nursing Studies, Volume 1. Nomor 1 , 149-156.

Rineka, Cipta & Idris, Meity H. 2014, Pola Asuh Anak, Jakarta: Luxima

Roberts, B.W., Caspi, A., & Moffitt. (2016). Work Experiences and Personality Development in Young Adulthood. Journal of Personality and Social Psychology.

Saraswatia, K.G., & Zulpahiyana, Arifah, S (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi Konsep Diri Remaja di SMPN 13 Yogyakarta. Journal Ners And Midwifery Indonesia. Volume 3.Nomor 1, Hal: 33-38

Sarwono, S. W. (2012) Psikologi Remaja Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Stuart, G.W.(2016), Prinsip dan Praktik Keperawatan Jiwa Stuart Buku 2 : Edisi Indonesia, Elseiver, Singapore

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif. Bandung: Alfabeta

Yusuf, Syamsu. (2009). Program bimbingan & konseling di sekolah. Rizqi Press: Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 365 times
PDF - 67 times

DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.9.1.2021.61-68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

PPNI Univ. Muhammadiyah Semarang

Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang Gedung NRC University of Muhammadiyah Semarang

Phone: 02476740287
Fax: 02476740287
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.